10 Cara Membuat Badan Berisi Secara Alami dan Cepat agar Tampak Lebih Ideal

Cara membuat badan berisi selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis asupan makanan.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 08 Nov 2022, 19:35 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2022, 19:35 WIB
Wonho
Ilustrasi badan berisi yang ideal (IG/@iwonhoyou)

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat badan berisi sering dicari oleh orang-orang yang merasa proporsi tubuhnya terlalu kurus. bisa dilakukan dengan berbagai hal. Tubuh langsing memang menjadi dambaan banyak orang, tapi terlalu kurus juga tidak baik baggi kesehatan dan kurang enak dipandang. 

Berat badan ideal sendiri bisa dihitung menggunakan rumus sebagai berikut. 

Menghitung berat badan ideal wanita:

Berat badan ideal (kg) =[tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]

Misal, seorang wanita dengan tinggi 170 cm berat idealnya adalah, 

[170 – 100] – [(170 – 100) x 15%] = 70 – [70 x 15%] = 70 – 10.5 = 59,5 Kg

Menghitung berat badan ideal pria: 

Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%]

Misal, seorang pria dengan tinggi 175 cm berat idealnya adalah, 

[175 – 100] – [(175 – 100) x 10%] = 75 – [75 x 10%] = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Bagi beberapa orang berpikiran bahwa  cara membuat badan berisi bukanlah hal yang sulit. Namun pada orang-orang berperawakan kurus, cara membuat badan berisi membutuhkan usaha yang ekstra. Berikut cara membuat badan berisi secara alami dan cepat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Badan Berisi Secara Alami

Gambar Ilustrasi Wanita Minum Susu
Sumber: Freepik

1. Jangan Minum Sebelum Makan

Seorang dengan perawakan kurus biasanya juga memiliki kapasitas perut yang kecil. Kapasitas perut yang kecil ini membuat orang berperawakan kurus lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, sebaiknya hindari minum terlalu banyak sebelum makan. Tujuannya untuk menghindari rasa kenyang di awal jumlah kalori dari makanan dapat masuk lebih banyak. 

2. Perhatikan Asupan Makanan

Cara membuat badan berisi selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis asupan makanan. Membuat badan berisi tidak dapat dilakukan dengan memakan jenis makanan apa saja. Jenis makanan yang masuk ke tubuh tetap harus diperhatikan agar berat badan dapat naik secara ideal. Kelebihan satu macam nutrisi juga dapat menimbulkan permasalah kesehatan.

Makanan yang dipilih juga harus mendukung cara membuat badan berisi secara ideal. Seperti, karbohidrat kompleks, lemak, protein, vitamin, serta mineral. Karbohidrat kompleks dan lemak dapat menambah jaringan lemak serta mencukupi kebutuhan energi, protein dapat mendukung pembentukan massa otot yang juga membuat badan lebih berisi namun tetap tampak kencang. Vitamin dan mineral membantu kerja imun tubuh sehingga tidak mudah sakit dan mengganggu proses penggemukan badan.

3. Konsumsi Jus atau Smoothies

Nutrisi yang baik terbukti berpengaruh pada penambahan berat badan. Cobalah konsumsi jus atau smoothies yang dicampur dengan susu atau yoghurt sekali. Dua macam minuman ini cocok untuk membuat badan lebih berisi karena makanan bertekstur halus lebih mudah diserap nutrisinya. 


Cara Membuat Badan Berisi

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan organ dalam manusia.
(Sumber foodiful.com.au via Brilio.net)

4. Cukupi Kebutuhan Lemak

Mengkonsumsi lemak memang tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Namun, untuk membuat badan berisi kebutuhan lemak tubuh harus terpenuhi. Dengan mencukupi kebutuhan lemak dan nutrisi lain maka berat badan akan lebih cepat bertambah.Pilih sumber lemak baik yang tidak akan menyebabkan masalah kesehatan ketika dikonsumsi, seperti alpukat, minyak zaitun, kelapa, ikan, jagung, dan lain-lain.

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Salah satu cara membuat badan berisi selanjutnya adalah tidak melewatkan sarapan setiap pagi. Opsi menu sarapan yang sederhana dan mudah dibuat namun penuh nutrisi adalah jus atau smoothies.  Tambah dengan satu butir telur untuk memenuhi nutrisi bagi tubuh. Tidak hanya berpengaruh pada pertambahan berat badan, sarapan juga sangat bermanfaat untuk ketahanan tubuh sepanjang hari.

6. Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu menambah berat badan. Hal ini dikarenakan rokok menjadi pemicu menurunkan nafsu makan. Kandungan tanin yang pekat pada rokok dapat menghambat penyerapan nutrisi makanan. Kebiasaan kurang sehat ini juga dapat meningkatkan berbagai penyakit kronis.

7. Tambah Asupan Protein

Membuat badan berisi bukan berarti membuat badan jadi bergelambir penuh lemak. Tujuan menggemukan badan adalah menjadikan berat badannya ideal dari berat badan awal yang di bawah ideal. Untuk itu perlu asupan protein untuk membantu membentuk massa otot. Dengan massa otot yang besar tubuh akan tampak lebih besar namun tidak bergelambir.


Cara Membuat Badan Berisi Dengan Cepat

Mengintip Tempat Latihan Para Binaragawan Kenya
Seorang binaragawan mengangkat beban saat berolahraga di gym Kaloleni, di Nairobi, Kenya (9/1). (AFP Photo/Simon Maina)

8. Mengonsumsi Susu

Susu merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung berbagai nutrisi lengkap yang diperlukan tubuh untuk mendukung kenaikan berat badan. Susu mengandung lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Dengan mengkonsumsi 1 sampai 2 gelas susu secara teratur setiap hari, berat badan akan bertambah secara perlahan. Mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur juga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan nutrisi makanan bisa terserap dengan lebih baik.

9. Olahraga

Cara membuat badan berisi selanjutnya adalah berolahraga. Tidak hanya ketika ingin menurunkan berat badan, olahraga juga penting dalam membuat badan lebih berisi. Setelah berolahraga nafsu makan akan meningkat. Jenis olahraga yang dianjurkan untuk menaikkan berat badan adalah jenis olahraga angkat beban. Olahraga angkat beban dapat membentuk massa otot 

10. Istirahat yang Cukup

Memiliki waktu istirahat ideal menjadi salah satu kunci pada cara menggemukan badan pria. Tidur menjadi salah satu kegiatan yang membantu proses penyerapan nutrisi dan perkembangan tubuh manusia. Idealnya seseorang tidur sekitar 8 jam per hari. Apabila jam tidur anda kurang dari 8 jam, metabolisme tubuh dapat terganggu dan proses penggemukan badan tidak dapat berjalan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya