Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal Adalah Permintaan Pasar, Ini Penjelasannya

Peluang usaha adalah kesempatan tertentu yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk melakukan atau membangun usaha.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 12 Jan 2023, 14:15 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2023, 14:15 WIB
Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal Adalah Permintaan Pasar, Ini Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi Wanita Karir Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah permintaan pasar. Permintaan pasar adalah suatu kegiatan ekonomi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam bidang ekonomi, perpaduan jumlah dan harga dari suatu barang yang dibutuhkan oleh para konsumen dalam berbagai tingkat periode dan suatu harga tertentu.

Dengan mengetahui sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah permintaan pasar, maka seorang pembisnis akan lebih memiliki banyak persiapan dalam mengembangkan usahanya. Faktor yang mempengaruhi permintaan pasar adalah harga barang lain, pendapatan konsumen, jumlah konsumen, selera konsumen dan perkiraan di masa yang akan datang.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai sumber peluang usaha dari faktor eksternal yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/1/2023).


Mengenal Peluang Usaha

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal Adalah Permintaan Pasar, Ini Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi memiliki usaha sendiri. (Foto: Shutterstock)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian peluang usaha adalah kesempatan tertentu yang dapat dimanfaatkan seseorang untuk melakukan atau membangun usaha. Peluang usaha adalah sebagai kesempatan yang muncul pada waktu tertentu yang dapat memberikan kesempatan besar untuk memperoleh keuntungan, jika dalam kesempatan itu dilakukan suatu tindakan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran.

Peluang usaha sendiri merupakan suatu ide investasi atau usulan bisnis yang menarik serta memberi kemungkinan untuk memberikan hasil bagi seseorang yang berani mengambilresiko. Analisis peluang usaha adalah suatu analisis yang bertujuan untuk mengetahui apakah usaha yang tersebut dapat dikerjakankan, dilaksanakan, dan memberikan keuntungan dikemudian hari. Peluang usaha adalah kesempatan yang dapat dimanfaa tkan seseorang untuk mendapatkan apa yang di inginkannya (keuntungan-kekayaan-uang) dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.


Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal Adalah Permintaan Pasar, Ini Penjelasan Lengkapnya
Tokopedia kedepannya akan #SelaluAdaSelaluBisa mendorong kemajuan para pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, lewat pemanfaatan teknologi agar dapat #BangkitBersama di tengah pandemi dan meraja di negeri sendiri (Sumber: Tokopedia)

Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah permintaan pasar. Faktor eksternal ini datang dari luar diri Anda misalnya lingkungan sekitar kita. Ketika Anda akan memanfaatkan peluang usaha maka Anda harus memiliki daya analisa yang tinggi dalam memanfaatkan peluang usaha. Seorang pengusaha yang cerdas adalah ia mampu melakukan inovasi dan kreativitas untuk kegiatan usahanya.

Sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah permintaan pasar, hal ini membuat pengusaha menjadi menciptakan produk yang diinginkan oleh pasar. Dengan begitu, usaha yang diciptakan oleh pengusaha bisa mendatangkan para pembeli, bukan lagi pengusaha yang mencari pembelinya.

Selain itu, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah menciptakan hal baru dan kebutuhan yang belum tercapai. Setiap usaha pasti memiliki cara untuk menarik peminat dari konsumen yakni menciptakan hal baru. Misalnya bermunculan merek kopi karena industri tersebut tengah digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat. Sedangkan sumberpeluang usaha dari faktor ekternal adalah kebutuhan yang belum tercapai menjadi suatu keinginan dan mimpi yang ingin dipenuhi oleh pembisnis.


Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal Adalah Permintaan Pasar, Ini Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi membuka, merintis bisnis/usaha kecil. (Photo by Ketut Subiyanto: https://www.pexels.com/photo/ethnic-female-cafe-owner-showing-welcome-we-are-open-inscription-4473398/)

Tidak semua peluang usaha dapat kita manfaatkan dan diubah menjadi suatu usaha bisnis yang baik. Kita harus memilih dan memilah peluang mana yang cocok dengan bakat dankemampuan kita dan layak dikembangkan. Kita harus memahami dahulu seperti apa ciri-ciri peluang usaha yang baik. Peluang usaha yang baik dan layak dikembangkan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Peluang itu orisinil dan tidak meniru. Usaha yang sukses itu tidak meniru usaha orang lain. Usaha yang meniru oranglain hasilnya belum tentu sama.

b. Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang. Artinya peluang itu bisa terus ditingkatkan nilai jualnya serta bisa terus diinovasi.

c. Benar-benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama.

d.Tingkat visibilitas (kelayakan usaha) benar-benar teruji untuk itu dilakukan riset dantrial(uji coba) dalampasar.

e.Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain.

f. Ada keyakinan bisa mewujudkan dan sukses untuk menjalankannya.

g. Ada rasa senang menjalankannya dan benar-benar suka dengan bisnis tersebut.

Oleh sebab itu, ketika muncul peluang usaha baru, anda harus segera membuat inisiatif dengan merencanakan apa saja yang akan dilakukan untuk melaksanakan peluang tersebut. Bagi wirausahawan, pengenalan diri merupakan modal awal untuk dapat mengenali lingkungannya, memanfaatkan peluang usaha, dan mengerahkan sumber daya, guna meraih peluang usaha yang ada. Seorang wirausahawan harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukup untuk mengarahkan dirinya guna memperoleh peluang, menyusun konsep usaha, merencanakan masuk pasar, menggambarkan diri serta dibekali dengan teknik usaha tertentu. Banyak jenis usaha yang bisa dikelola, mana yang akan dipilih bergantung pada beberapa hal, antara lain:

a. Minat seseorang

b. Modal yang dimiliki

c. Relasi yang dimiliki

d. Berbagai peluang lainnya

Setiap usaha yang dijalani pasti berorientasi ingin mencari keuntungan. Namun, saat anda berusaha, tidak akan terlepas dari risiko yang akan dihadapi. Hal tersebut tidak perlu dicemaskan karena hanya akan memperlambat dan menghambat usaha. Untuk mengantisipasinya, persiapkan perhitungan secara matang dengan langkah usaha yang akan ditempuh sehingga akan mengurangi risiko yang dihadapi. Ketersedian informasi bagi seorang wirausaha mutlak diperlukan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya