Bali Belly: Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Cara Mencegahnya

Pedoman untuk mewaspadai Bali Belly yang mungkin menyerang para wisatawan saat berkunjung ke Bali.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 02 Feb 2023, 16:40 WIB
Diterbitkan 02 Feb 2023, 16:40 WIB
Mengatasi Diare dan Sakit Perut
Ilustrasi Sakit Perut Credit: pexels.com/Demon

Liputan6.com, Jakarta Bali Belly berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti perut Bali. Istilah Bali Belly digunakan untuk menerangkan gejala keracunan makanan, yang umumnya dialami oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke Bali. Diare menjadi salah satu keluhan utama yang dirasakan oleh orang-orang yang mengalami Bali Belly.

Setiap orang ingin berlibur dengan nyaman, tanpa harus bolak-balik ke kamar mandi karena Bali Belly. Bali Belly pada dasarnya adalah adalah sakit perut atau diare yang seringkali dialami oleh wisatawan yang berkunjung. Seringkali Bali Belly menyerang pada minggu pertama liburan, saat saat tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dengan makanan baru dan bakteri yang berbeda. 

Meskipun Bali Belly dapat hilang dalam beberapa hari, namun kasus yang sangat serius dapat menyebabkan dehidrasi parah yang memerlukan rawat inap. Bakteri penyebab Bali Belly dapat menular antar manusia, jadi jika anda bepergian dengan orang yang sedang sakit, pastikan untuk mencuci tangan dengan bersih dan teratur serta hindari berbagi makanan atau minuman.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (2/2/2023). Pedoman untuk mewaspadai Bali Belly yang mungkin menyerang para wisatawan saat berkunjung ke Bali. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Bali Belly?

ILustrasi diare
ILustrasi diare (Sumber: PIxabay)

Apa Itu Bali Belly?

Bali Belly adalah nama lain yang diberikan untuk diare yang sering dialami oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bali, Bali Belly dapat disebabkan oleh konsumsi bakteri yang terdapat dalam makanan dan air yang terkontaminasi. Perut Bali atau diare karena perjalanan seringkali dapat terjadi pada minggu pertama perjalanan. Tubuh anda terpapar bakteri dan virus baru dan asing.

Setelah kontaminasi, diperlukan waktu antara dua hingga lima jam hingga gejala muncul . Gejala pertama Anda mungkin tiba-tiba perut keroncongan, kembung atau mual. Gejala Bali Belly dapat mencakup ketidaknyamanan perut seperti:

- Kram

- Mual

- Muntah

- Kembung

- Diare

Dan penyakit lainnya seperti :

- Demam

- Kelelahan

- Pusing

- Dehidrasi

- Kehilangan nafsu makan.

Bali belly umum terjadi pada minggu pertama perjalanan, saat tubuh anda mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan bakteri baru. Bali Belly dapat hilang dalam hitungan hari, namun kasus yang lebih serius dapat memerlukan rawat inap jika Anda mengalami dehidrasi parah.

Bakteri, parasit, dan virus yang menyebabkan Bali Belly dapat ditularkan antar manusia dan juga melalui makanan dan air. Jadi, jika sedang merawat orang yang sakit, cucilah tangan secara teratur dan bersih, hindari menyentuh wajah, dan jangan berbagi makanan dan minuman.


Penyebab Umum Bali Belly

Penyebab Umum Bali Belly

Banyak hal yang dapat menyebabkan Bali Belly atau diare pada pelancong. Beberapa mudah dihindari jika anda sangat berhati-hati, tetapi yang lain dapat menyebabkan gejala yang lebih buruk. Di bawah ini adalah lima penyebab umum Bali Belly dan tips menghindarinya.

1. Makanan yang terkontaminasi

Bakteri tumbuh subur di lingkungan yang panas dan lembab seperti Bali, sehingga makanan lebih cepat rusak daripada di rumah. Makanan dapat terkontaminasi jika:

- Tidak disimpan dan didinginkan dengan benar sebelum dimasak

- Tidak disiapkan dengan benar saat memasak

- Tidak disimpan pada suhu yang tepat setelah dimasak

- Dipanaskan kembali setelah dimasak

- Ditangani oleh orang yang terinfeksi.

Untuk mengurangi risiko menelan makanan yang terkontaminasi, hindari makan:

- Daging dan makanan laut yang kurang matang

- Makanan kaki lima dari pedagang yang tampak najis

- Prasmanan kecuali dari restoran terkemuka

- Buah yang dikupas

- Salad mentah

- Makanan dingin atau suam-suam kuku yang seharusnya panas

2. Air yang terkontaminasi

Di samping makanan, air yang terkontaminasi adalah salah satu penyebab paling umum dari Bali Belly. Air keran di Indonesia memiliki kualitas yang tidak konsisten, jadi disarankan agar semua wisatawan tetap menggunakan air kemasan. Untuk mengurangi risiko menelan air yang terkontaminasi, hindari:

- Es dalam minuman anda

- Makan makanan yang dicuci dengan air ledeng

- Piring, sendok garpu, dan gelas basah

- Menyikat gigi dari keran

Untuk mengurangi risiko kontaminasi air yang tercemar, berikut adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan : 

- Pertimbangkan untuk menggunakan sistem penyaringan pribadi.

- Bawalah botol pribadi untuk daur ulangnya. Banyak hotel yang menyediakan fasilitas ini.

3. Kebersihan yang buruk

Seperti banyak penyakit lainnya, bakteri yang menyebabkan Bali Belly dapat ditularkan dari orang ke orang. Kebersihan yang buruk adalah cara pasti untuk meningkatkan risiko tertular penyakit perut dan dapat dihindari dengan:

- Selalu cuci tangan dengan sanitiser sebelum makan

- Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih

- Tidak berbagi makanan dan minuman.

4. Perubahan pola makan 

Perubahan pola makan yang dramatis juga cukup memicu sakit perut. Menjelajahi masakan baru adalah salah satu hal yang paling mengasyikkan tentang bepergian, tetapi jika Anda tidak terbiasa dengan rasa dan kelompok makanan tertentu, hal ini terkadang terbukti terlalu berat untuk ditangani oleh perut anda. Untuk amanya, pastikan untuk:

- Nikmati masakan lokal dengan memilih makanan yang sudah dikenal

- Konsumsilah alkohol secukupnya, karena dapat mengiritasi lapisan lambung

- Kemudahan menjadi favorit lokal seperti sambal jika tidak terbiasa dengan makanan pedas. 

5. Perubahan lingkungan

Bepergian dapat menuntut secara fisik dan merusak sistem kekebalan anda, terutama saat anda menyesuaikan diri dengan lingkungan yang tidak dikenal. Kombinasi iklim tropis Bali yang panas dan lembab, menyesuaikan diri dengan zona waktu baru, serta stres dan kegembiraan yang melekat dalam perjalanan dapat membuat tubuh anda lebih rentan terhadap infeksi.

Anda dapat beradaptasi dengan lingkungan baru dengan cara:

- Menghindari aktivitas berat segera setelah anda tiba

- Menghindari alkohol berlebihan dan minum banyak air

- Secara bertahap kurangi AC yang anda gunakan agar tubuh dapat menyesuaikan diri.


Pengobatan Bali Belly

Pengobatan Bali Belly

Jika anda terserang Bali Belly atau sakit perut, penting bagi anda untuk merawat tubuh anda dengan benar untuk bangkit kembali. Meskipun memikirkan makanan mungkin membuat anda kesal, penting untuk mengganti elektrolit yang mungkin hilang karena diare dan muntah. Dikutip dari WebMD , diet 'BRAT' adalah cara umum untuk sembuh dari diare:

- Pisang

- Beras

- Saus apel

- Roti panggang.

Hal-hal yang harus dihindari saat anda masih merasa tidak enak badan antara lain:

- Makanan pedas

- Produk susu

- Alkohol

- Makanan berlemak.

Saat ini belum ada obat khusus untuk Bali Belly atau vaksin yang terbukti dapat mencegahnya secara menyeluruh, karena dapat disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda. Namun, ada obat bebas yang mungkin efektif dalam mengobati gejalanya, dan juga produk seperti Travelan yang dirancang untuk mengurangi risiko tertular penyakit perut sejak awal.

Bicaralah dengan dokter anda tentang obat terbaik untuk mencegah dan mengobati penyakit perut. Masih mungkin tertular diare akibat perjalanan bahkan dengan bantuan obat-obatan ini, jadi jangan terlena dengan pilihan makanan dan kebersihan anda. Ada beberapa obat yang digunakan wisatawan untuk mengobati Perut Bali, namun penting untuk berkonsultasi dengan dokter umum sebelum menggunakan obat apa pun. 

Beberapa perawatan yang tersedia meliputi:

- Minuman dan bubuk elektrolit, seperti Hydralyte, Gatorade, Pocari Sweat, dan Lucozade

- Obat pereda gejala gastro seperti Imodium, Diapet dan Gastro-Stop

- Pereda nyeri seperti parasetamol dan ibuprofen.

Selain obat-obatan yang dapat meringankan gejala Bali Belly, beberapa wisatawan bersumpah dengan pengobatan alami untuk pengobatan dan pencegahan sakit perut. Pengobatan alami berikut dapat meringankan gejala kondisi lambung seperti Bali Belly:

- Bantalan panas untuk kram perut

- Probiotik seperti yoghurt dan Yakult

- Suplemen seng

- Akupresur pada titik tekan P-6 di pergelangan tangan bagian dalam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya