Apa yang Dimaksud dengan Jaringan pada Tumbuhan? Ini 6 Jenis Jaringan Tumbuhan

Dalam ilmu biologi, apa yang dimaksud jaringan adalah kelompok sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 15 Feb 2023, 11:10 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2023, 11:10 WIB
Pemerintah Tunjuk 9 Rumah Sakit Kembangkan Sel Punca
9 rumah sakit ditunjuk Kemkes untuk mulai mengembangkan pelayanan sel punca dan jaringan

Liputan6.com, Jakarta Apa yang dimaksud dengan jaringan? Untuk mengetahui definisi jaringan tentu perlu kita ketahui konteksnya terlebih dahulu. Sebab, jaringan merupakan kata yang umum dan bisa masuk dalam berbagai jenis konteks pembicaraan, misalnya seperti jaringan komputer, jaringan tubuh atau sel, dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain.

Namun, istilah jaringan tidak hanya berlaku pada jaringan komputer saja atau perangkat elektronika lain. Jaringan bahkan mengacu pada bagian-bagian dari makhluk hidup termasuk pada tumbuhan.

Lalu apa yang dimaksud dengan jaringan pada tumbuhan? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/2/2023).


Apa yang dimaksud dengan jaringan?

Dalam ilmu biologi, apa yang dimaksud jaringan adalah kelompok sel-sel yang mempunyai fungsi dan bentuk sama. Setiap sel suatu organisme memiliki ukuran yang bervariasi, dan ukuran sel mencerminkan fungsi yang dilakukan sel tersebut.

Pada organisme bersel satu, semua fungsi yang diperlukan untuk hidup dijalankan oleh satu sel tunggal itu saja. Sedangkan, pada organisme bersel banyak, untuk menjalankan suatu fungsi tertentu, sel-sel ini membentuk kelompok sel yang bekerja sama dalam sebuah jaringan sel.

Pada tumbuhan, apa yang dimaksud dengan jaringan adalah sekumpulan sel dengan fungsi khusus yang menyusun tubuh tumbuhan. Pada tumbuhan, jaringan tersebut tersusun atas sel-sel yang mempunyai informasi, fungsi, asal, dan struktur.

Berdasarkan fungsi-fungsinya tersebut, apa yang dimaksud jaringan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi enam macam. Yakni sebagai berikut.


Jenis Jaringan Tumbuhan

kentang bertunas
ilustrasi kentang bertunas/copyright By Kasikova Svetlana (Shutterstock)

1. Jaringan Meristematik

Apa yang dimaksud dengan jaringan meristematik? Jaringan meristematik merupakan jaringan yang terbentuk dari sel-sel meristem. Jaringan ini dapat ditemukan pada titik-titik tumbuh, antara lain di ujung batang dan akar yang disebut meristem pucuk, meristem ujung, atau meristem apikal.

Jaringan maristematik juga terdapat di bawah kulit kayu sebagai kambium gabus maupun kambium pembuluh. Jaringan ini disebut meristem tepi atau meristem lateral. Jaringan meristematik juga sering ditemukan di tepi ruas atau buku, serta pada pangkal tangkai daun, yang disebut dengan istilah meristem antara atau meristem interkalar.

Ciri-Ciri Jaringan Meristem:

a. Ukuran sel yang kecil

b. Terdiri dari sel-sel muda dalam fase pembelahan dan pertumbuhan

c. Sel berdinding tipis

d. Memiliki nukleus yang relatif besar

e. Vakuola berukuran kecil

f. Banyak mengandung sitoplasma

g. Selnya berbentuk kubus

2. Jaringan Epidermis

Apa yang dimaksud dengan jaringan epidermis? Jaringan epidermis adalah jaringan sel yang berfungsi untuk melindungi bagian dalam organ sehingga tidak bersentuhan langsung dengan pengaruh keadaan di luar organ. Jaringan epidermis disebut juga sebagai jaringan pelindung.

Jaringan epidermis adalah lapisan paling luar pada setiap organ tumbuhan seperti akar, batang, daun, buah, bunga, biji. Jaringan epidermis berfungsi sebagai pelindung yang menutupi seluruh organ tumbuhan. Jaringan epidermis berasal dari protoderm. Jaringan epidermis berada di lapisan terluar dan fungsinya untuk melindungi permukaan tumbuhan.

Sel-sel yang membentuk jaringan epidermis biasanya berbentuk segi empat apabila dilihat dari samping, yang tersusun secara berjajar. Meski demikian, sel-sel yang membentuk jaringan epidermis ini juga dapat mengalami perubahan menjadi sel-sel penutup atau sel penjaga stomata beserta beberapa sel tetangga, trikoma (rambut daun/batang), duri, serta rambut kelenjar.


Jenis Jaringan Tumbuhan

Ilustrasi pohon, hutan
Ilustrasi pohon, hutan. (Photo by Arnaud Mesureur on Unsplash)

3. Jaringan Pengangkut

Apa yang dimaksud dengan jaringan pengangkut? Jaringan pengangkut adalah jaringan yang dimiliki oleh tumbuhan untuk mendistribusikan zat-zat yang diperlukan dalam proses fotosintesis.

Jaringan pengangkut terdiri beberapa jaringan yang memiliki fungsinya masing-masing, yakni jaringan xilem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh tapis). Jaringan xilem berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral, sedangkan jaringan floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis.

4. Jaringan Dasar/Parenkim

Apa yang dimaksud dengan jaringan dasar? Jaringan dasar adalah jaringan pada tumbuhan yang menyusun sebagian besar tubuh tumbuhan. Kelompok jaringan ini memiliki banyak fungsi tergantung tempat jaringan ini berada.

Umumnya, jaringan ini mengisi bagian terbesar dari suatu organ. Jaringan ini memiliki fungsi untuk menyusun daging buah, kulit batang, isi umbi atau rimpang yang menyimpan pati atau metabolit sekunder tertentu.


Jenis Jaringan Tumbuhan

Membantu Proses Fotosintesis
Ilustrasi Fotosintesis Credit: pexels.com/cottonbro

5. Jaringan Kolenkim

Apa yang dimaksud dengan jaringan kolenkim? Jaringan kolenkim adalah jaringan yang berfungsi sebagai jaringan penguat atau penyokong pada organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

6. Jaringan Sklerenkim

Apa yang dimaksud dengan jaringan sklerenkim? Jaringan sklerenkim adalah jaringan penguat atau jaringan penyokong dengan dinding sekunder yang tebal karena mengandung zat lignin. Jaringan sklerenkim ini hanya dijumpai pada organ tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

Demikian adalah enam jenis jaringan yang ada pada tumbuhan. Sebenarnya, jaringan tidak hanya ada pada tumbuhan. Semua makhluk hidup termasuk manusia pun juga memiliki jaringan di dalamnya yang menyusun setiap anggota tubuh dan organ penting agar dapat menjalankan fungsinya untuk tetap hidup.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya