Hal yang Diperlukan dalam Surat Lamaran Kerja adalah Sistematika yang Baik dan Benar

Hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah suatu hal yang wajib diperhatikan pelamar kerja.

oleh Husnul Abdi diperbarui 22 Apr 2023, 21:30 WIB
Diterbitkan 22 Apr 2023, 21:30 WIB
Surat Lamaran Kerja
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah suatu hal yang wajib diperhatikan pelamar kerja. Pasalnya, surat lamaran kerja merupakan salah satu berkas yang sangat penting ketika kamu melamar pekerjaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), surat lamaran kerja adalah surat resmi yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan, ataupun instansi tertentu. Surat lamaran kerja merupakan surat permohonan pencari kerja kepada yang dituju.

Hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah sistematika yang baik dan benar. Pasalnya, surat lamaran kerja termasuk ke dalam jenis surat resmi. Jadi, kamu perlu membuatnya sesuai dengan struktur atau format yang baik dan benar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/4/2023) tentang hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Nama dan Alamat Surat

Ilustrasi surat.
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja. (Photo by Freepik)

Pertama-tama, hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah nama dan alamat surat. Tuliskan nama penerima surat dan alamat lengkap perusahaan yang dituju. Selain itu, kamu juga perlu menuliskan tanggal membuat surat lamaran kerja di pojok kanan atas lembar surat. Jika tidak mengetahui nama HRD perusahaan yang dilamar, kamu cukup mengosongkannya saja, bisa ditulis dengan Yth. Bapak/Ibu.

Contoh:

  

                                                                                             Yogyakarta, 6 April 2023

Kepada                       

Yth. Bapak/ Ibu

HRD PT. Terima Apa Adanya

Jl. Sudirman No. 267, Yogyakarta

 


2. Salam Hormat dan Pembukaan

Berikutnya, hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah salam hormat dan pembukaan. Pada kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, kamu wajib mencantumkan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang dituju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman. Kemudian, sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih dalam perusahaan.

Contoh:

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Lowker, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu untuk menempati posisi Content Writer di PT. Terima Apa Adanya.


3. Biodata Pribadi

ilustrasi surat
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja (sumber: freepik)

Biodata pribadi menjadi salah satu hal penting diperhatikan. Hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, dan e-mail. Jika ingin menulis latar belakang pendidikan, cantumkan latar belakang pendidikan tertinggi saja.

Contoh:

Nama: Kugy Karmachameleon

Tempat, tanggal lahir: Parangtritis, 27 Juni 1996

Email: Kugychameleon@perahukertas.com

Telepon: 08132675432101


4. Pengalaman Kerja dan Kemampuan

Hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah pengalaman kerja dan kemampuan. Sebagai freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman magang jika kamu pernah magang di sebuah perusahaan. Kamu juga bisa menuliskan organisasi yang pernah kamu ikuti yang kira-kira menunjang untuk posisi yang dilamar.

Tulis juga kemampuan yang kira-kira dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Tulislah dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat namun menjelaskan. Ingat, kamu membuat surat bukan sebuah artikel. Dalam akhir kalimat tulislah untuk pembaca bahwa kamu mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut.

Contoh:

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi dengan mengikuti Himpunan Mahasiswa Komunikasi, tergabung di divisi Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.


5. Penutup

Ilustrasi Surat Lamaran Kerja
Ilustrasi Surat Lamaran Kerja (Photo by Kate Macate on Unsplash)

Hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah sebuah penutup yang manis dan ciamik. Terpenting, pada penutup ini kamu jangan lupa  untuk mengucapkan terimakasih.

Contoh:

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


6. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Terakhir, hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah tanda tangan dan nama lengkap. Tanda tangan dan nama lengkap ditulis pojok kanan bawah surat.

Contoh:

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Kugy Karmachameleon


7. Lampiran

Ilustrasi surat, tanda tangan
Ilustrasi surat, tanda tangan. (Foto oleh Pixabay: https://www.pexels.com/id-id/foto/kertas-printer-putih-48195/)

Selain beberapa hal yang telah disebutkan sebelumnya, hal yang diperlukan dalam surat lamaran kerja adalah lampiran. Agar perusahaan yang dituju semakin tertarik untuk menerimamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta kamu melampirkan hal lain seperti surat kesehatan, transkrip nilai, dan lain-lain.

Kamu perlu mencermati syarat apa saja yang harus dipenuhi saat akan melamar pekerjaan. Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:

  1. Pas foto (foto terbaru)
  2. Daftar riwayat hidup atau CV
  3. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti)
  4. Portofolio

Setelah surat lamaran pekerjaan sudah jadi, jangan lupa untuk membuatnya menjadi bentuk PDF agar lebih mudah untuk diperiksa HRD.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya