Di Balik Manfaat Lahan Gambut untuk Kehidupan

Gambut terbentuk dari timbunan materi organik atau sisa pohon, tanaman, dan jasad hewan yang membusuk.

oleh stella maris diperbarui 19 Mei 2023, 09:20 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2023, 09:20 WIB
Sekat kanal gambut Jambi
Sekat kanal lahan gambut yang ada di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. (Liputan6.com/B Santoso)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah salah satu negara dengan penyebaran area lahan gambut yang luas. Salah satunya ada di wilayah Kalimantan Selatan. 

Nah, adik-adik sudah tahu di apa yang dimaksud dengan lahan gambut? Dalam video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 72 yang dibuat Kemendikbud dijelaskan bahwa lahan gambut merupakan dataran rendah berair. 

Gambut itu terbentuk dari timbunan materi organik atau sisa pohon, tanaman, dan jasad hewan yang membusuk. Lewat video Belajar dari Rumah itu diketahui bahwa ada sejumlah manfaat dari lahan gambut, yaitu: 

  1. Lahan gambut bermanfaat untuk cadangan air alam yang dapat mencegah kebakaran
  2. Lahan gambut menjadi rumah untuk beraneka ragam tumbuhan, burung, dan serangga
  3. Lahan gambut menjadi perangkap CO2 untuk menjaga kualitas udara agar tetap bersih

Lalu apa penyebabnya jika lahan gambut ini rusak? Duh, pastinya sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup lho, adik-adik. 

Jadi, jika lahan gambut rusak, keanekaragaman bisa menghilang. Lahan gambut yang terbakar bisa menyebabkan emisi karbon yang berakibat pada perubahan iklim global. Selain itu akan terjadi penurunan kualitas dan air. 

Hewan-hewan seperti ikan terkecil di dunia, yaitu Paedocypris progenetica,  buaya sepit atau senyulong, termasuk burung enggang klihingan akan punah. 

Nah, untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(Adv)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya