Mengandung Banyak Gizi, Ini 6 Manfaat Mengonsumsi Bubur Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Bubur kacang hijau mengandung banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

oleh Husnul Abdi diperbarui 09 Jun 2023, 05:50 WIB
Diterbitkan 09 Jun 2023, 05:50 WIB
Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Bubur kacang hijau mungkin sering dijadikan sajian sarapan pengganti nasi. Tidak hanya diolah menjadi bubur saja, kacang hijau juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lainnya, seperti pada bakpia, onde-onde dan lain-lain. 

Kacang hijau sekarang ini juga sudah dijadikan bahan untuk berbagai produk makanan dan minuman kemasan. Dengan banyaknya orang yang menggemari kacang hijau dan memiliki berbagai nutrisi, membuat bubur kacang hijau semakin populer untuk dikonsumsi.

Namun walaupun sudah sering dikonsumsi oleh banyak orang, masih banyak yang belum mengetahui manfaat bubur kacang hijau ini bagi kesehatan. Padahal bubur kacang hijau mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/6/2019) tentang manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau bagi kesehatan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Kanker

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat mengonsumsi bubur kacang hijau yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan. Manfaat ini tentunya sangat menggiurkan bagi kamu yang sedang diet. Hal ini disebabkan karena bubur kacang hijau memang bisa menjadi makanan pengganti nasi.

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam kacang hijau menjadi faktor utamanya, apalagi kacang hijau juga rendah lemak. Kandungan serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan bermanfaat juga untuk melancarkan pencernaan. Ditambah lagi kandungan kalorinya yang sedikit membuat kacang hijau sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Mencegah Kanker

Selain itu, bubur kacang hijau juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Kacang hijau memiliki senyawa yang mampu memerangi infeksi virus kanker.

Untuk menghindari terjadinya kanker payudara pada wanita, mengonsumsi kacang hijau akan sangat bermanfaat. Kandungan klorofil pada kacang hijau mampu memusnahkan efek karsiogenik yang menjadi salah satu pemicu kanker.


Mencegah Penyakit Jantung dan Mengurangi Keluhan Menopause

Manfaat kacang hijau
Ilustrasi kacang hijau (sumber: pixabay)

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Tidak hanya masalah kanker, bubur kacang hijau juga bisa menjaga kesehatan jantung. Jantung adalah organ tubuh yang sangat vital, maka harus dijaga dengan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang bergizi. Kandungan serat pada kacang hijau mampu menyerap lemak dan mencegah plak di pembuluh darah.

Plak inilah yang mampu memicu penyakit jantung dan stroke. Kacang hijau mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol yang bersifat anti inflamasi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena.

4. Mengurangi Keluhan Pasca Menopause

Mengonsumsi bubur kacang hijau bagi wanita yang sedang dalam masa transisi menopause mampu mencegah osteoporosis yang zatnya juga dapat merangsang pembentukan tulang.

Berbagai keluhan setelah menopause dapat dikurangi dengan berbagai senyawa yang terkandung dalam kacang hijau seperti senyawa isoflavon yang bersifat estrogenic ilmiah.


Baik Untuk Ibu Hamil dan Melancarkan Pencernaan

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

5. Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau. Sebuah penelitian menemukan bahwa kacang hijau santa baik untuk pertumbuhan sel, sehingga untuk janin yang dikandung akan memiliki rambut yang lebat.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung vitamin B1, B2, asam folat, kalsium, fosfor, lemak tak jenuh dan protein yang semua dibutuhkan untuk ibu hamil.

6. Melancarkan pencernaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sejalan dengan kandungan serat yang dapat menurunkan berat badan, bubur kacang hijau juga dapat melancarkan pencernaan.

Masyarakat India mengonsumsi kacang hijau untuk menambah rasa serta mengurangi rasa nyeri di perut. Hal ini dikarenakan kacang hijau kaya akan serat, sehingga mempermudah proses pencernaan dan pembersihan racun dalam tubuh.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya