7 Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah dipengaruhi kandungannya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 16 Jun 2023, 05:00 WIB
Diterbitkan 16 Jun 2023, 05:00 WIB
Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah
Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah bisa dijadikan pilihan perawatan. Berbagai masalah pada wajah, seperti jerawat hingga penuaan dini bisa diatasi dengan menggunakan kantong teh celup bekas ini. Hal ini tentunya sangat berguna, daripada kamu langsung membuangnya.

Kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antipenuaan, teh terbukti ampuh untuk membantu menjaga kulit sehat dan bercahaya. Tidak hanya dengan diminum, kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan menerapkan kantong teh celup bekas pada wajah.

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah dipengaruhi kandungannya tersebut. Berbagai kandungan seperti vitamin dan antioksidan yang ada pada teh sangat penting untuk perawatan kulit wajah. Daripada terbuang sia-sia, tidak ada salahnya menerapkan perawatan wajah satu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/10/2020) tentang manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah
Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah (Sumber: Pixabay)

Menghilangkan Kantong Mata

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah yang pertama adalah dapat menghilangkan kantong mata, terutama jika kamu menggunakan kantong the hijau. Ketika diseduh, kantung teh akan melepaskan vitamin dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan warna alami kulit wajah.

Kantong teh yang sudah diseduh sangat bisa menghilangkan kantong mata menghitam. Teh mengandung kafein yang mengecilkan pembuluh darah dan mengobati lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh juga membantu dalam merawatnya.

Caranya, masukkan kantong teh hijau bekas ke dalam kulkas saat selesai digunakan, lalu biarkan semalaman. Lalu aplikasikan kantung teh ini di atas mata tertutup selama 10-15 menit untuk relaksasi, meredakan stres dan otot mata yang lelah, dan menghilangkan kantung mata.

Menyembuhkan Jerawat

Selain itu, manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah juga dapat menyembuhkan jerawat. Daun teh yang sudah diseduh dalam bentuk halus bisa dijadikan masker wajah dan membantu menyembuhkan jerawat.

Teh bersifat mengurangi inflamasi dan anti bakteri sehingga sangat ampuh meredakan pembengkakan atau jerawat meradang. Dengan menerapkan masker teh, akan lebih cepat membersihkan wajah dari jerawat beserta bekasnya.


Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

kantong teh
ilustrasi kantong teh (sumber: pexels)

Mencerahkan Kulit

Antioksidan dalam daun teh juga dapat membantu meningkatkan cahaya kulit. Kamu bisa menggunakan kantong teh dan daun teh bekas sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

Caranya mudah saja, setelah menggunakan kantong teh, biarkan kantong teh mengering. Potong kantong teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajahmu dengan lembut dalam gerakan melingkar dengan ujung jarimu selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah berikutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini maish berkaitan dengan kandungan antioksidan. Antioksidan dalam teh bukan hanya bisa mencerahkan kulit tapi juga melawan radikal bebas yang memicu penuaan dini. Rajin menjadikan teh sebagai masker wajah bisa mengurangi munculnya garis atau kerutan wajah.

 


Manfaat Kantong Teh Celup Bekas untuk Wajah

Teh Celup
Teh Celup (Sumber: Pixabay)

Menenangkan Kulit

Teh chamomile adalah solusi terbaik jika kamu mengalami iritasi kulit atau peradangan. Manfaat kantong the celup bekas untuk wajah ini membantu dalam menenangkan kulit gatal, kemerahan dan bercak bersisik pada kulit yang menyebabkan iritasi.

Caranya, rendam kantong teh chamomile dan oleskan pada area yang terkena dampak setiap hari sampai kamu melihat perubahannya. Kamu juga bisa menggunakan daun teh chamomile sebagai ganti kantong teh.

Menghilangkan Noda atau Bekas Luka

Daun teh mengandung asam tanat yang membantu merawat noda dan kulit terbakar yang menyejukkan. Kamu hanya perlu menyeduh teh dan menyaringnya. Biarkan teh menjadi dingin, kemudian celupkan handuk atau kapas ke dalam teh dan oleskan pada daerah yang terkena.

Biarkan selama 30 menit dan kemudian basuh wajahmu dengan air dingin. Kamu juga bisa langsung mengoleskan kantong teh di wajahmu. Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah ini tentunya bisa kamu terapkan di rumah.

Bibir Pecah-Pecah

Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah juga baik untuk bibir pecah-pecah. Bibir yang pecah-pecah perlu hidrasi secara teratur. Teh hijau paling cocok sebagai pelembab alami.

Kamu hanya perlu mencelupkan kantong teh hijau ke dalam air hangat dan oleskan pada bibirmu. Simpan di bibirmu selama 5-10 menit, ulangi ini secara teratur setidaknya dua kali sehari untuk merawat bibir yang pecah-pecah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya