5 Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan, Bisa Menghaluskan Kulit

Garam laut memiliki banyak manfaat yang baik untuk kecantikan.

oleh Dyah Mulyaningtyas diperbarui 20 Jun 2023, 05:50 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2023, 05:50 WIB
Garam Laut
Garam laut yang paling umum dimanfaatkan untuk bumbu masak dan kecantikan. (AFP Photo/Dominique Faget)

Liputan6.com, Jakarta Garam laut merupakan jenis garam yang didapat dari proses alami penguapan air laut atau danau air asin. Garam ini memiliki nutrisi alami yang lebih lengkap dan rasa yang lebih nikmat dibandingkan dengan jenis garam dapur.

Mungkin selama ini garam terkenal untuk menambah cita rasa pada makanan saja. Namun, tahukah kamu bahwa garam laut memiliki banyak manfaat yang baik untuk kecantikan.

Kandungan mineral magnesium, kalium, natrium, serta kalsium yang tinggi membuat garam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan kulit. Berikut ini 5 manfaat garam laut untuk kecantikan yang telah dilansir Liputan6.com dari hearbeauty.co, Senin (5/8/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Masker Wajah

Masker
Ilustrasi masker wajah (iStockphoto/Csaba Toth)

Saat stok masker di rumah mulai menipis, kamu bisa memanfaatkan garam laut untuk pengganti masker wajah yang biasa kamu pakai. Campurkan garam laut dengan bahan alami lainnya seperti madu.

Baik garam maupun madu, memiliki sifat antiradang yang bagus untuk meredam iritasi. Sehingga masker garam laut ini akan menenangkan kulit kamu dan mengurangi iritasi. Masker garam laut ini baik digunakan untuk membersihkan wajah dengan menggosok masker secara perlahan.


2. Lulur

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Manfaat lain dari garam untuk pengelupasan sel kulit mati. Membuat lulur garam dengan mencampurkan garam laut dengan minyak zaitun.

Lulur garam laut juga mengembalikan hidrasi kulit dan memberinya banyak mineral yang akan membuat kulit kamu menjadi halus dan lembut. Gosok lulur garam laut ke kulit kamu selama mandi dan berhati-hati agar tidak melukai diri sendiri dengan butiran garam laut.


3. Cerahkan Kuku

Jari Kuku
Ilustrasi Foto Jari Kuku (iStockphoto)

Salah satu manfaat garam laut yang kurang dikenal adalah kemampuannya untuk memperkuat kuku dan meningkatkan kesehatan kuku. Garam laut yang dicampur dengan perasan lemon, lalu rendam kuku kamu selama 10 menit, lalu bilas, dan oleskan pelembab untuk hasil yang maksimal.


4. Membuat Pemutih Gigi Alami

Liputan 6 default 4
Ilustraasi foto Liputan 6

Sama seperti dengan kuku, campuran garam laut dengan soda kue dapat mencerahkan warna gigi. Campurkan soda kue dengan garam laut, lalu oleskan pada sikat gigimu, dan gosok gigi secara normal. Kamu juga bisa membuat obat kumur alami dengan melarutkan bahan yang sama dengan air hangat. Obat kumur ini akan menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.


5. Tidur nyenyak

Tidur Nyenyak Tidur Pulas
Ilustrasi Foto Tidur (iStockphoto)

Penelitian menunjukkan bahwa garam laut dapat sangat mengurangi tingkat stres dengan meningkatkan kadar oksitosin. Itu adalah hormon yang melawan depresi dan membuat kamu merasa bahagia, tenang, dan santai. Campurkan garam laut dengan air hangat dan minum sebelum tidur untuk tidur nyenyak. Ini secara otomatis akan membuat kulit kamu terlihat sehat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya