6 Cara Mengatasi Jerawat Akibat Rambut Berponi, Kenali Penyebabnya

Cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi perlu kamu kenali penyebabnya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 22 Jun 2023, 15:00 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 15:00 WIB
Jerawat dahi
Cara Mengatasi Jerawat Akibat Rambut Berponi

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi perlu kamu kenali penyebabnya. Biasanya, jerawat yang tumbuh akibat rambut berponi muncuk di area dahi, yang paling sering bersentuhan dengan ujung rambut.

Jerawat di area dahi yang disebabkan oleh rambut berponi bisa disebut juga sebagai hairline acne. Hal ini bisa terjadi karena kamu tidak merawat dan menjaga kebersihan kulit dan rambut dengan baik. Keramas dan perawatan kulit yang tepat sangat diperlukan untuk mencegah masalah ini. 

Cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi harus benar-benar diperhatikan. Apalagi, dahi termasuk ke dalam area T-zone wajah. Artinya, bagian dahi memiliki kandungan minyak berlebih dibandingkan area kulit wajah lainnya. Oleh karena itu, dengan ada atau tidaknya poni, jerawat memang lebih rentan muncul di dahi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/12/2020) tentang cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Faktor Penyebab Jerawat Akibat Rambut Berponi

Jerawat Akibat Rambut Berponi
Jerawat Akibat Rambut Berponi

Jerawat akibat rambut berponi bisa muncul karena berbagai macam faktor, entah itu masalah pada kulit ataupun pada rambut. Bagi orang-orang yang memiliki kulit wajah sensitif, memakai gaya rambut berponi dapat memicu jerawat tumbuh dengan mudah dan membuat kotoran mudah masuk ke dalam pori-pori kulit di sekitar dahi. Hal ini disebabkan oleh bakteri yang mudah menempel pada rambut.

Kotoran berupa kuman, debu, asap, hingga sebum yang berasal dari poni rambut ke kulit wajah dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini menyebabkan dahi kamu menjadi mudah berjerawat.

Selain itu, faktor penyebab jerawat akibat rambut berponi selanjutnya adalah kebersihan rambut yang kurang terjaga. Jerawat di dahi akan mudah tumbuh bila kamu malas keramas. Penumpukan minyak dan kotoran dari rambut bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, jangan malas mencuci rambut, terutama saat kamu baru beraktivitas dari luar rumah.


Cara Mengatasi Jerawat Akibat Rambut Berponi

Ilustrasi Keramas Rambut
Ilustrasi Keramas Rambut

Jaga Kebersihan Rambut

Cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan rambut. Kamu bisa menjaga kebersihan rambut dengan keramas sebanyak sekali dalam dua hari. Frekuensi keramas bisa ditingkatkan apabila kamu gemar atau baru saja melakukan aktivitas di luar rumah yang menyebabkan rambut jadi lepek, kotor, dan berdebu.

Terlalu sering keramas memang bisa bikin rambut kering. Tetapi kalau kamu bermasalah dengan jerawat di dahi, sebaiknya kamu tidak membiarkan rambut kotor terlalu lama. Kalau kamu khawatir rambut jadi kering, setidaknya keramas poni setiap hari.

Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Membersihkan wajah jangan cuma sebelum tidur, apalagi kalau dahimu berjerawat. Sama halnya dengan rambut, kulit wajah bagian dahi juga perlu dijaga kebersihannya. Kamu perlu mencuci muka menggunakan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Jangan lupa juga untuk segera menghapus makeup setelah beraktivitas di luar rumah.

Perhatikan Penggunaa Produk Hair Styling

Kadang produk hair styling juga bisa menjadi penyebab jerawat. Pasalnya produk seperti ini cenderung meninggalkan residu pada kulit, menjadikan kulit berjerawat. Seringnya produk styling mengandung bahan-bahan yang bersifat komedogenik, jadi mudah menyumbat pori-pori.


Cara Mengatasi Jerawat Akibat Rambut Berponi

Jangan Menyentuh Poni

Cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi selanjutnya adalah dengan tidak menyentuh poni. Hal ini meniliki kebiasaan kebanyakan orang yang memiliki poni pasti sering menggeser rambut depannya ke arah kiri atau ke kanan.

Tak hanya itu, secara tak sadar orang tersebut pasti akan merapikan poninya menggunakan tangan agar posisi atau jatuhnya rambut di dahi sesuai dengan yang diinginkan. Kebiasaan ini ternyata dapat meningkatkan risiko jerawat di kulit dahi. Sebab, bakteri di tangan bisa berpindah ke rambut poni, lalu menempel di kulit, dan pada akhirnya menyebabkan jerawat.

Kalau kamu ingin membersihkan dahi dari minyak atau keringat tanpa menyentuhnya, sebaiknya gunakan lembaran tisu atau kertas minyak.

Gunakan Bandana atau Jepit Rambut Sesekali

Menggunakan bandana atau jepit rambut sesekali juga dapat dilakukan sebagai cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi. Setidaknya jangan biarkan poni menutupi rambut ketika beraktivitas fisik, karena kamu akan lebih mudah berkeringat dan berminyak daripada biasanya. Jadi, kamu perlu sesekali jepit poni ke atas atau gunakan bandana untuk menahannya agar tidak jatuh ke dahi.

Potong Poni

Cara mengatasi jerawat akibat rambut berponi yang terakhir adalah dengan memotong poni. Menggunting rambut poni jika sudah terlalu panjang dan tebal bertujuan untuk merapikannya agar tidak terlalu menempel ke area dahi dan tentunya untuk menghindari jerawat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya