Stopwatch adalah Alat yang Digunakan untuk Mengukur Waktu, Kenali Cara Menggunakannya

Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu tempuh.

oleh Husnul Abdi diperbarui 18 Agu 2023, 13:27 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi stopwatch (sumber: Freepik)
Ilustrasi stopwatch (sumber: Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu, terutama dalam pengukuran waktu tempuh sesuatu. Kamu mungkin sering kali melihat penggunaan stopwatch pada lomba lari, balapan, ataupun pada lomba renang.

Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu tempuh. Dalam menggunakan stopwatch, kamu tinggal menekan tombol start pada alat, kemudian waktu pun akan berjalan. Untuk menghentikannya kamu tinggal menekan tombol stop atau kembali tekan tombol start.

Waktu tempuh yang ingin diketahui akan tertera pada layar stopwatch. Kamu bisa mengetahui waktu tempuh dari lari seseorang, laju motor, laju sepeda, bahkan laju perenang dengan tepat sampai perhitungan terkecil menggunakan stopwatch.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/8/2023) tentang stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stopwatch adalah Alat yang Digunakan untuk Mengukur Waktu

Ilustrasi stopwatch (sumber: Freepik)
Ilustrasi stopwatch (sumber: Freepik)

Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu tempuh. Sekarang ini, stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu yang dapat diakses melalui arloji maupun alat elektronik. Stopwatch memiliki kesamaan dengan jam biasa namun memiliki efektivitas yang lebih jelas daripada jam biasa.

Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu dan juga kecepatan. Hal ini biasanya berkaitan dengan pengukuran waktu tempuh sesuatu, misalnya pada lomba lari 100 meter, balapan reli, hingga waktu tempuh renang seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari, contoh penggunaan stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu lari, mengukur waktu renang, menghitung lama memasak, dan lain sebagainya.

 

Jenis-Jenis Stopwatch

Jenis-jenis stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu di antaranya sebagai berikut:

1. Stopwatch Digital

Stopwatch digital, merupakan stopwatch yang biasanya diakses melalui layar LCD atau alat elektronik lainnya. Stopwatch digital biasanya menggunakan angka untuk pengukuran waktunya bukan menggunakan jarum jam.

2. Stopwatch Analog

Stopwatch analog adalah stopwatch yang biasanya digunakan untuk mengukur waktu dengan menggunakan jarum jam seperti pada umumnya, tidak menggunakan angka.


Bagian-Bagian Stopwatch

Ilustrasi stopwatch (sumber: Freepik)
Ilustrasi stopwatch (sumber: Freepik)

Bagian-bagian dari stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu yaitu sebagai berikut:

Layar, biasanya terdapat dalam stopwatch digital untuk menunjukkan lamanya waktu yang tersedia.

Tombol stop dan start, merupakan tombol yang digunakan untuk memulai menyalakan waktu dan untuk mengakhirinya.

Jarum penunjuk, biasanya terdapat pada stopwatch analog dan terdiri dari empat jarum jam yang terdiri dari milidetik, detik, menit, dan jam.

Skala pengukuran, merupakan ruas yang dimanfaatkan untuk mengukur waktu oleh jarum jam penunjuk.

 

Cara Menggunakan Stopwatch

Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu. Untuk menggunakannya, kamu cukup menekan tombol start yang ada pada alat tersebut. Sementara itu pada stopwatch analog, tombol tersebut adalah tuas yang menonjol miring pada bagian atas.

Jika sudah ditekan, waktu pada stopwatch akan berjalan. Untuk menghentikannya tekan tombol stop atau dengan menekan ulang tombol start. Waktu tempuh akan tertera dalam bentuk jarum analog ataupun angka digital.


Jenis-Jenis Alat Ukur

Ilustrasi Jangka Sorong
Ilustrasi Jangka Sorong (Photo by Ag PIC on Unsplash)

Alat ukur adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengukur benda atau objek, baik satuan bidang, jarak, waktu, berat, dan satuan lainnya. Alat ukur sangat membantu manusia dalam memperhitungkan sesuatu. Alat ukur sendiri dibagi menjadi berbagai macam jenis. Tiap-tiap jenis itu memiliki fungsi yang bermacam-macam.

Berikut adalah macam-macam alat ukur beserta fungsinya yang perlu kamu ketahui:

1. Alat Ukur Panjang

Jenis alat ukur yang pertama yaitu alat ukut panjang. Alat ukur panjang adalah macam alat ukur yang digunakan untuk mengukur satuan panjang. Adapun contoh alat yang digunakan untuk mengukur satuan panjang adalah penggaris, meteran, jangka sorong, mikrometer sekrup, dan lain sebagainya.

2. Alat Ukur Waktu

Jenis alat ukur berikutnya yaitu alat ukur waktu, yang mana salah satu contohnya adalah stopwatch. Alat ukur waktu adalah sebuah alat ukur yang dipakai untuk mengetahui atau mengukur satuan waktu. Adapun contoh alat yang digunakan untuk mengukur satuan waktu adalah jam dinding, jam tangan, stopwatch, jam pasir, dan lain sebagainya.

3. Alat Ukur Massa

Alat ukur massa berfungsi untuk mengetahui berat suatu benda. Contohnya seperti untuk mengukur neraca atau timbangan dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan. Jadi, jenis alat ukur berikutnya yaitu alat ukur massa.

4. Alat Ukur Temperatur atau Suhu

Alat ukur temperatur atau suhu adalah sebuah alat ukur yang berfungsi untuk mengukur suhu dan biasanya digunakan untuk mengukur suhu pada suatu ruang. Adapun alat yang dipakai dalam mengukur suhu adalah termometer dengan berbagai macam jenisnya.

5. Alat Ukur Listrik

Jenis alat ukut selanjutnya yaitu alat ukut listrik. Alat ukur listrik adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur besaran-besaran listrik. Beberapa contoh alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran listrik adalah voltmeter, ultitester, amperemeter, ohmmeter, kwh meter, tang ampere, phasa polarity, dan lain sebagainya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya