Macam-Macam Huruf 'Athaf dan Contoh Penggunaannya dalam Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab, huruf 'athaf dipahami sebagai huruf penghubung yang digunakan untuk menghubungkan dua kata dalam sebuah kalimat.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 10 Okt 2023, 12:45 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2023, 12:15 WIB
[Bintang] Ketahui 5 Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Seluruh Dunia
Bahasa Arab. | via: slate.com

Liputan6.com, Jakarta Seperti dalam bahasa-bahasa lainnya, bahasa Arab pun juga mengenal kelompok kata kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata hubung. Hanya saja dalam bahasa Arab, kelompok kata tersebut disebut dengan menggunakan istilah yang berbeda, misalnya saja istilah "huruf 'athaf."

Dalam bahasa Arab, huruf 'athaf dipahami sebagai huruf penghubung yang digunakan untuk menghubungkan dua kata dalam sebuah kalimat. Dengan kata lain, huruf 'Athaf membantu dalam menentukan hubungan antara kata-kata dalam kalimat dan mempengaruhi tata bahasa Arab dalam hal i'rab (perubahan bentuk kata-kata) terutama dalam kasus kata benda.

Berdasarkan penggunaannya, huruf 'athaf dibedakan menjadi dua, yakni huruf 'athaf bayan dan huruf 'athaf nasaq. Huruf 'athaf bayan berfungsi untuk menjelaskan atau merinci kata yang mengikutinya. Sedangkan huruf 'athaf nasaq adalah huruf 'athaf yang digunakan ketika kata yang mengikutinya memiliki hubungan dengan kata sebelumnya, tetapi tidak dengan cara menjelaskan atau merinci.

Untuk memahami lebih dalam mengenai apa yang dimaksud dengan huruf 'athaf dan bagaimana penggunaannya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (10/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memahami Pengertian Huruf 'Athaf

Secara etimologis, huruf 'athaf berasal dari bahasa Arab dan berarti "penghubung" atau "penyambung." Secara terminologis, dalam bahasa Arab, huruf 'Athaf (أَلْفُ وَاوُ الْعَطْفِ) adalah huruf yang digunakan untuk menghubungkan dua kata atau frasa dalam sebuah kalimat.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa secara sederhana bahwa huruf 'athaf adalah kata sambung atau konjungsi dalam bahasa Arab. Penggunaan huruf 'Athaf mempengaruhi struktur tata bahasa Arab, terutama dalam hal perubahan bentuk kata-kata (i'rab) dan mempengaruhi hubungan antara kata-kata dalam kalimat.


Macam-Macam Huruf 'Athaf

Ilustrasi bahasa Arab
Ilustrasi bahasa Arab (sumber: iStock)

Huruf 'Athaf dapat dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu 'Athaf Bayan dan 'Athaf Nasaq.

1. Huruf 'Athaf Bayan

Huruf 'Athaf Bayan digunakan ketika huruf 'Athaf menghubungkan dua kata atau frasa di mana kata yang mengikuti 'Athaf adalah kata benda yang sudah dikenal (makrifat). Huruf 'Athaf Bayan membantu merinci atau menjelaskan kata yang mengikuti. Contohnya, dalam kalimat "قسما بالله أبو حفص عمر" (Telah bersumpah kepada Allah, Abu Hafash alias Umar), kata "عمر" (Umar) menjelaskan kata "أبو حفص" (Abu Hafash).

2. Huruf 'Athaf Nasaq

Huruf 'Athaf ini digunakan ketika huruf 'Athaf menghubungkan dua kata atau frasa di mana kata yang mengikuti 'Athaf adalah kata benda yang belum dikenal (nakiroh). Huruf 'Athaf Nasaq membantu menghubungkan kata-kata tersebut tanpa merinci atau menjelaskan. Contohnya, dalam kalimat "كتاب زيد" (Buku Zaid), kata "زيد" (Zaid) adalah kata benda yang belum dikenal, dan 'Athaf Nasaq digunakan untuk menghubungkannya dengan kata "كتاب" (Buku) yang sebelumnya.

Penggunaan huruf 'Athaf adalah salah satu aspek penting dalam tata bahasa Arab karena membantu dalam memahami hubungan antara kata-kata dalam kalimat dan memberikan informasi tentang perubahan bentuk kata-kata. Huruf 'Athaf juga mempengaruhi cara kata-kata diucapkan dan ditulis dalam bahasa Arab.


Macam-Macam Huruf 'Athaf dan Contoh Penggunaannya

Ilustrasi motto hidup, bahasa Arab
Ilustrasi motto hidup, bahasa Arab. (Photo by Foad Roshan on Unsplash)

Huruf athaf ada 9 kata. Dalam bab isim tawabi’ ada yang dinamakan ma’thuf dan ma’thuf alaih. Nah huruf yang menyambungkan antara ma’thuf dan ma’thuf alaih disebut dengan huruf athaf. Berikut adalah macam-macam huruf 'athaf dan contoh penggunaannya:

1. Huruf 'Athaf Wau (و)

Huruf ini berarti "dan" yang digunakan untuk menyelaraskan ma'luh dan ma'luh bih (kata yang dihubungkan dan kata yang dihubungkan dengannya). Ini menunjukkan bahwa antara kata yang dihubungkan dan kata yang dihubungkan dengannya memiliki kedudukan yang sama.

Contohnya:

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا نُوْحًا وَإِبْرَاهِيْمَ (Dan sungguh Kami telah mengutus Nuh dan Ibrahim).

2. Huruf 'Athaf Fa' (ف)

Huruf 'Athaf ini berarti "kemudian" dan digunakan untuk menunjukkan urutan peristiwa tanpa adanya jarak waktu yang lama.

Contohnya:

حَضَرَ أَحْمَدُ فَأَبُوْهُ (Ahmad datang kemudian ayahnya).

3. Huruf 'Athaf Thumma (ثُمَّ)

Huruf 'Athaf ini juga berarti "kemudian" tetapi menunjukkan adanya jarak waktu yang cukup lama antara peristiwa.

Contohnya:

مَاتَ الرَّشِيْدُ ثُمَّ الْمَأْمُوْنُ (Ar-Rasyid meninggal, kemudian Al-Ma'mun).

4. Huruf 'Athaf Aw (أَوْ)

Huruf 'Athaf ini berarti "atau" dan digunakan untuk memberikan pilihan atau alternatif.

Contohnya:

اِقْرَأِ الجَرِيْدَةَ أَوِ الْمَجَلَّةَ (Bacalah koran atau majalah).

5. Huruf 'Athaf Am (أَمْ)

Huruf 'Athaf ini juga berarti "atau" dan dapat digunakan dalam dua konteks:

a. Untuk menentukan pilihan antara dua kata atau frasa. Contohnya: أَأَخُوْكَ أَحْمَدُ أَمْ مَحْمُوْدٌ؟ (Apakah saudaramu Ahmad atau Mahmud?).

b. Untuk menunjukkan kesamaan antara dua kata atau frasa jika didahului oleh jumlah yang setara. Contohnya: سَوَاءٌ عَلَيَّ أَفَهَمْتَ مَا قُلْتُ أَمْ لمَ ْتَفْهَمْ (Bagiku sama saja kamu mengerti atau kamu tidak mengerti apa yang aku katakan).

6. Huruf 'Athaf La (لَا)

Huruf ini berarti "bukanlah" dan digunakan untuk menafikan kata yang mengikutinya. Syarat penggunaannya adalah harus didahului oleh kalimat positif. Contohnya:

يَنْجَحُ الْمُجْتَهِدُ لَا الْكَسْلاَنُ (Orang yang bersungguh-sungguh akan sukses bukan orang malas).

7. Huruf 'Athaf Lakin (لَكِنْ)

Huruf ini berarti "melainkan" atau "akan tetapi" dan digunakan untuk memberikan kontrast terhadap informasi sebelumnya. Syarat penggunaannya adalah harus didahului oleh nafi atau nahyi (kalimat negatif atau melarang).

Contohnya:

مَا قَرَأْتُ الدَّرْسَ لَكِنِ القُرْآنَ (Saya tidak membaca pelajaran, melainkan Al-Qur'an).

8. Huruf 'Athaf Bal (بَلْ)

Huruf 'Athaf ini digunakan dalam dua konteks:

a. Untuk menunjukkan kebalikan dari "la" (لَا) dan berarti "bahkan" jika didahului oleh kalimat positif. Contohnya: لاَ تُصَاحِبْ الْكَسْلاَنَ بَل الْمُجْتَهِدَ (Janganlah berteman dengan orang malas, bahkan dengan orang yang bersungguh-sungguh).

b. Jika didahului oleh nafi atau nahyi, maka digunakan untuk menegaskan pernyataan sebelumnya. Contohnya: لَيْسَ عَدْلَهُمْ بَلْ ظُلْمَهُمْ أَشَدُّ (Bukanlah keadilan mereka, bahkan kezaliman mereka lebih besar).

9. Huruf 'Athaf Hatta (حَتَّى)

Huruf 'Athaf ini berarti "hingga" atau "sampai" dan digunakan untuk menghubungkan dua peristiwa atau kondisi yang harus dicapai.

Contohnya:

رَكِبْتُ كُلَّ الْوَسَائِلِ حَتَّى الطَّيَارَةِ (Saya naik semua alat transportasi hingga pesawat terbang).

Semua huruf 'Athaf ini memainkan peran penting dalam tata bahasa Arab untuk menghubungkan, menegaskan, atau memberikan pilihan dalam kalimat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya