Humidifier Adalah Pelembab Udara, Ini Jenis dan Manfaatnya

Jenis-jenis dan manfaat humidifier.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 08 Nov 2023, 17:30 WIB
Diterbitkan 08 Nov 2023, 17:30 WIB
Cara Penggunaan Humidifier
Ilustrasi Penggunaan Humidifier Credit: pexels.com/Nikolay

Liputan6.com, Jakarta Humidifier adalah perangkat elektronik yang semakin populer dalam mengatur tingkat kelembapan di dalam ruangan. Humidifier adalah solusi alternatif untuk mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan kekeringan udara. Mungkin Anda pernah mendengar tentang humidifier, tetapi tahukah Anda betapa banyak manfaatnya? 

Humidifier adalah perangkat yang dirancang khusus untuk menambah kelembaban udara di dalam ruangan. Dengan mengeluarkan uap air atau embun, humidifier dapat membantu mengatasi masalah seperti kulit kering, hidung tersumbat, dan bahkan gejala alergi. Bagi banyak orang, terutama selama musim dingin atau ketika AC sedang digunakan, humidifier adalah penyelamat yang menyediakan kenyamanan dan kesehatan.

Tidak hanya itu, humidifier juga dapat menjadi solusi bagi mereka yang sering mengalami iritasi dan kongesti pada sinus. Ketika udara terlalu kering, ia dapat menyebabkan iritasi pada saluran hidung, yang kemudian dapat memicu produksi lendir berlebihan. Humidifier bekerja dengan melembabkan udara, sehingga dapat memberikan bantuan dalam meredakan iritasi dan melarutkan lendir yang kental. 

Untuk itu, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (8/11/2023). Jenis-jenis dan manfaat humidifier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Humidifier?

Mengenal Humidifier Sebagai Alat Pengatur Kelembapan Udara
Ilustrasi Humidifier Credit: pexels.com/Tommy

Dilansir dari Health Line, humidifier adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menambah kelembaban udara dengan tujuan menghindari kekeringan yang dapat menyebabkan iritasi pada berbagai bagian tubuh. Humidifier dapat efektif dalam mengatasi masalah kekeringan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan bibir. Selain itu, mereka juga dapat membantu meredakan beberapa gejala yang disebabkan oleh flu atau pilek.

Namun, penggunaan humidifier yang berlebihan atau pemeliharaan yang tidak tepat dapat berpotensi memperburuk masalah pernapasan dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

  • Humidifier digunakan untuk:
  • Mengatasi kulit kering.
  • Mengurangi sinus tersumbat dan sakit kepala.
  • Meredakan tenggorokan kering.
  • Mengurangi iritasi hidung.
  • Mencegah hidung berdarah.
  • Mengurangi iritasi pada pita suara.
  • Meredakan batuk kering.
  • Mencegah bibir pecah-pecah.

Biasanya, masalah-masalah ini muncul ketika udara di dalam rumah menjadi kering, terutama selama musim dingin atau saat menggunakan AC selama musim panas.

Beberapa orang juga menggunakan humidifier untuk meredakan gejala yang terkait dengan kondisi kesehatan seperti pilek dan flu, alergi, sinusitis, dan eksim.


Jenis-Jenis Humidifiers

Humidifier
credit: noteworthy

Terdapat beberapa jenis humidifier yang dapat Anda pilih berdasarkan preferensi, anggaran, serta kebutuhan dalam mengatur kelembapan udara. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci tentang masing-masing jenis humidifier:

1. Central Humidifiers (Humidifier Sentral)

Jenis ini biasanya terpasang langsung pada sistem pemanas dan pendingin rumah Anda. Central humidifiers merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin mengatur kelembapan udara di seluruh rumah. Meskipun harganya lebih mahal daripada jenis lainnya, central humidifiers tidak menghasilkan uap air, sehingga tidak ada risiko terbakar. Jika rumah Anda belum memiliki central humidifier, seorang ahli HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning) dapat menginstalnya. Anda mungkin perlu mengganti filternya sekitar satu tahun sekali atau lebih sering tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya.

2. Evaporators (Humidifier Evaporator)

Jenis ini menghasilkan kelembapan dengan memompa udara melalui filter yang sudah dibasahi. Humidifier evaporator adalah pilihan yang lebih terjangkau daripada central humidifiers, tetapi mereka hanya dapat mengatur kelembapan untuk satu ruangan. Salah satu kekurangan dari jenis ini adalah mereka mungkin melepaskan terlalu banyak kelembapan ke udara, yang bisa menyebabkan masalah pertumbuhan jamur, terutama berbahaya bagi penderita asma.

3. Impeller Humidifiers (Humidifier Impeller)

Humidifier impeller menggunakan cakram yang berputar dengan cepat untuk menghasilkan embun dingin. Mereka termasuk yang paling ramah anak karena tidak mengeluarkan uap panas yang berpotensi membahayakan. Seperti evaporators, mereka cocok untuk satu ruangan, tetapi penggunaan berlebihan bisa menyebabkan kesulitan pernapasan, terutama bagi penderita alergi dan asma.

4. Steam Vaporizers (Humidifier Uap)

Jenis ini memanaskan air dan kemudian mendinginkannya sebelum mengeluarkannya ke udara. Steam vaporizers merupakan pilihan yang paling terjangkau dan dapat ditemukan di apotek. Namun, perlu diingat bahwa mereka dapat menyebabkan risiko terbakar, sehingga tidak sangat cocok jika Anda memiliki anak kecil.

5. Ultrasonic Humidifiers (Humidifier Ultrasonik)

Ultrasonic humidifiers menghasilkan embun dingin atau panas dengan bantuan getaran ultrasonik. Mereka tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan rumah Anda. Versi embun dinginnya merupakan pilihan yang baik jika Anda memiliki anak kecil, karena tidak ada risiko terbakar. Humidifier ultrasonik memungkinkan Anda memilih di antara embun dingin atau panas, sesuai dengan preferensi Anda.

Jadi, jenis humidifier yang paling sesuai untuk Anda akan tergantung pada luas ruangan yang perlu Anda atur kelembapannya, anggaran Anda, dan apakah Anda memiliki anak kecil atau anggota keluarga dengan masalah pernapasan. Selalu penting untuk menjaga dan membersihkan humidifier dengan benar untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan dan mencegah potensi masalah kesehatan.


Manfaat Humidifier

Manfaat Humidifier
Ilustrasi Kondisi Kulit yang Lembap Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Dirangkum dari GoodRx Health, humidifier memiliki sejumlah manfaat yang mungkin dapat membantu kesehatan Anda, dan berikut adalah penjelasan lengkapnya dalam bahasa Indonesia:

1. Mengatasi Alergi

Humidifier dapat membantu mengatasi gejala alergi dan asma. Mereka bekerja dengan meredakan jaringan pada hidung dan tenggorokan, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi gejala seperti tenggorokan kering, gatal, dan hidung berair. Namun, menjaga keseimbangan kelembaban yang tepat sangat penting. Kelembaban berlebih dapat menyebabkan penyebaran tungau debu dan jamur, yang juga dapat memperburuk alergi dan asma. Jika rumah Anda terlalu lembap, pertimbangkan untuk menggunakan dehumidifier.

2. Mengurangi Gejala Mendengkur

Jika penyumbatan hidung adalah penyebab mendengkur Anda, humidifier dapat membantu dengan melonggarkan lendir yang menghalangi saluran udara. Namun, jika mendengkur Anda disebabkan oleh sleep apnea, humidifier mungkin tidak akan efektif. Sebaiknya berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika humidifier dan tips sederhana lainnya tidak membantu mengatasi masalah mendengkur.

3. Mengatasi Kulit dan Rambut Kering

Pada banyak orang, musim dingin yang kering dan udara ber-AC dapat menyebabkan kulit kering. Untuk mengatasi masalah ini, American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan humidifier untuk meningkatkan kelembaban udara, yang pada gilirannya dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Beberapa penelitian juga mendukung manfaat ini, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

4. Mengurangi Penyebaran Kuman

Humidifier tidak secara langsung membunuh kuman penyebab penyakit, tetapi mereka dapat membuat ruangan Anda sedikit kurang cocok bagi kuman-kuman tersebut. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa virus influenza, misalnya, lebih mampu bertahan dan menyebar dalam kondisi yang lebih sejuk dan kering. Dengan demikian, humidifier dapat membantu menjaga kelembaban udara yang dapat menghambat penyebaran kuman penyebab penyakit.

5. Meredakan Masalah Sinus

Humidifier dapat membantu mengatasi gejala seperti hidung tersumbat dan kongesti sinus. Ketika udara terlalu kering, itu dapat mengiritasi saluran hidung Anda, yang pada gilirannya dapat menyebabkan produksi lendir yang lebih banyak. Jika lendir menjadi kronis, ia dapat menumpuk di dalam sinus. Udara kering juga dapat membuat lendir yang Anda hasilkan menjadi lebih kental dan sulit dikeluarkan melalui batuk atau bersin. Humidifier bekerja dengan cara menghidrasi udara, yang mungkin memberikan bantuan dalam meredakan iritasi dan melarutkan lendir.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya