10 Potret Tempat yang Disembunyikan Google Maps, Penuh Misteri

Dari pulau misterius hingga pangkalan militer.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 26 Nov 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 26 Nov 2023, 11:30 WIB
Tempat Yang Disembunyikan Google Maps
Sumber: indiatimes.com dan freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Google Maps mungkin merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia. Terutama melalui aplikasi Google Maps, kita memiliki akses tak terbatas untuk menjelajahi berbagai penjuru bumi tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah. Namun, di balik kemudahan tersebut, ternyata masih ada sejumlah tempat yang disembunyikan dari mata publik, bahkan di Google Maps.

Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa tempat rahasia di bumi yang tidak terlihat bahkan di Google Maps, karena pikselnya atau buram karena berbagai alasan? Dari pulau misterius hingga pangkalan militer dan bahkan rumah acak di Stockton-on-Tees, ada banyak tempat rahasia di bumi yang tidak akan ditunjukkan oleh Google Maps kepada masyarakat umum.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (26/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pulau Moruroa - Polinesia Prancis

Pulau Moruroa - Polinesia Prancis
Sumber: indiatimes.com

Meskipun separuh pulau ini dapat terlihat jelas, separuh lainnya tampak disamarkan. Laporan menunjukkan bahwa Prancis telah melakukan uji coba nuklir di Moruroa antara tahun 1966 dan 1996, menjadikan pulau ini terlarang bagi pengunjung.


2. 2207 Seymour Avenue, Ohio - AS

2207 Seymour Avenue, Ohio - AS
Sumber: indiatimes.com

Alamat ini sepenuhnya disembunyikan dari pandangan, dan alasan yang jelas. Tempat ini menjadi lokasi penyiksaan dan penawanan tiga wanita, Amanda Berry, Gina DeJesus, dan Michelle Knight, oleh Ariel Castro selama hampir satu dekade.

 

3. Sebuah rumah di Stockton-on-Tees - Inggris

Sebuah rumah di Stockton-on-Tees - Inggris
Sumber: indiatimes.com

Di Princeport Road, Stockton-on-Tees, terdapat sebuah rumah yang disamarkan tanpa alasan yang jelas, menciptakan aura misteri di sekitarnya.

 

4. Bandara Internasional Kos - Yunani

Bandara Internasional Kos - Yunani
Sumber: indiatimes.com

Bandara Internasional Kos di pulau Kos, Yunani, tampak kabur di Google Maps. Kabarnya, bandara ini melayani maskapai penerbangan sewaan terutama selama bulan-bulan musim panas, menciptakan kesan misterius di sekitarnya.

 

5. Pulau Jeannette - Rusia

Pulau Jeannette - Rusia
Sumber: indiatimes.com

Pulau Jeannette, sebuah pulau kecil di Laut Siberia Timur, sebagian besar tertutup es dan memiliki puncak setinggi 1.152 kaki. Alasan pengaburan pulau ini masih menjadi misteri, sementara isu kepemilikan antara Rusia dan Amerika Serikat semakin menambah ketidakjelasannya.


6. Korea Utara

Korea Utara
Sumber: indiatimes.com

Korea Utara, negara yang penuh rahasia, tidak dapat dilihat secara detail di Google Maps. Hanya nama kota dan gambar pegunungan hijau yang terlihat, menambah misteri seputar negara ini.

 

7. Pulau Amchitka - Alaska

Pulau Amchitka - Alaska
Sumber: indiatimes.com

Pulau ini dipilih oleh Komisi Energi Atom AS sebagai lokasi uji coba nuklir bawah tanah pada akhir 1950-an. Sekarang, sebagian besar pulau ini kabur, sementara masih dipantau untuk memeriksa kemungkinan kebocoran bahan radioaktif, dengan rencana menjadikannya suaka margasatwa terbatas pada tahun 2025.

 

8. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Cattenom - Perancis

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Cattenom - Perancis
Sumber: indiatimes.com

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Cattenom, terletak di Grand Est, Perancis, menjadi salah satu pembangkit listrik nuklir terbesar kesembilan di dunia. Namun, seluruh situs tampak berpiksel di Google Maps, menambah aspek misteri seputar tempat ini.


9. Situs Nuklir Marcoule - Prancis

Situs Nuklir Marcoule - Prancis
Sumber: indiatimes.com

Dibuka pada tahun 1955, Situs Nuklir Marcoule di Gard, Languedoc-Roussillon, Prancis, menjadi salah satu situs nuklir tertua. Meskipun dimodernisasi secara ekstensif, seluruh situs terlihat berpiksel di peta, menciptakan kesan misteri di sekitarnya.


10. Pangkalan Pasukan Khusus Polandia, Polandia

Pangkalan Pasukan Khusus Polandia, Polandia
Sumber: indiatimes.com

Komando Pasukan Khusus Polandia, DWS, disensor di Google Maps. Bertanggung jawab atas pelatihan dan kepemimpinan Pasukan Khusus Polandia, lokasi ini sekarang menjadi misteri karena disembunyikan dari tampilan publik.


11. Patio de los Naranjos - Spanyol

Patio de los Naranjos - Spanyol
Sumber: indiatimes.com

Lokasi tersembunyi, Patio de los Naranjos, yang artinya Pekarangan Pohon Jeruk di Spanyol, tidak dapat terlihat secara jelas di peta, menciptakan teka-teki terkait mengapa halaman ini disembunyikan dari pandangan publik.

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya