Macam-Macam Siksa Neraka dan Penyebabnya Menurut Al-Qur'an

Siksa neraka adalah salah satu konsep dalam agama Islam yang diyakini sebagai bentuk hukuman bagi orang-orang yang melakukan dosa di dunia.

oleh Husnul Abdi diperbarui 13 Des 2023, 17:25 WIB
Diterbitkan 13 Des 2023, 17:25 WIB
Macam-Macam Siksa Neraka
Macam-Macam Siksa Neraka (Gambar oleh Jeroným Pelikovský dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Siksa neraka adalah salah satu konsep dalam agama Islam yang diyakini sebagai bentuk hukuman bagi orang-orang yang melakukan dosa di dunia. Al-Qur'an, kitab suci umat Islam, secara jelas menggambarkan macam-macam siksa neraka dan penyebabnya.

Dalam Al-Qur'an, disebutkan bahwa siksa neraka memiliki banyak macam dan tingkatan, mulai dari siksaan ringan hingga berat sesuai dengan dosa-dosa yang diperbuat oleh manusia. Beberapa siksaan tersebut termasuk siksa api, siksa air yang mendidih, dan siksaan lainnya yang sangat mengerikan. Penyebab utama dari siksa neraka ini juga dijelaskan dalam Al-Qur'an, seperti kekafiran, kezaliman, dosa-dosa besar, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh penyebab siksa neraka menurut Al-Qur'an adalah perbuatan syirik, yaitu menyekutukan Allah dengan sesuatu yang lain. Selain itu, perilaku merampok, memakan harta secara tidak adil, berzina, dan melakukan perbuatan keji lainnya juga merupakan penyebab siksa neraka. Dengan memahami berbagai macam siksa neraka dan penyebabnya menurut Al-Qur'an, kamu diingatkan untuk senantiasa menjauhi perbuatan dosa dan selalu berbuat baik dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/12/2023) tentang macam-macam siksa neraka dan penyebabnya dalam Al-Qur'an.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Kulit Dibakar Hingga Hangus Berulang-ulang

Macam-Macam Siksa Neraka
Macam-Macam Siksa Neraka

Macam-macam siksa neraka yang pertama yaitu kulit dibakar hingga hangus berulang-ulang kali. Ketika kulit telah menjadi hangus karena terbakar api neraka, kulit-kulit tersebut akan tumbuh lagi dan diganti dengan kulit yang baru, sehingga macam-macam siksa neraka yang sama bisa diberikan lagi.

Kemudian setelah kulit mereka hangus lagi, kulit penghuni neraka akan diganti dengan yang baru lagi, lalu dibakar lagi, begitu seterusnya. Siksa neraka tersebut akan kekal abadi. Macam-macam siksa neraka ini terdapat pada firman Allah dalam surat An-Nisa ayat 56 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allâh Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (An-Nisâ’: 56)

2. Seperti Memakai Dua Sandal dari Api Neraka

Macam-macam siksa neraka selanjutnya adalah ibarat menggunakan dua sandal dan dua tali sandal dari api neraka. Hal ini terdapat dalam sebuah hadis, di mana Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah orang yang memiliki dua sandal dan dua tali sandal dari api neraka, otaknya akan mendidih karena panasnya sandal tersebut sebagaimana kuali mendidih. Orang tersebut merasa bahwa tidak ada seorang pun yang siksanya lebih pedih daripadanya, padahal siksanya adalah yang paling ringan di antara mereka." (HR. Muslim)


3. Dibuatkan Pakaian dari Api Neraka

Macam-Macam Siksa Neraka
Macam-Macam Siksa Neraka

Macam-macam siksa neraka selanjutnya yaitu dari neraka jahanam, neraka yang paling mengerikan. Setiap orang yang masuk ke neraka jahanam tidak ada yang kuat menahan pedihnya macam-macam siksa neraka ini. Allah SWT berfirman, yang artinya:

"Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka." (QS. Al Hajj : 19)

4. Kepala Disiram Air Mendidih

Masih berkaitan dengan dalil Al-Qur’an sebelumnya, macam-macam siksa neraka berikutnya adalah kepala disiram air mendidih. Jangankan kepalanya disiram air mendidih dalam jumlah banyak, ketumpahan secangkir kopi yang masih panas saja kamu sudah merasa kesakitan dan merasa tidak nyaman.

Jadi bisa dibayangkan betapa mengerikannya siksa neraka dalam bentuk disiram air mendidih di kepalanya. Allah berfirman dalam Surat Al-Hajj ayat 19-20 yang artinya:

“Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka).” (QS. Al-Hajj: 19-20)


5. Wajah Diseret Hingga Bersentuhan dengan Api Neraka

Macam-Macam Siksa Neraka
Ilustrasi neraka (Pixabay)

Bayangkan saja saat kamu terjatuh dengan bagian wajah terlebih dahulu. Tentu saja rasanya akan sangat sakit. Apalagi jika pada saat terjatuh di bagian wajah terlebih dahulu, kamu juga terseret di permukaan jalan aspal atau tanah, tentu kulit wajah bisa terkelupas karenanya. Membayangkannya saja pasti membuat kamu ngeri.

Macam-macam siksa neraka ada yang seperti itu, bedanya wajah penghuni neraka tidak diseret di atas permukaan jalan atau tanah, melainkan diseret hingga wajahnya bersentuhan dengan api neraka. Tentu saja hal ini jauh lebih menyakitkan daripada saat kulit wajah bergesekan dengan permukaan jalan. Tidak hanya diseret, penghuni neraka juga akan diperlakukan secara hina dan dicemooh. Allah berfirman dalam Al-Qamar ayat 47-48 yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang berdosa berada dalam kesesatan (di dunia) dan dalam neraka. (Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka di atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka), “Rasakanlah sentuhan api neraka.” (QS. al-Qamar: 47-48)

6. Api Neraka Membakar Hingga Jantung

Tidak seperti api di dunia fana ini yang membakar sesuatu mulai dari permukaannya. Panas api neraka akan langsung terasa hingga menembus permukaan kulit para penghuni neraka. Api neraka bahkan bisa menembus organ-organ tubuh manusia yang paling dalam, termasuk jantung.

Macam-macam siksa neraka ini disebutkan pada firman Allah dalam Surah Al-Humazah ayat 4-7, yang artinya:

“Sekali-kali tidak! Sesungguhnya ia benar-benar akan dilemparkan ke dalam huthamah. Dan tahukah kamu apa huthamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang membakar sampai ke jantung.” (QS. al-Humazah: 4-7)

Ketika api huthamah membakar jantung penghuni neraka, mereka tidak langsung mati, melainkan masih tetap hidup dan merasakan kepedihan siksa neraka tersebut. Bahkan ketika mereka mati akibat api huthamah, penghuni neraka akan dihidupkan lagi dengan tubuh yang utuh seperti sedia kala, lalu dibakar lagi dengan api huthamah.

7. Dipaksa Merangkak dengan Isi Perut Terburai

Ada maca-macam siksa neraka, di mana penghuninya akan merangkak layaknya keledai. Tidak hanya itu, penghuni neraka tersebut merangkak dalam keadaan isi perut terburai. Siksa neraka tersebut akan diberikan kepada orang-orang yang gemar menyuruh orang lain untuk melakukan kebaikan, namun dirinya sendiri justru tidak pernah melakukannya.

Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Usamah ibn Zaid bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Seseorang akan ditarik dan dilemparkan ke dalam neraka pada hari kiamat nanti. Kemudian semua isi perutnya akan keluar dan terburai di dalam neraka, dan ia dipaksa berjalan berkeliling seperti seekor keledai yang menarik sebuah jentera.

Penduduk neraka berkumpul di sekelilingnya dan berkata, “Hai Fulan, apa kesalahanmu? Apakah kamu tidak menyuruh kami berbuat baik dan melarang kami melakukan kejahatan?” Ia menjawab, “Saya selalu menyuruh kamu berbuat baik, tetapi saya sendiri tidak melakukannya, dan saya selalu melarang kamu melakukan kejahatan, tetapi saya sendiri sering melakukannya.” Kemudian ia berjalan berkeliling seperti seekor keledai menarik jentera.”

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya