Doa Mandi Wajib Pria dan Wanita Beserta Tata Caranya yang Benar

Doa mandi wajib merupakan bagian penting dalam ibadah umat Islam.

oleh Husnul Abdi diperbarui 13 Jun 2024, 11:19 WIB
Diterbitkan 09 Feb 2024, 17:40 WIB
Doa Mandi Wajib
Doa Mandi Wajib. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Doa mandi wajib merupakan bagian penting dalam ibadah umat Islam. Hal ini termasuk dalam tata cara membersihkan diri setelah melakukan aktivitas tertentu, seperti hubungan suami istri, haid, nifas, atau setelah mimpi basah. Kewajiban mandi wajib ini merupakan salah satu bentuk penjagaan kesucian dan kebersihan jasmani serta rohani bagi umat Islam.

Bagi pria dan wanita, tata cara mandi wajib memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Mulai dari niat, basuhan air pada tubuh, hingga doa yang dibaca saat menjalankan mandi wajib. Memahami tata cara yang benar dalam berwudhu dan mandi wajib menjadi penting bagi setiap Muslim, agar ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT.

Oleh karena itu, penting bagi umat Muslim untuk mempelajari tata cara mandi wajib untuk pria dan wanita beserta doa-doa yang berkaitan. Dengan memahami tata cara yang benar, diharapkan setiap muslim dapat menjalankan ibadah mandi wajib dengan baik sesuai ajaran agama Islam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/2/2024) tentang doa mandi wajib.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Mandi Wajib Pria

Ilustrasi mandi wajib
Ilustrasi mandi wajib. Foto: pexels pixabay.

Doa mandi wajib bagi pria adalah niat yang diucapkan sebelum mandi wajib. Doa mandi wajib atau niat tersebut biasanya berbunyi,

"Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala."

Artinya:"Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

Doa mandi wajib atau niat ini penting untuk mengarahkan hati serta memastikan bahwa mandi yang dilakukan benar-benar untuk membersihkan diri dari hadats besar.

Tata cara mandi wajib bagi pria meliputi beberapa langkah, yaitu mulai dari niat, membasuh tangan, membasuh alat kelamin dan dubur, kemudian melakukan wudhu seperti biasa, setelah itu baru melakukan mandi dengan menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh sambil memastikan bahwa air benar-benar meresap hingga ke kulit.

Mandi wajib perlu dilakukan apabila seseorang mengalami hadats besar, seperti buang air besar atau kecil, mimpi basah, atau setelah hubungan suami istri. Dengan memahami tata cara dan doa mandi wajib ini, diharapkan pria Muslim bisa menjalankannya dengan benar sesuai ajaran agama Islam.


Doa Mandi Wajib Wanita

Doa mandi wajib bagi wanita adalah salah satu doa yang harus dibaca sebelum mandi wajib. Doa mandi wajib atau niat ini penting dilakukan ketika wanita melakukan mandi wajib setelah haid, nifas, atau setelah berhubungan suami istri.

Doa mandi wajib bagi wanita adalah sebagai berikut:

“Bismillahi rahmani rahim nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar minan nifasi fardlon lillahi ta'ala."

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala."

Tata cara mandi wajib bagi wanita meliputi langkah-langkah seperti berwudhu terlebih dahulu, kemudian membersihkan seluruh tubuh dari kepala hingga kaki dengan air yang mengalir. Setelah itu, membaca doa mandi wajib sebelum mulai mandi. Setelah selesai mandi wajib, wanita dianjurkan untuk menjaga kebersihan diri dan mengenakan pakaian yang bersih. Dengan melakukan doa mandi wajib ini, wanita dapat menjaga kesucian diri dan mendapatkan berkah dari Allah.


Tata Cara Mandi Wajib Pria

Tata Cara Mandi Wajib Pria
Tata Cara Mandi Wajib Pria (sumber: pixabay)

Berikut adalah tata cara mandi wajib bagi pria:

  1. Niat, dengan membaca doa mandi wajib bagi pria yaitu: "bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabati fardlon lillahi ta'ala." Artinya:"Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."
  2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali.
  3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.
  4. Mencuci Tangan dengan sabun agar bersih kembali setelah membasuh kotoran.
  5. Mengambil wudu sebagaimana biasa.
  6. Membasuh keseluruhan rambut di kepala dengan mengguyurnya sebanyak 3 kali.
  7. Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali.
  8. Kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga.
  9. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.
  10. Kamu bisa melanjutkannya dengan mandi seperti biasa.

Tata Cara Mandi Wajib Wanita

Doa Mandi Wajib Setelah Haid
Doa Mandi Wajib Setelah Haid (sumber: pixabay)

Tata cara mandi wajib bagi wanita dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Niat, dengan membaca doa mandi wajib bagi wanita yaitu: “bismillahi rahmani rahim nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar minan nifasi fardlon lillahi ta'ala." Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala."
  2. Membasuh tangan sebanyak 3 kali
  3. Membasuh alat kelamin dari kotoran dan najis.
  4. Mencuci tangan dengan sabun agar bersih kembali setelah membasuh kotoran
  5. Mengambil wudu sebagaimana biasa
  6. Membasuh keseluruhan rambut di kepala dengan mengguyurnya sebanyak 3 kali
  7. Siram anggota badan sebelah kanan hingga tiga kali,
  8. Kemudian siram anggota badan pada bagian kiri sebanyak tiga kali juga.
  9. Menggosok bagian tubuh sebanyak tiga kali, terutama bagian yang sulit seperti pusat, ketiak, lutut dan lain-lain supaya terkena air.
  10. Kamu bisa melanjutkannya dengan mandi seperti biasa.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya