Konglomerat India Selenggarakan Pesta Perkawinan Megah, Undang Justin Bieber

Pernikahan India terkenal dengan kemewahannya, tetapi skala dan ukuran perayaan keluarga Ambani mungkin telah melampaui yang pernah ditampilkan oleh para bangsawan terdahulu.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 13 Jul 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2024, 17:30 WIB
Anant Ambani dan Radhika Merchant
Anak orang terkaya di Asia, Anant Ambani, bersama tunangannya Radhika Merchant berpose selama Upacara Sangeet di Mumbai, India, 5 Juli 2024. (SUJIT JAISWAL/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa bulan terakhir, perhatian publik di India tertuju pada Mukesh Ambani, orang terkaya di Asia. Bukan karena ia telah menyelesaikan akuisisi besar atau memberikan sumbangan besar, tetapi karena perayaan pernikahan mewah putranya yang telah memukau seluruh negeri bahkan dunia.

Pesta-pesta pra-pernikahan yang dimulai pada bulan Maret telah membuat keluarga Ambani menjadi pusat pembicaraan. Anant Ambani, putra bungsu Mukesh Ambani, menikahi kekasihnya. Radhika Merchant di pusat konvensi milik keluarga di Mumbai dipilih sebagai tempat puncak perayaan yang berlangsung selama enam bulan.

Pernikahan India terkenal dengan kemewahannya, tetapi skala dan ukuran perayaan keluarga Ambani mungkin telah melampaui yang pernah ditampilkan oleh para bangsawan terdahulu. Kehadiran para bintang Bollywood papan atas, penampilan d bintang pop global seperti Rihanna dan Justin Bieber, serta kerumunan tamu VVIP yang hadir dalam perayaan tersebut telah menjadi sumber berita tak berujung bagi paparazzi.

Beberapa tokoh global yang hadir termasuk CEO Meta Mark Zuckerberg, CEO Samsung Han-Jong Hee, Bill Gates, putri mantan Presiden AS Donald Trump, Ivanka, mantan perdana menteri Inggris Boris Johnson dan Sir Tony Blair, presiden FIFA Gianni Infantino, dan saudari Kardashian. Berikut ulasan lebih lanjut tentang keluarga Ambani yang Liputan6.com lansir dari laman bbc.com, Sabtu (13/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Berkenalan dengan Keluarga Ambani

Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant pada 12 Juli 2024 Punit PARANJPE / AFP
Pernikahan Anant Ambani dan Radhika Merchant berlangsung pada Jumat, 12 Juli 2024 di Mumbai, India. (Dok: Punit PARANJPE / AFP)

Keluarga Ambani adalah keluarga bisnis paling terkemuka di India. Mereka menjalankan Reliance Industries, sebuah konglomerat minyak hingga telekomunikasi yang didirikan oleh ayah Mukesh Ambani, Dhirubhai Ambani. Dhirubhai dikenal dengan kemampuannya dalam mengarungi politik kontroversial India sebelum liberalisasi sambil menciptakan kekayaan besar bagi para pemegang saham perusahaannya.

Dhirubhai meninggal pada tahun 2002, dan perusahaan yang didirikannya dibagi antara dua putranya, yaitu Anil dan Mukesh. Akan tetapi, nasib kedua bersaudara ini berbeda. Anil mengalami kebangkrutan dan Mukesh semakin berjaya dengan berfokus pada konsumen. Mukesh mempertahankan juga berhasil posisinya di bidang petrokimia, yang menjadi andalan Reliance.

Kilang minyaknya di kota barat Jamnagar adalah yang terbesar di dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, Reliance telah membawa beberapa merek mewah dunia paling terkenal ke India, dari Valentino hingga Versace dan Burberry hingga Bottega. Selain itu, perusahaan ini sekarang memiliki tim di turnamen kriket terkaya di dunia dan pengecer mainan ikonik Inggris, Hamleys.

Pada tahun 2021, mereka mengakuisisi klub negara bersejarah Stoke Park di Buckinghamshire seharga 57 juta pounsterkling atau lebih dari 1 triliun rupiah. Awal tahun ini, Reliance menandatangani perjanjian menggabungkan platform hiburannya dengan Disney, dalam upaya terbaru untuk mengubah landasan industri perusahaan. Ini membuat Mukesh Ambani menjadi pemain tangguh di ruang streaming digital, dengan hak atas turnamen kriket dan acara internasional.

Selama pandemi Covid-19, Reliance memulai pembelian besar-besaran dengan mendapatkan investasi miliaran dolar dari lebih dari selusin pemain global, termasuk Meta dan Google. Rencananya dengan Meta adalah menghubungkan lebih dari 400 juta pengguna WhatsApp di India dengan platform belanja online mereka, JioMart. Strategi harga agresif perusahaan ini telah memberikan tantangan serius bagi pendatang asing seperti Netflix dan Amazon.

Secara pribadi, pemain asing yang bersaing di sektor yang sama dengan Reliance kadang-kadang mengeluhkan kurangnya lapangan bermain yang setara, mengklaim bahwa keluarga Ambani adalah salah satu dari sedikit yang mendapatkan keuntungan dari kebijakan pemerintah India yang memberikan kontrak preferensial kepada taipan lokal.

Mukesh Ambani sekarang menargetkan layanan keuangan, dengan Reliance memasuki usaha patungan dengan BlackRock yang berbasis di AS untuk bisnis pialang dan manajemen kekayaan. Tidak mengherankan, bagi keluarga Ambani, ini lebih dari sekadar pernikahan. Ini adalah pertunjukan kekuatan dan pengaruh yang mereka miliki.


Justin Bieber Menjadi Pengisi Acara di Pernikahan Super Megah Keluarga Ambani

6 Deretan Gaya Penyanyi Top Dunia Tampil di Pesta Prewedding Anak Crazy Rich India Anant Ambani, dari Rihanna hingga Justin Bieber
Mulai dari Rihanna, Katy Perry, hingga Justin Bieber, berikut deretan gaya penyanyi top dunia tampil di pesta prewedding anak crazy rich India, Anant Ambani dan Radhika Merchant. (@justinbieber).

Justin Bieber menjadi salah satu bintang internasional yang tampil di pesta pernikahan keluarga Ambani. Penyanyi asal Kanada ini terbang ke Mumbai akhir pekan lalu untuk menghibur mempelai pengantin dan tamu mereka. Penampilan Bieber adalah bagian acara lanjutan dari pesta pra-pernikahan yang sudah menampilkan Rihanna, The Backstreet Boys, Katy Perry, dan Andrea Bocelli. Tidak ada biaya yang dihemat untuk pernikahan ini, menjadikannya lebih megah dari pernikahan India lainnya. Bahkan lebih mewah dibanding pernikahan putri Mukesh Ambani yang menampilkan Beyoncé.

Acara sangeet yang diadakan sebelumnya diisi dengan musik dan tarian, termasuk tarian Mukesh Ambani dan keluarganya di lagu hit Shah Rukh Khan, Deewangi Deewangi. Para tamu juga mengenakan pakaian glamor dari desainer top India, menjadikan acara ini juga sebagai ajang peragaan busana.

Biaya tiga pesta pra-pernikahan ini tidak diketahui, namun dikabarkan Rihanna dibayar 7 juta dollar atau sekitar 112 miliar rupiah  dan Justin Bieber 10 juta dollar atau sekitar 160 miliar rupiah. Acara pernikahan ini memukau banyak orang dan menjadi sorotan global. Pihak Radhika Merchant mengatakan kepada Vogue US bahwa perencanaan pernikahan ini berjalan dengan baik.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya