6 Prediksi Aneh Tentang Hari Kiamat di Zaman Dulu, Sudah Ada Sejak Tahun 1524

Ramalan hari kiamat yang aneh dan jelas salah tidak terbukti.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 29 Jul 2024, 14:45 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 14:45 WIB
[Bintang] 5 Tanda-tanda Kiamat Sudah Dekat!
5 Tanda-tanda Kiamat Sudah Dekat! | via: 2.bp.blogspot.com

Liputan6.com, Jakarta Hari kiamat atau akhir zaman pasti akan berakhir. Namun, tidak ada manusia satu pun yang tahu kapan kiamat akan datang. Hanya Sang Pencipta lah yang mengetahuinya. Sebagai manusia, hanya bisa mempersiapkan amal ibadah untuk kelak dipertanggungjawabkan di akhirat.

Meski begitu, tak sedikit orang yang mengaku bisa meramalkan kapan dunia ini akan berakhir. Ada ribuan prediksi tentang akhir zaman yang akan segera terjadi. Beberapa prediksi jelas terdengar lebih aneh dibandingkan prediksi lainnya.

Orang yang mendengarnya mungkin berpikir siapa pun yang meramalkan hari kiamat adalah orang gila. Ada tujuh prediksi aneh tentang akhir zaman yang jelas-jelas tidak terjadi. Bahkan, ramalan hari akhir sudah ada sejak zaman dahulu.

Sudah ada prediksi sejak tahun 1524, berikut ini beberapa ramalan tentang hari kiamat di zaman dulu yang tidak terbukti, dirangkum Liputan6.com dari Oddee pada Senin (29/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Stöffler’s Flood (1524)

Ilustrasi matahari meledak pemicu kiamat (NASA)
Ilustrasi matahari meledak pemicu kiamat (NASA)

Dalam almanaknya, yang ditulis pada tahun 1499, astronom Jerman Johannes Stöffler meramalkan bahwa perubahan besar akan terjadi pada tanggal 20 Februari 1524. Karena bumi akan berada dalam tanda Pisces, pada saat itu, ia berpendapat bahwa peristiwa tersebut mungkin tampak seperti banjir.

Percetakan pamflet publik memanfaatkan ide-ide Stöffler dan menciptakan contoh paling awal dari kegilaan media. Masyarakat menjadi sangat panik, dan dokumen-dokumen pada saat itu menunjukkan bahwa penjualan perahu meroket sebelum tanggal yang diprediksi.

Seorang gubernur Jerman bahkan mengambil satu halaman dari Alkitab dan membangun sebuah bahtera raksasa (atau setidaknya itulah yang diklaim oleh catatan). Ini semua terjadi meskipun Stöffler sendiri menyatakan bahwa dia tidak pernah bermaksud mengatakan bahwa dunia akan berakhir.

Kemudian, tanggal 20 Februari tiba — dan hujan mulai turun. Namun hujan segera berlalu, dan cuaca sepanjang hari itu dilaporkan cukup bagus.


2. The Egg Prophecy (1806)

Pada tahun 1806, sebuah keajaiban terjadi di kota Leeds, Inggris. Seekor ayam milik Mary Bateman bertelur tiga butir dengan tulisan "Kristus akan datang".

Orang-orang menganggapnya agak meresahkan. Orang-orang yang yakin bahwa dunia akan berakhir berbondong-bondong datang ke Bateman untuk melihat telur-telur tersebut, dan siap membayar sepeser pun untuk setiap pengunjung yang diminta Bateman.

Namun, ketika Nabi Ayam dari Leeds (sebutan untuk ayam tersebut) dipindahkan ke tempat lain, ia berhenti bertelur. Ternyata Bateman sendiri yang menggunakan tinta korosif untuk menulis pesan tersebut. Dia kemudian, memasukkan telur-telur itu kembali ke dalam ayam sehingga tampak seperti burung malang itu yang bertelur.


3. The Southcott Cult (1813)

Ilustrasi mimpi, kiamat
Ilustrasi mimpi, kiamat. (Photo by NOAA on Unsplash)

Mary Bateman tidak perlu mencari jauh-jauh orang-orang mudah tertipu yang khawatir akan hari kiamat, karena dia adalah bagian dari aliran sesat aneh yang mengelilingi Joanna Southcott. Wanita yang mengaku sebagai "Wanita Kiamat" itu mengklaim bahwa dia mendengar suara Tuhan yang meramalkan kejadian di masa depan.

Tidak mengherankan, sebagian besar dari bencana tersebut berkaitan dengan malapetaka dan kehancuran, seperti kelaparan pada tahun 1799 dan 1800. Memang, kelaparan tidak pernah terjadi, namun Southcott tidak membiarkan hal itu menghentikannya.

Akhirnya, pada tahun 1813, ia menyatakan bahwa meskipun ia masih perawan, ia telah hamil, meskipun usianya sudah 62 tahun. Tahun berikutnya, katanya, dia akan melahirkan Mesias kedua yang akan menyebabkan akhir dunia.

Dan kemudian dia meninggal beberapa minggu kemudian. Dan dia tidak pernah hamil.


4. Halley’s Comet Craze (1910)

[Bintang] Fenomena Terompet Sangkakala & Ramalan-Ramalan Gagal Soal Kiamat
Ilustrasi kiamat | via: beritaenam.com

Komet Halley melewati bumi setiap 72-80 tahun dan telah diamati setidaknya selama 2.000 tahun. Namun, pada tahun 1910, segalanya seharusnya berbeda, berkat kemajuan ilmu pengetahuan yang mendeteksi gas sianogen di ekor komet.

Astronom Perancis, Camille Flammarion memperkirakan bahwa gas tersebut akan "mengresapi atmosfer", dan berpotensi memusnahkan seluruh kehidupan di Bumi. Itu belum pernah dilakukan sebelumnya.

Tapi, orang-orang di AS dan negara lain menjadi panik. Mereka mulai panik membeli apa pun untuk bertahan hidup dari bencana gas yang akan datang, mulai dari masker gas hingga udara bersih dalam kemasan, pil "anti-komet", dan payung yang seharusnya melindungi mereka.

Sebuah kelompok di Oklahoma bahkan mencoba mengorbankan seorang perawan untuk menyelamatkan dunia sebelum pihak berwenang menghentikan mereka. Ketika Komet Halley melewati Bumi pada tahun 1910, seperti biasanya dan tidak terjadi bencana gas yang mengerikan.


5. Clarion Call (1954)

Pada tahun 1953, ibu rumah tangga asal Chicago, Dorothy Martin, mulai mengklaim bahwa dia menerima pesan telepati dari Planet Clarion (apa pun itu). Dia mengatakan banjir akan menghancurkan dunia pada tanggal 21 Desember 1954, namun umat beriman akan dibawa ke Clarion dengan piring terbang.

Ramalan Martin menarik cukup banyak pengikut sehingga ia mendirikan gerakan keagamaan yang disebut Seekers. Dia mendesak mereka untuk menunjukkan iman mereka dengan memberikan semua harta benda, hubungan, dan pekerjaan mereka dalam menghadapi hari kiamat.

Kemudian tanggal yang diprediksi datang dan tidak terjadi apa-apa. Namun yang menarik adalah sepertiga dari anggota Seeker sebenarnya terdiri dari reporter dan psikolog yang ingin mempelajari bagaimana umat beriman sejati akan menghadapi ramalan yang gagal tersebut.

Temuan mereka dipublikasikan dalam buku When Prophecy Fails. Namun, metode para peneliti telah dikritik karena mempengaruhi para Pencari dan memicu semangat apokaliptik mereka.


6. God on TV (1998)

Kerusakan lingkungan yang semakin parah membuat alam yang asri hanya dapat dilihat di televisi
Ilustrasi Sindiran (Sumber: brightside.me)

Hon-Ming Chen adalah seorang profesor kelahiran Taiwan yang pindah ke AS pada tahun 1997. Meskipun mengaku ateis, Chen bergabung dengan berbagai kelompok agama hingga ia mendirikan kelompoknya sendiri.

Pasalnya, dia mengaku mendapat wahyu bahwa Tuhan sendiri akan muncul di TV. Pada tanggal 31 Maret, Yang Maha Kuasa akan membuat debut televisinya di Saluran 18.

Namun, jika Anda menonton TV pada tanggal tersebut, Anda mungkin memperhatikan kurangnya siaran surgawi. Kelompok Chen, yang disebut Chen Tao atau Jalan Sejati, terpecah tak lama kemudian.

Namun, Anda tidak bisa menyalahkan Chen karena tidak mengakui kesalahannya - dia mengakui bahwa dia telah salah menafsirkan tanda-tanda Tuhan dan menawarkan untuk disalib atau dilempari batu sampai mati karena kebodohannya. Untungnya, sepertinya tidak ada seorang pun yang tertarik untuk membagikan hukuman tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya