7 Faktor Risiko yang Sering Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi Pada Anak Muda

Peningkatan risiko tekanan darah tinggi dapat terjadi akibat pola makan yang kaya garam, lemak jenuh, dan gula.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 28 Agu 2024, 18:23 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 18:23 WIB
Ilustrasi sakit kepala
Ilustrasi sakit kepala akibat tekanan darah tinggi (Photo By Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, semakin banyak ditemui pada remaja dan anak muda, yang dulunya dianggap sebagai masalah kesehatan pada usia dewasa. Penyebabnya sering kali terkait dengan berbagai faktor risiko yang dapat mempengaruhi kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

Menyadari faktor-faktor ini sangat penting untuk mengatasi dan mencegah hipertensi sejak dini, yang dapat berdampak jangka panjang pada kesehatan tubuh. Beberapa faktor risiko utama yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada anak muda termasuk gaya hidup yang kurang sehat, seperti pola makan yang tinggi garam dan rendah serat, serta kurangnya aktivitas fisik.

Konsumsi makanan cepat saji dan minuman manis dapat memperburuk kondisi ini. Selain itu, stres berlebihan, baik dari tekanan akademik maupun sosial, juga dapat meningkatkan risiko hipertensi di kalangan remaja. Selain faktor gaya hidup, kondisi medis tertentu seperti obesitas dan gangguan hormonal juga berkontribusi pada peningkatan tekanan darah.

Genetika atau riwayat keluarga dengan hipertensi dapat menjadi faktor tambahan yang perlu diperhatikan. Dengan memahami dan mengidentifikasi faktor-faktor risiko ini, orang tua dan remaja dapat mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengelola tekanan darah dan menjaga kesehatan jangka panjang, berikut informasi yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pola Makan yang Kurang Baik

Makanan yang Mengandung Kolesterol
Darah tinggi disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. (Foto: Freepik/freepik)

Meningkatnya kasus hipertensi disebabkan oleh pola makan yang tinggi garam, lemak jenuh, dan gula. Banyak anak muda yang memilih makanan cepat saji, makanan olahan, dan minuman manis sebagai pilihan utama, padahal ini juga berkontribusi besar pada risiko tekanan darah tinggi.


2. Kekurangan Aktivitas Fisik

perempuan sedih rebahan
Ilustrasi ini terlihat malas dan bosan.

Banyak anak muda yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer atau ponsel, mengurangi waktu mereka untuk berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya. Situasi ini menyebabkan gaya hidup sedentari atau kurangnya aktivitas fisik, yang dapat menyebabkan penumpukan lemak tubuh dan peningkatan tekanan darah.


3. Kelebihan Berat Badan yang Berlebihan

Ilustrasi Sakit Mata (sumber: unsplash)
Sumber ilustrasi ini adalah unsplash dan menggambarkan tentang sakit mata.

Peningkatan tekanan darah sering kali disebabkan oleh obesitas, yang terjadi ketika seseorang memiliki kelebihan berat badan. Obesitas dapat menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah. Sayangnya, anak muda semakin rentan terhadap obesitas karena pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.


4. Situasi yang Menekan

Fimela - Stres
Gambar ilustrasi tentang stres yang diambil dari fimela.

Anak muda saat ini seringkali menghadapi tekanan akademis, sosial, dan keuangan yang signifikan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan sementara tekanan darah akibat stres emosional dan psikologis yang tinggi.


5. Kebiasaan Mengkonsumsi Alkohol dan Merokok

Mengabaikan Kesehatan Otot Kaki hingga Efek Duduk Terlalu Lama
Kredit untuk ilustrasi merokok diberikan kepada pexels.com/Lilartsy.

Merokok dan konsumsi alkohol memiliki dampak negatif terhadap tekanan darah. Rokok mengandung nikotin yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan peningkatan detak jantung. Di sisi lain, konsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan dapat merusak jantung dan pembuluh darah.


6. Obat-Obatan Tertentu

Ilustrasi Meminum Obat Tidur/ Pexels
Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels menggambarkan ilustrasi seseorang meminum obat tidur.

Sebelum memulai atau menghentikan penggunaan obat apa pun, anak muda harus berkonsultasi dengan dokter karena beberapa obat, seperti pil KB, obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID), dan dekongestan, dapat meningkatkan tekanan darah.


7. Kekurangan Waktu Tidur

20160303-Ilustrasi Insomnia-iStockphoto
Ilustrasi Insomnia atau Susah Tidur (iStockphoto)

Anak muda yang sering begadang atau mengalami gangguan tidur, berisiko lebih tinggi terkena hipertensi akibat tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya