Doa Menemukan Barang yang Hilang, Wujud Ikhtiar kepada Allah SWT

Dalam Islam, mencari barang yang hilang biasanya dilakukan dengan membaca doa.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 02 Sep 2024, 17:30 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 17:30 WIB
Doa Menemukan Barang yang Hilang, Wujud Ikhtiar kepada Allah SWT
Ilustrasi memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan barang berharga dapat menjadi pengalaman yang menyebabkan stres dan kecemasan bagi siapa pun. Dalam situasi seperti ini, banyak orang mencari ketenangan dan bantuan melalui doa, berharap agar barang yang hilang dapat ditemukan kembali.

Dalam Islam, mencari barang yang hilang biasanya dilakukan dengan membaca doa. Hal ini dilakukan agar barang yang hilang dapat cepat ketemu. Dengan berdoa, hati menjadi lebih tenang dan pikiran lebih fokus dalam upaya menemukan barang yang hilang. Selain itu, doa mencari barang hilang juga menunjukkan sikap tawakal dan sabar, dua sifat yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa menemukan barang hilang yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (2/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Doa Menemukan Barang yang Hilang

Doa Menemukan Barang yang Hilang, Wujud Ikhtiar kepada Allah SWT
Ilustrasi membaca doa. (dok.freepik.com)

Berikut ini terdapat bacaan doa menemukan barang agar cepat kembali, yakni:

اَللّٰهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ، اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Arab Latin: Allahumma ya jami'an nasi liyaumin la raiba fih baini wa baina dlallati fi khairin wa 'afiyah

Artinya: "Wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dari afiyah."

2. Doa Menemukan Barang yang Hilang Karena Ada Musibah

Ketika mengalami kehilangan barang dianjurkan bagi setiap muslim agar selalu menyadari bahwa apapun yang terjadi adalah kehendak Allah SWT. Terdapat sebuah doa yang berasal dari salah satu ayat dalam Al-Quran yang dapat diamalkan oleh seorang muslim sebagai cara memohon agar barang yang hilang bisa ditemukan.

Ayat yang dimaksudkan adalah Surat Al-Baqarah ayat 156. Adapun bacaan ayat tersebut adalah sebagai berikut:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Arab Latin: Allażīna iżā aṣābat-hum muṣībah, qālū innā lillāhi wa innā ilaihi rāji'ụn.

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan "Innā lillāhi wa innā ilaihi rāji'ūn" (sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami akan kembali)."

3. Doa Menemukan Barang yang Hilang Berharga

Doa mencari barang yang hilang ini juga merupakan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dipanjatkan saat Anda kehilangan sesuatu seperti Emas. Berikut doanya yang berbunyi:

اَللّٰهُمَّ يَارِبِّ الضَّآلَّةِ وَيَاهَادِيًا مِنَ الضَّلاَلَةِ رُدَّ ضَآ لَّتِىْ

Arab Latin: Allohumma ya robbadh dhoollati wa yaa haadiyah minadh dholaalati rudda dhoollatii

Artinya: "Ya Allah, Tuhan dari sesuatu yang hilang, ya Tuhan yang memberikan petunjuk dari kesesatan, kembalikanlah barangku yang hilang."


Hal-Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Kehilangan Barang

Doa Menemukan Barang yang Hilang, Wujud Ikhtiar kepada Allah SWT
Ilustrasi tasbih, muslimah berzikir, berdoa. (Image by rawpixel.com on Freepik)

Ada beberapa langkah atau cara yang bisa dilakukan umat Muslim ketika kehilangan barang, yakni:

1. Memperbanyak Doa dan Dzikir

Dalam ajaran Islam, salah satu bentuk ikhtiar yang sangat dianjurkan ketika menghadapi musibah termasuk kehilangan barang adalah dengan memperbanyak doa dan dzikir. Kehilangan barang dalam bentuk apapun, sejatinya adalah bagian dari qadha dan qadar Allah SWT. Sebagai hamba-Nya, kita dianjurkan untuk memohon pertolongan-Nya melalui doa, dengan harapan bahwa barang yang hilang masih ditakdirkan menjadi milik kita.

Ada beberapa doa di atas yang bisa kamu panjatkan. Selain berdoa, memperbanyak dzikir seperti membaca istighfar, tasbih, dan tahmid juga dapat membantu menenangkan hati dan menguatkan keyakinan bahwa Allah SWT selalu bersama hamba-Nya dalam setiap keadaan.

2. Melatih Keikhlasan dan Kesabaran

Selain berdoa, umat Muslim juga dianjurkan untuk melatih keikhlasan dan kesabaran dalam menghadapi kehilangan barang. Keputusan untuk ikhlas terhadap barang yang hilang merupakan bentuk latihan spiritual yang dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa seorang Muslim. Dengan bersikap ikhlas, kita belajar untuk menerima takdir Allah SWT dengan lapang dada, sambil tetap berusaha mencari solusi terbaik.

Kesabaran dalam konteks ini bukan berarti pasrah tanpa usaha, melainkan tetap berikhtiar sambil mengendalikan emosi negatif seperti marah, frustasi, atau menyalahkan orang lain. Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin menyebutkan bahwa kesabaran adalah salah satu maqam (tingkatan spiritual) yang harus dilalui seorang Muslim dalam perjalanan spiritualnya. Dengan melatih kesabaran saat menghadapi kehilangan, seorang Muslim dapat meningkatkan kualitas spiritualnya dan memperkuat hubungannya dengan Allah SWT.

3. Bersyukur dalam Segala Keadaan

Dalam menghadapi kehilangan barang, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi, yakni barang tersebut ditemukan kembali atau tetap hilang. Jika barang yang dicari berhasil ditemukan, sudah sepatutnya seorang Muslim mengucapkan syukur kepada Allah SWT. Rasa syukur ini bukan hanya diungkapkan melalui lisan, tetapi juga melalui perbuatan, misalnya dengan bersedekah sebagai bentuk terima kasih atas pertolongan Allah SWT.

Namun, yang tidak kalah penting adalah bersyukur bahkan ketika barang tersebut tidak ditemukan. Dalam situasi ini, seorang Muslim diajak untuk melihat hikmah di balik kehilangan tersebut. Mungkin Allah SWT hendak mengajarkan kita untuk tidak terlalu terikat pada hal-hal duniawi, atau mungkin ada kebaikan lain yang belum kita ketahui. Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 216, yang berbunyi:

"...Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."

Dengan menerapkan ketiga langkah ini mulai dari memperbanyak doa dan dzikir, melatih keikhlasan dan kesabaran, serta bersyukur dalam segala keadaan, maka seorang Muslim tidak hanya berusaha untuk menemukan barang yang hilang, tetapi juga meningkatkan kualitas spiritualnya. Kehilangan barang, meskipun mungkin menyusahkan, dapat menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat iman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya