12 Buah Lezat dan Sehat yang Efektif untuk Menurunkan Kolesterol

Beberapa jenis buah memiliki peran dalam menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi dalam tubuh.

oleh Miranti diperbarui 09 Okt 2024, 09:36 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 09:36 WIB
Makan beragam buah dan sayuran
Makan beragam buah dan sayur untuk menghindari kolesterol yang tinggi. (Foto: Freepik/Kamran Aydinov)

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda kurang menyukai buah-buahan, saat ini adalah waktu yang ideal untuk mulai menambahkannya ke dalam menu harian Anda. Menurut informasi dari heart.org, beberapa jenis buah memiliki peran dalam menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi dalam tubuh.

Berikut ini adalah daftar buah-buahan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan asam urat. Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi buah hanyalah salah satu dari banyak langkah yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini.

Perubahan gaya hidup secara menyeluruh, termasuk mengadopsi pola makan yang seimbang dan rutin berolahraga, juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Daftar berikut menyajikan berbagai jenis buah yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber pada hari Rabu (9/10/2024):


1. Jeruk

jeruk
Ilustrasi buah jeruk yang memiliki banyak manfaat | copyright pexels.com/Pixabay

Jeruk merupakan buah yang sangat ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dan asam urat. Serat pektin yang ada di dalamnya berperan dalam mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol buruk. Selain itu, jeruk juga kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, kulit, dan tubuh secara keseluruhan.

2. Apel

Apel juga mengandung pektin dan serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat dalam apel juga berperan dalam menjaga kadar gula darah dan mengatur asam urat. Apel sering dianggap sebagai salah satu buah terbaik untuk mendukung program diet sehat karena manfaatnya yang sangat baik. 

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat jenis monounsaturated fat yang efektif mengurangi kolesterol LDL. Buah ini juga mengandung serat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Alpukat tinggi akan asam folat, sehingga sangat direkomendasikan untuk ibu hamil, balita, dan anak-anak untuk mendukung perkembangan otak yang optimal.


4. Pisang

pisang
ilustrasi pisang/Image by Gabriela Sanda from Pixabay

Pisang adalah sumber kalium yang baik dan bermanfaat untuk mengatur tekanan darah. Kandungan serat yang tinggi pada pisang juga membantu mengatur kadar kolesterol. Mengonsumsi pisang secara teratur dapat membantu menstabilkan asam urat dan mendukung kesehatan sistem pencernaan. 

5. Stroberi

Stroberi mengandung senyawa antioksidan bernama anthocyanin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam urat. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa stroberi merupakan buah yang sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol, suatu komponen yang membantu meningkatkan tingkat kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mempertahankan kesehatan jantung. Buah ini mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh serta memiliki kandungan gula alami yang sehat sebagai sumber energi yang baik.


7. Kiwi

Ilustrasi Kiwi
Ilustrasi Kiwi (dok. Unsplash.com/Dan Bucko)

Kiwi merupakan sumber vitamin C yang baik dan mengandung serat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol serta mendukung kesehatan pencernaan. Kiwi dianggap sebagai salah satu makanan super yang memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang lengkap dan penting bagi tubuh. 

8. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan, termasuk anthocyanin yang dapat mengurangi peradangan dan gejala asam urat. Mengonsumsi blueberry secara teratur diyakini dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol yang tinggi.

9. Delima

Delima mengandung polifenol kuat yang dikenal sebagai punicalagin, yang terbukti membantu menurunkan tingkat kolesterol dan tekanan darah. Buah delima dapat dinikmati langsung atau diolah menjadi jus buah.

 


10. Pir

Ilustrasi buah pir
Ilustrasi buah pir. Photo by Freepik

Pir mengandung serat larut dalam air yang membantu mengatur tingkat kolesterol dan menjaga kesehatan pencernaan tetap optimal. Pir juga termasuk buah yang cocok dikonsumsi secara rutin untuk mendukung kesehatan. 

11. Mangga

Mangga mengandung serat dan vitamin yang dapat membantu mengatur kadar kolesterol. Selain itu, mangga juga kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi jantung dari kerusakan oksidatif.

12. Pepaya

Pepaya mengandung serat dan enzim yang baik untuk pencernaan, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan vitamin dan mineral dalam pepaya juga mendukung kesehatan jantung. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya