Teknik Memotong Daging Ayam, Tips Agar Daging Sate Lebih Banyak

Berjualan sate ayam makin menguntungkan dengan menambah potongan daging. Berikut caranya.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 23 Okt 2024, 18:37 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 18:37 WIB
Sate ayam
Sate ayam bumbu kacang. (Foto: .photobucket.com)

Liputan6.com, Jakarta Memotong daging ayam untuk sate memerlukan teknik yang tepat agar hasil akhirnya tidak hanya menarik secara visual tetapi juga efisien dalam penggunaan bahan. Memahami cara memotong daging ayam dengan benar dapat membantu Anda mendapatkan potongan yang lebih besar dan lebih banyak dari setiap bagian ayam.

Teknik ini tidak hanya penting untuk presentasi, tetapi juga mempengaruhi tekstur dan rasa sate ketika dimasak. Dengan potongan yang tepat, bumbu dapat meresap lebih merata, dan daging akan matang dengan sempurna. Selain teknik memotong, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk memastikan setiap tusuk sate memiliki daging yang lebih banyak tanpa harus mengorbankan rasa atau kualitas.

Memilih bagian ayam yang tepat, seperti paha yang lebih berlemak, dapat memberikan hasil yang lebih juicy dan lezat. Menggunakan teknik marinasi yang baik juga dapat membantu melembutkan daging, membuatnya lebih mudah ditusuk dan disusun pada tusukan sate. Dengan perencanaan yang tepat dan teknik yang efisien, Anda dapat menikmati sate ayam yang lebih lezat dan memuaskan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(23/10/2024).

1. Kupas Kulit dari Daging

Cocok Buat Dijual, Begini Cara Potong Daging Ayam Biar Banyak untuk Dijadikan Sate
Cara memotong daging ayam agar banyak untuk sate, cocok untuk dijual. (YouTube/Sate Madura Official)

Langkah pertama, lepaskan bagian kulit dari daging ayam. Kulit ini nantinya akan diposisikan di bagian bawah tusuk sate, sementara potongan daging yang lebih tebal akan diletakkan di bagian atas.

2. Potong Tipis Lemak Ayam

Cocok Buat Dijual, Begini Cara Potong Daging Ayam Biar Banyak untuk Dijadikan Sate
Cara memotong daging ayam agar lebih banyak dan cocok dijual sebagai sate. (YouTube/Sate Madura Official)

Selanjutnya, ketika dihidangkan dengan kulit, lemak atau gajih ayam ditempatkan di bagian atas. Potongan lemak ayam dipotong secara miring dan perlahan, lalu ditekan menggunakan tiga jari agar potongannya tetap rapi.

Sangat penting memastikan pisau yang digunakan memiliki ketajaman yang memadai karena proses ini memerlukan ketelitian yang tinggi.

3. Kupas Kulit Melawan Arah Serat

Cocok Buat Dijual, Begini Cara Potong Daging Ayam Biar Banyak untuk Dijadikan Sate
Cara Memotong Daging Ayam Agar Banyak untuk Dijadikan Sate, Cocok untuk Dijual (YouTube/Sate Madura Official)

Jika diamati dengan teliti, kulit ayam memiliki serat-serat halus. Irislah kulit ayam dengan sedikit goresan melawan arah serat tersebut. Kemudian, rebus kulit ayam ini sebelum menusukkannya ke tusuk sate.

4. Tusukkan Daging ke Dalam Sate

Cocok Buat Dijual, Begini Cara Potong Daging Ayam Biar Banyak untuk Dijadikan Sate
Cara Memotong Daging Ayam Agar Lebih Banyak untuk Sate: Tips dari Sate Madura Official (YouTube)

Mulailah dengan mengambil kulit, lalu tusukkan pada tusuk sate hingga mencapai bagian tengah. Selanjutnya, tambahkan lemak di tengah, dan akhiri dengan menempatkan daging ayam di bagian paling atas.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya