[Sponsored Content] Sosialisasi Pemilu ala KPU Masuk Rekor Muri

Jalan sehat untuk Pemilu berintegritas yang diselenggarakan KPU mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri).

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 12 Mar 2014, 00:01 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2014, 00:01 WIB
Sosialisasi Pemilu ala KPU Masuk Rekor MURI
KPU

Liputan6.com, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum (KPU) gencar sekali melakukan sosialisasi pemilu legislatif tanggal 9 April di seluruh provinsi Indonesia untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih.

Bahkan sosialisasi pemilu dengan tema "Jalan Sehat Untuk Pemilu Berintegritas" mendapat penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) sebagai "Jalan Sehat secara Serentak di Tempat Terbanyak" karena diselenggarakan di provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Ketua Umum KPU Husni Kamil Manik mengatakan, partisipasi masyarakat harus mendapatkan apresiasi lebih agar antusias masyarakat tinggi pada hari pemilihan nanti. "Ini harus diapresiasi. Masyarakat sangat antusias mengikuti jalan sehat ini. Mereka juga antusias untuk datang ke TPS dan mencoblos calonnya," ujar Husni.

Kegiatan jalan sehat bersama ini memang terbukti dapat menyedot minat masyarakat. Husni menargetkan, jutaan orang terlibat dalam acara jalan sehat sejalan dengan harapan meningkatnya partisipasi masyarakat.

"Jalan sehat ini diikuti oleh hampir satu juta peserta di seluruh Indonesia. Dengan jalan sehat ini, KPU berupaya mengingatkan masyarakat dan kita semua bahwa hari pencoblosan tinggal satu bulan lagi. Semoga ini berbanding lurus dengan peningkatan partisipasi masyarakat," ujar Husni seperti yang tercantum dalam website resmi KPU.

Dengan jalan sehat, lanjut Husni, masyarakat disuguhi hiburan dengan tematik kepemiluan. Sejumlah games atau permainan terkait pemilu yang menarik juga disuguhkan KPU sehingga masyarakat tertarik berpartisipasi.

"Masyarakat memperolah hiburan dan edukasi kepemiluan, seperti puzzle SiKora, Gebuk Bantal Demokrasi, Ular Tangga Pemilu. Semuanya disediakan gratis, tanpa dipungut bayaran sepeser pun. Bahkan panitia telah menyediakan atribut untuk jalan sehat serta doorprize dan grandprize yang akan diundi," jelas Husni.

Salah satu kegiatan lain yang hampir mirip dengan simulasi dalam pemilu adalah "Kuliner Pemilu". Di mana peserta jalan sehat harus mencelupkan jarinya untuk mendapatkan aneka jajanan.

"Khusus untuk makanan dan minuman, seluruh peserta jalan sehat yang memiliki kupon dan telah mencelupkan jarinya ke tinta, dapat menukarkan kupon itu dengan aneka jajanan rakyat di lokasi stand yang kami beri nama 'Kuliner Pemilu',” pungkas Husni.

Untuk penyelenggaraan jalan sehat di Jakarta, jumlah peserta hampir menyentuh angka dua puluh ribu di tiap-tiap provinsi rata-rata lima ribu, dan di kabupaten/kota sekitar 1500 peserta. Sehingga jika ditotal, keseluruhan peserta hampir mencapai jumlah satu juta orang di 33 provinsi dan 497 kabupaten/kota.

Untuk informasi terbaru dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) selengkapnya baca website KPU http://www.kpu.go.id/ (KPU/Adv/Gil)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya