Meski Tengah Malam, Jokowi Siap Bertemu Pimpinan Parpol

Untuk menjalin koalisi dalam pilpres, Jokowi menegaskan siap bertemu dengan pimpinan parpol lainnya sekalipun tengah malam.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 09 Apr 2014, 22:48 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2014, 22:48 WIB
[FOTO] Jokowi Jalan Kaki ke TPS
Jokowi dan istrinya menunjukkan jari yang telah dicelupkan ke tinta pemilu di TPS 27 Menteng, Jakarta Pusat (9/4/2014) (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo menegaskan, setelah pelaksanaan pemilu legislatif pihaknya akan langsung memikirkan langkah selanjutnya menghadapi pilpres. Untuk itu, dia mengaku mulai membuka pintu untuk partai lain membicarakan kemungkinan koalisi.

Jokowi mengatakan, selama ini sebenarnya dia telah menemui para petinggi partai lainnya. Ia menyebut nama-nama elite parpol seperti Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh sebagai tokoh yang sudah bertemu dengan dirinya.

"Sudah-sudah, dengan Pak Aburizal sudah, dengan Pak Hatta sudah, dengan Pak Surya sudah, hampir semua sudah," kata Jokowi.

Lalu, apakah Jokowi juga sudah bertemu dengan capres dari Partai Gerindra Prabowo Subiato yang diprediksi akan menjadi pesaingnya dalam pPilpres nanti?  

"Dengan Pak Prabowo sudah, tapi sudah lama," ucap Jokowi sambil tersenyum.

Ia mengungkapkan pertemuannya dengan Prabowo terakhir kali dilakukan sekitar 2 bulan lalu. Jauh sebelum dirinya mendeklarasikan diri sebagai capres. "Pertemuannya sudah lama. Waktu itu ketemu Beliau bareng Pak Ahok," kata dia.

Mantan Walikota Solo ini pun mengatakan setelah pencoblosan tadi pagi dirinya belum menemui politisi dari partai lain. Namun demikian, dia tetap terbuka untuk partai manapun untuk melakukan penjajakan politik, khususnya untuk berkoalisi.

"Setelah ini rapat dengan Ibu Ketua Umum, nanti baru dibahas. Kalau pertemuan-pertemuan (dengan partai lain) biasanya dilakukan tengah malam. Ndak tahu kalau tengah malam nanti," kata Jokowi.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya