Gita Wirjawan Jadi Cawapres Paling Unggul Versi IndoStrategi

Lembaga riset IndoStrategi menilai Gita Wirjawan memiliki keunggulan komplementatif sebagai calon wakil presiden 2014.

oleh Taufiqurrohman diperbarui 07 Mei 2014, 16:44 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2014, 16:44 WIB
11 Capres Unjuk Gigi di Hari Terakhir Debat Konvensi
Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berpandangan pertumbuhan ekonomi dapat terjadi bila APBN Indonesia meningkat.(27/4/14) (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga riset IndoStrategi menilai Gita Wirjawan memiliki keunggulan komplementatif sebagai calon wakil presiden 2014. Hal itu mengacu kepada tantangan bangsa 5 tahun ke depan.

"Gita Wirjawan merupakan seseorang profesional yang memiliki keunggulan komplementatif terbaik (sebagai cawapres). Dia memiliki kompetensi di bidang ekonomi, hubungan internasional, menguasai ilmu ekonomi makro dan mikro serta berpengalaman di birokrasi," kata Direktur Eksekutif IndoStrategi Andar Nubowo dalam diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (7/5/2014).

Sosok Gita, nilainya, memiliki aspek personal menonjol yang dapat menyelesaikan masalah dan tantangan bangsa, baik dari dalam maupun luar negeri. Di tingkatan nasional, Indonesia masih memiliki persoalan klasik seperti korupsi, lemahnya penegakan hukum, kemiskinan, biaya pendidikan dan kesehatan mahal, hingga konflik horizontal.

"Sedangkan di tingkat global, Indonesia diperkirakan lebih banyak menghadapi percaturan bidang ekonomi antar-negara, terlebih dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015," ujarnya.

Menurutny, masyarakat masih bisa tetap optimistis pemimpin bangsa ke depan mampu menyelesaikan persoalan dan tantangan tersebut. "Tetapi capres dan cawapres hendaknya tidak hanya sibuk memikirkan koalisi melainkan bisa memikirkan bagaimana meningkatkan daya saing dalam negeri," imbuh Andar.

Selain Gita Wirjawan, sejumlah nama yang berpeluang kompeten menjadi cawapres antara lain Hary Tanoesoedibjo, Hajriyanto Y Thohari, dan Mahfud MD.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya