Irman Gusman: Tak Ada Kejutan Dahlan Pemenang Konvensi Demokrat

Namun Irman mengatakan, meski menjadi pemenang konvensi, Dahlan belum tentu diusung untuk menjadi capres atau cawapres.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 16 Mei 2014, 11:37 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2014, 11:37 WIB
Tak Jadi Capres, Dahlan Iskan Pasrah
Dahlan Iskan sudah mengetahui bahwa dia tidak akan jadi capres Partai Demokrat. Ia mengaku pasrah. , Jakarta Selatan, Rabu (14/5/2014) (Liputan6.com/Andrian M Tunay

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan dipastikan menjadi pemenang Konvensi Capres Partai Demokrat. Kemenangan Dahlan ini dinilai tak aneh lagi oleh rivalnya, sesama peserta konvensi capres.

"Tidak ada kejutan karena berbagai survei Pak Dahlan tertinggi," kata salah satu peserta konvensi capres Partai Demokrat Irman Gusman kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (16/5/2014).

Namun Irman mengatakan, meski menjadi pemenang konvensi, Dahlan belum tentu diusung untuk menjadi capres atau cawapres. Mengingat perolehan suara Partai Demokrat yang tak memungkinkan untuk mengusung capres sendiri.

"Tapi karena ada teman koalisi, ya tergantung teman koalisi juga, akan ada pembicaraan-pembicaraan," ujarnya.

Pembicaraan yang dimaksud Irman adalah pembicaraan dengan teman koalisi sesama parpol. Bisa saja teman koalisi tak mengambil pemenang konvensi sebagai capres atau cawapresnya. "Karena nggak bisa usung sendiri, tentu harus bangun koalisi dan perlu negosiasi," ujarnya.

"Perlu pembicaraan-pembicaraan lagi ke depan, belum final (hasil konvensi). Teman koalisi mungkin diberi kewenangan memilih."

Meski Dahlan yang menang karena hasil survei menunjukkan elektabilitasnya berada di atas peserta konvensi lain, Irman menilai, ada faktor lain yang dibutuhkan untuk memimpin Indonesia ke depan. Dan dia yakin, dirinya memiliki potensi untuk memimpin itu. Ini membuatnya masih berpeluang dilirik sebagai cawapres oleh teman koalisi.

"Kalau barangkali mereka melihat potensi yang saya miliki, saya juga dipercaya di Sumbar suara saya naik. Hampir 114 DPD RI dukung saya, jaringan saya potensi bisa beri daya dukung seandainya saya dipilih. Tapi kita kembalikan ke Majelis tinggi, mungkin ada perhitungan lain," pungkas Irman.

Kemenangan Dahlan pada ajang ini diungkapkan Komite Konvensi Capres Partai Demokrat Suaidi Marasabessy. Meski keluar sebagai juara, tidak otomatis Dahlan Iskan dicalonkan Partai Demokrat sebagai presiden pada Pilpres 2014.

"Apakah menjadi capres atau tidak, kita lihat saja nanti," kata Suaidi. (Sss)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya