Trik Maksimalkan Kartu Kredit Saat Puasa dan Lebaran

Berikut kunci untuk memaksimalkan berbagai keuntungan yang dimiliki kartu kredit.

oleh Agustina Melani diperbarui 18 Jun 2016, 09:01 WIB
Diterbitkan 18 Jun 2016, 09:01 WIB
20160120-Pengguna-Kartu-Kredit-Jakarta-AY
Petugas menunjukkan desain terbaru kartu kredit Bank Mandiri sebelum dilakukan pencetakan di Jakarta, Rabu (20/1). Bank Indonesia memperkirakan pengguna kartu kredit di Indonesia pada tahun 2016 mencapai 16 juta pengguna. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Momen-momen tertentu, seperti Ramadan dan bahkan Lebaran, sering dipergunakan oleh penerbit kartu kredit dan tempat perbelanjaan untuk menawarkan keuntungan besar-besaran.

Bahkan, jika bisa memaksimalkan keuntungan yang ada, Anda pun bisa saja lebih berhemat untuk penuhi kebutuhan Lebaran.

Namun, apakah kita bisa menyiasati tawaran belanja itu tanpa kebablasan dan bisa menikmati keuntungannya? Kuncinya ternyata dengan memaksimalkan berbagai keuntungan yang dimiliki kartu kredit. Apa saja, berikut seperti dikutip dari laman www.cekaja.com, Sabtu (18/6/2016).

1. Maksimalkan cashback

Keuntungan ini dimiliki kartu kredit dengan memberikan potongan atau pengembalian dana sebesar nilai tertentu setelah pengguna kartu kredit melakukan sejumlah transaksi.

Biasanya pengembalian atau potongan ini akan dilakukan langsung dengan mengurangi nilai transaksi atau bisa juga berupa pengurangan kategori kredit dalam tagihan pada bulan berikutnya.
Seperti cashback sebesar 1,5 persen dari jumlah total pembelanjaan atau cashback berupa uang tunai untuk pembelanjaan jumlah tertentu.

2. Manfaatkan Point Reward

Beberapa kartu kredit memberikan fitur pengumpulan poin untuk sejumlah transaksi yang dilakukan berdasarkan kebijakan bank penerbit. Kemudian poin yang dikumpulkan kemudian dapat ditukarkan dengan hadiah lain (redeem point).

Hadiah itu umumnya berupa potongan langsung pada transaksi belanja barang tertentu, atau bisa juga dalam bentuk lain.

Di sinilah Anda bisa menggunakan poin-poin yang mungkin sudah dikumpulkan sebelumnya untuk ditukarkan dengan pembelanjaan tertentu yang sedang masuk dalam promosi. Catatannya, pastikan kembali pada kasir pembayaran apakah ada poin yang bisa digunakan dalam pembayaran barang belanjaan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Gunakan Potongan Harga

3. Gunakan potongan harga

Manfaat ini paling banyak ditawarkan karena menjadi fitur standar kartu kredit. Tawaran potongan harga paling sering diberikan untuk transaksi belanja.

Tidak sedikit merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit yang menawarkan variasi potongan harga. Karena itu saat yang tepat untuk memanfaatkan diskon barang-barang yang Anda inginkan.

4. Hemat dengan cicilan 0 persen

Program cicilan 0 persen sering membuat banyak orang tertarik. Namun perlu diperhatikan, meski cicilan yang ditawarkan 0 persen, Anda harus hitung berapa jumlah yang harus Anda bayarkan setiap bulannya.

Di luar empat keuntungan yang bisa Anda manfaatkan di atas, demi menghemat kebutuhan Lebaran, kartu kredit tertentu juga menawarkan fitur bonus berupa poin mileage atau frequent flyer. Keuntungan poinnya bisa ditukarkan dengan tiket gratis atau layanan fasilitas saat menggunakan maskapai penerbangan tertentu.

Ada pula bonus airport lounge gratis. Keuntungan tersebut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang akan mudik lebaran menggunakan pesawat terbang. Bisa jadi transaksi belanja Anda semakin memperbanyak poin yang nantinya bisa ditukarkan untuk kenyamanan mudik. (Ahm/Nrm)


Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya