5 Buah yang Harus Sering Dimakan Selama Bulan Ramadan

Ada beberapa buah yang cocok dikonsumsi sepanjang bulan Ramadan agar tubuh Anda tetap fit.

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 22 Mei 2018, 09:00 WIB
Diterbitkan 22 Mei 2018, 09:00 WIB
Ilustrasi timun (iStock)
Buah yang harus sering dikonsumsi selama bulan Ramadan. (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan tidak lengkap tanpa makan buah-buahan. Buah-buahan disarankan untuk dimakan setiap hari, baik saat berbuka puasa dan sahur. Semua jenis buah memang sangat bagus dimakan selama bulan Ramadan, tapi ada beberapa buah yang layak mendapat pengakuan khusus.

Seperti dilansir Business Insider, Selasa (22/5/2018), buah-buahan yang harus dikonsumsi punya manfaat kesehatan yang baik. Tubuh Anda akan tetap fit setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Timun

Timun adalah salah satu buah dengan hidrasi terbaik. Timun juga terdiri atas air dan serat yang membantu pencernaan. Buah ini juga bebas kolesterol dan lemak jenuh.

Setiap gigitan memberi nutrisi dengan vitamin K, B6 dan zat besi. Mentimun dapat disajikan dalam bentuk irisan saat berbuka puasa atau dicampurkan pada salad.

Bagi pencinta smoothie, Anda dapat membuat campuran yogurt dengan timun yang sudah diparut dengan bawang putih, mint, garam, dan beberapa tetes cuka juga minyak zaitun. Buah berwarna hijau ini pun jadi lebih menyenangkan dimakan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pisang

Buah Pisang
Pisang cocok buat dikonsumsi saat puasa. (iStockphoto)

Pisang kaya potasium dan mengandung kadar protein serta serat makanan yang baik. Potassium berperan mempertahankan kadar cairan dalam tubuh serta mengatur pergerakan nutrisi, produk limbah yang masuk dan keluar dari sel.

Pisang juga sumber energi yang baik. Buah ini juga membantu mengurangi stres, memperbaiki mood, menyembuhkan bisul, dan mulas.

Semangka

Semangka kaya dengan serat dan banyak kandungan air. Buah ini mampu menjadi pelepas dahaga yang baik saat berbuka puasa. Semangka dapat disajikan dalam irisan atau dibuat menjadi smoothie yang segar.


Kurma

Ilustrasi Kurma
Tak lupa makan kurma selama bulan Ramadan. (iStockphoto)​

Kurma kaya vitamin, mineral, energi, gula, dan serat yang baik. Meskipun ukurannya kecil, kurma dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan sebagai perlindungan diri terhadap penyakit jantung.

Pepaya

Mengonsumsi pepaya selama Ramadan baik untuk kesehatan. Pepaya kaya serat, rendah kalori, punya kadar gula lebih sedikit, memperbaiki pencernaan, dan bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit.

Cara paling baik menyajikan pepaya adalah memotong ukuran kecil, lalu simpan di kulkas. Pepaya juga bentuk camilan sehat dan lezat saat berbuka puasa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya