Mengintip Keindahan Masjid Bersejarah di Palembang Sambil Ngabuburit

Masjid ini memiliki sejarah panjang karena sempat dibakar saat masa perang melawan Belanda.

oleh Raden Trimutia Hatta diperbarui 28 Mei 2018, 23:20 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2018, 23:20 WIB

Fokus, Palembang - Saat ngabuburit di Palembang, Sumatera Selatan, Anda bisa mengunjungi Masjid Agung Palembang, yang merupakan salah satu masjid tertua di Nusantara. Masjid ini dibangun kembali tahun 1738 oleh Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (28/05/2018), Masjid Agung Palembang yang kerap disebut Masjid Sulton ini mengalami renovasi besar besaran pada 1999.

"Masjid ini usianya sudah hampir 3 abad atau 300 tahun. Tentunya masjid ini yang terindah pada zamannya. Bahkan diaukui oleh bangsa asing. Katanya Masjid Agung Palembang ini merupakan masjid yang paling dan tercantik di Hindia Belanda," ujar Ketua Pengurus Yayasan Masjid Agung Palembang, Kemas H Andi Syarifuddin.

Sementara itu, masjid ini memiliki tiga unsur budaya seperti pintu utama masjid, menunjukan budaya Eropa. Bagian atap masjid menunjukan budaya Tiongkok, yang mirip seperti Klenteng. Kemudian menara lama berbentuk seperti tumpeng dibagian atasnya yang erat kaitannya dengan budaya Nusantara.

Selama Bulan Ramadan seperti ini, Masjid Agung Palembang tak pernah sepi pengunjung. Selain menjadi masjid bersejarah, Masjid Agung Palembang juga menjadi ikon Kota Mpek-Mpek ini.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya