Jelang Idul Adha, Pasar Hewan di Sigi Dipadati Warga

Lokasi pasar hewan di Desa Biromaru, Kabupaten Sigi ini sejak pagi hari sudah dipadati warga yang datang dari berbagai wilayah jelang Idul Adha.

oleh Liputan6.comDevira Prastiwi diperbarui 21 Agu 2018, 17:15 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2018, 17:15 WIB
Pasar Ternak di Mesir Jelang Idul Adha
Aktivitas pedagang ternak dan pembeli menjelang Idul Adha di pasar Ashmun, Mesir, Rabu (15/8). Dalam Perayaan Idul Adha, umat islam di seluruh dunia akan menyembelih hewan ternak seperti kambing, domba, onta, sapi dan kerbau. (AFP/Mohamed el-Shahed)

Liputan6.com, Jakarta - Pasar hewan sehari jelang hari raya Idul Adha di Kabupaten Sigi, daerah yang berbatasan langsung dengan Palu, Provinsi Sulawesi Tengah terlihat sangat ramai dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Dikutip dari Antara, Selasa (21/8/2018), lokasi pasar hewan di Desa Biromaru, Kabupaten Sigi ini sejak pagi hari sudah dipadati warga yang datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Sigi maupun Kota Palu untuk membeli ternak kurban sapi dan kambing. Terlihat pula beberapa warga tawar-menawar dengan para pedagang ternak kurban.

Darmawan, seorang warga Kota Palu mengatakan, setiap hari raya Idul Adha selalu datang ke pasar hewan Biromaru untuk membeli ternak sapi dan kambing yang akan disumbangkan kepada warga miskin melalui pihak masjid.

"Alhamdulillah, sudah tiga tahun terakhir ini setiap menjelang hari raya Idul Adha, bisa menyumbang beberapa ekor ternak kambing dan seekor sapi kepada warga yang kurang mampu," ujar Darmawan.

Ia mengaku, harga ternak sapi menjelang hari raya kali ini rata-rata pengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya. Seperti sapi potong yang seblumnya dijual pedagang Rp 10 juta per ekor, kini naik menjadi Rp 12 juta per ekor. Begitu pula dengan ternak kambing yang sebelumnya Rp 2 juta per ekor, kini naik menjadi Rp3 juta/ekor.

Hal senada juga disampaikan Rifai. Ia mengatakan baru pertama kali datang ke pasar hewan Biromaru untuk membeli ternak kambing.

"Saya dengan dari teman, harga kambing di pasar hewan Biromaru lebih murah dibandingkan di Kota Palu," kata Rifai.

Karena itu, Rifai memilih untuk membeli ternak kambing untuk hewan kurban pada hari raya Idul Adha 2018 ini.

Rencananya, kata dia, hewan kurban yang dibelinya akan disumbangkan ke salah satu pengurus masjid yang ada di Kabupaten Sigi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banyak Bermunculan

[Bintang] Idul Adha 2018: Belajar dari Kisah Tukang Becak yang Berkurban Sapi
Renungan Idul Adha 2018, inilah kisah seorang tukang becak yang bisa berkurban sapi. (Foto: yusufmansur.com)

Selain pasar hewan, di sisi kiri dan kanan mulai dari Jalan Karajalembah sampai di Desa Lolu, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi terlihat banyak pedagang daging bermunculan menjelang hari raya Idul Adha.

Harga daging sapi segar dijual para pedagang di pinggiran jalan tersebut berkisar Rp 110.000 per kilogram, sama dengan harga daging sapi yang dijual pedagang di sejumlah pasar tradisional di Kota Palu. Warga pun banyak yang membeli daging dijual pedagang di jalan-jalan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya