Amalan dan Zikir yang Bisa Dilakukan Wanita Haid agar Tetap Penuh Pahalanya

Saat seorang wanita sedang haid atau menstruasi, segala kebaikan memuji Allah dan Rasulullah tetap bisa dilakukan. Bahkan ada anjuran untuk terus berdzikir dan membaca beberapa ayat Al-qur'an.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 07 Mei 2020, 09:40 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2020, 09:40 WIB
Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Liputan6.com, Jakarta Saat seorang wanita sedang haid atau menstruasi, segala kebaikan memuji Allah dan Rasulullah tetap bisa dilakukan. Bahkan ada anjuran untuk terus berdzikir dan membaca beberapa ayat Al-qur'an.

Lantas apa saja amalan yang bisa dilakukan saat haid? Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah, Buya Yahya menyampaikan semua dzikir bisa dilakukan. Yang tidak boleh dilakukan wanita haid hanya beberapa hal.

"Bagi wanita yang sedang haid boleh melakukan semua segala kebaikan, kecuali tidak boleh salat, tidak boleh puasa, membaca al-qur'an, kecuali untuk hafalan dan mengulang hafalan, membaca Al-qur'an. Tidak boleh diam di dalam masjid, tidak boleh tawaf, tidak boleh berhubungan suami, tidak boleh membawa alquran dan menyentuhnya," katanya, seperti dimuat dalam video YouTube Al Bahjah.

 


Tetap ibadah pada waktunya

Liputan 6 default 2
Ilustraasi foto Liputan6

Buya Yahya pun mengatakan, semua dzikir bebas dibaca. "Boleh apa saja, biarpun diambil dari Al-Qur'an atau dzikir dari guru Anda, baca terus."

Bahkan, kata Buya, wanita haid sebaiknya tetap menjaga ibadah tetap pada waktunya. Misalnya tetap dianjurkan untuk bangun malam untuk menyambut seruan memohon ampun. dari Allah SWT.

"Anda tetap dianjurkan bangun malam sebagai wanita solehah. Waktu jam tahajud, yang lain salat, Anda berdzikir," ujarnya.

Itulah, kata Buya, ibadah yang akan mendapat pahala serupa ketika Anda sedang dalam keadaan suci.

"Bahkan ketika haid, Anda bisa mendapat pahala utuh. Anda boleh membaca selawat, Asmaul Husna. Bahkan saat hendak tidur, baca surah An-Nas dan ayat kursi untuk menjaga diri Anda saat tidur," katanya.

Buya menambahkan, selama tetap berdzikir, seorang wanita tetap bisa mengobati kerinduan terhadap Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya