10 Cara Mengobati Gusi Bengkak saat Puasa, Cepat Redakan Nyerinya

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa ini mudah dan aman dilakukan, tanpa membatalkan ibadah puasa yang sedang dijalankan.

oleh Laudia Tysara diperbarui 28 Apr 2021, 17:15 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2021, 17:15 WIB
Gigi Berlubang
Ilustrasi gusi bengkak. Credit: unsplash.com/EnginA

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati gusi bengkak saat puasa bisa dilakukan tanpa membatalkannya. Di mulai dari menjaga kebersihan mulut dengan rajin menyikat gigi, memakai benang, dan scaling atau pembersihan karang. Selain itu, bisa pula memanfaatkan bahan-bahan alami seperti tanaman herbal dan rempah-rempah.

Praktik cara mengobati gusi bengkak saat puasa dengan bahan alami, diterapkan dengan membuatnya menjadi obat kumur sampai pasta gigi. Cara mengobati gusi bengkak saat puasa ini tidak akan membatalkan asal tidak sengaja ditelan. Bahan-bahan tersebut dapat dimanfaatkan karena memiliki sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Agar bisa lebih mengupayakan cara mengobati gusi bengkak saat puasa, pahami tanda gusi bengkak. Biasanya gusi bengkak akan ditandai dengan rasa nyeri di gigi, gusi memerah, bengkak, dan berdarah saat menggosok gigi atau disentuh. Bila terus dibiarkan, ibadah puasa akan terganggu dan risiko kerusakan jaringan serta tulang penopang gigi bisa terjadi.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengobati gusi bengkak saat puasa dari berbagai sumber, Senin (19/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Mengobati Gusi Bengkak saat Puasa

Ilustrasi Menyikat Gigi/ Unsplash
Ilustrasi Menyikat Gigi. (Photo by Diana Polekhina on Unsplash)

Bersihkan Mulut

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah menjaga kebersihan mulut tanpa bikin batal. Sikat gigi minimal sebanyak 2 kali sehari. Lakukan selama 2 menit agar efektif membersihkan plak yang dapat memperparah gusi bengkak.

Bersihkan sela gigi dengan benang gigi atau sikat interdental sebagai cara mengobati gusi bengkak saat puasa. Tindakan ini bertujuan untuk membersihkan celah atau sela gigi dari sisa makanan yang tersangkut dan berisiko menyebabkan gusi bengkak.

Bila perlu, lakukan prosedur pembersihan karang gigi dengan cara scaling atau root planning. Cara mengobati gusi bengkak saat puasa ini tidak membatalkan puasa dan dapat membersihkan bakteri di sekitar akar gigi sampai celah gusi.

Lemon

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah menggunakan lemon. Tenang, cara ini tidak akan membatalkan puasa asal saat berkumur dengan lemon airnya tidak ditelan. Asam dalam lemon dapat berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang.

Selain itu, cara mengobati gusi bengkak saat puasa dengan lemon dikenal bersifat antibakteri. Membuatnya efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang dan menghindarkan dari masalah gusi bengkak.

Praktik pengobatan dengan lemon sangatlah mudah dan aman. Cara mengobati gusi bengkak saat puasa dengan lemon, yakni dengan memeras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.


Cara Mengobati Gusi Bengkak saat Puasa

Tea Tree Oil
Ilustrasi Tea Tree Oil. (Sumber: Pixabay)

Tea Tree Oil

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah pakai tea tree oil untuk berkumur. Berkumur dengan tea tree oil bisa mengurangi bengkak dan pendarahan pada gusi. Tea tree oil dikenal sangat membantu dalam pengobatan sakit gigi, periodontitis, dan infeksi mulut.

Sama seperti minyak serai, cara mengobati gusi bengkak saat puasa dengan tea tree oil harus dilarutkan terlebih dahulu untuk menghindari iritasi. Larutkan 3 tetes tea tree oil dengan satu gelas air hangat.

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa ini sangat mudah. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari. Larutan tea tree oil pun bisa diteteskan pada pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi agar gusi bengkak tidak semakin parah.

Jahe

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah memanfaatkan jahe. Jahe memiliki sifat antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan antioksidan. Rasa hangat jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan merangsang aliran air liur.

Senyawa aktif dalam jahe seperti gingerol dapat mencegah pertumbuhan bakteri mulut. Cara mengobati gusi bengkak saat puasa sangat mudah. Hancurkan atau parut jahe hingga halus.

Tambahkan garam hingga membentuk pasta kasar. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan hingga 10 menit. Bilas dengan air bersih. Pastikan ketika mempraktikkan cara mengobati gusi bengkak saat puasa tidak tertelan.


Cara Mengobati Gusi Bengkak saat Puasa

[Fimela] aloe vera
Ilustrasi lidah buaya | unsplash.com/@karishea

Teh

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah memanfaatkan teh. Teh mengandung tanin yang disebut ellagitannin. Persis seperti polifenol lain, ellagitannin memiliki kemampuan antioksidan dan anti-peradangan yang kuat.

Tanin dapat mengurangi rasa sakit gusi dengan membunuh bakteri yang dapat mengiritasi gusi. Tak heran bila cara mengobati gusi bengkak saat puasa dengan teh dikenal ampuh dan aman.

Untuk mengurangi rasa sakit gusi, rendam kantong teh dalam air mendidih selama beberapa menit, lalu keluarkan, biarkan agak dingin. Sementara tas masih hangat, oleskan langsung ke lokasi rasa sakit selama sekitar 5 menit.

Lidah Buaya

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah pakai lidah buaya. Gel aloe vera memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan. Berbagai sifat inilah yang membuatnya dapat diandalkan.

Apalagi lidah dikenal ampuh membunuh bakteri berbahaya penyebab gusi bengkak. Selain menyegarkan, untuk bisa menemukan lidah buaya sangat gampang di pekarangan.

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa dengan lidah buaya sangat mudah. Bisa langsung oleskan ke gusi dan hati-hati jangan sampai tertelan. Bisa pula dijadikan obat kumur. Caranya dibuat menjadi jus gel lidah buaya untuk berkumur dua hingga tiga kali sehari.


Cara Mengobati Gusi Bengkak saat Puasa

Garam
Ilustrasi Garam. Credit: pexels.com/Lorena

Air Garam

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah pakai air garam untuk berkumur. Garam memiliki kandungan antiseptik yang baik untuk memusnahkan bakteri mulut. Saat berkumur dengan air garam, rasa nyerinya akan berkurang.

Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan air hangat. Kemudian, kumur dengan larutan ini selama 30 detik. Berkumurlah sebanyak 2-3 kali sehari sampai gigi tak lagi bengkak, hati-hati jangan sampai tertelan.

Minyak Serai

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah memanfaatkan minyak serai. Minyak serai ini dapat mencegah penumpukan bakteri dengan membantu mengurangi plak dan gingivitis.

Minyak serai umumnya aman digunakan selama dilarutkan dengan benar. Larutkan 2 sampai 3 tetes minyak serai dengan satu gelas air. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik dua kali sehari, hati-hati jangan tertelan.


Cara Mengobati Gusi Bengkak saat Puasa

Menggunakan Es Batu
Ilustrasi Es Batu. Credit: pexels.com/OneShot

Es Batu

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa yang sederhana adalah pakai es batu. Es batu bisa berperan meredakan nyeri sementara yang baik. Untuk merasakan manfaatnya, memasukkan beberapa es batu ke dalam kantong plastik. Lalu bungkus dengan kain tipis. Selanjutnya, tempelkan es batu ke daerah yang sakit selama kurang lebih 15 menit.

Daun Jambu Biji

Cara mengobati gusi bengkak saat puasa adalah pakai daun jambu biji. Manfaat daun jambu ini berasal dari kemampuannya menjaga kebersihan mulut. Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membersihkan mulut.

Obat kumur daun jambu biji memiliki efek positif pada pengendalian plak. Berkumur dengan daun jambu biji bisa mengurangi peradangan gusi, meringankan nyeri, dan menyegarkan napas. Daun jambu biji bisa direbus dengan air, lalu digunakan untuk berkumur dua kali sehari.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya