Contoh Teks Doa Upacara Hari Pahlawan 10 November 2022, Penuh Makna dan Menyentuh Hati

Pada upacara Hari Pahlawan 10 November biasanya ada pembacaan doa. Doa tersebut ditujukan kepada para pahlawan yang telah berjasa juga kepada generasi yang melanjutkankan jejak perjuangannya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 09 Nov 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 09 Nov 2022, 18:30 WIB
Doa untuk Orang Meninggal dalam Islam
Ilustrasi doa Hari Pahlawan 10 November 2022. Credit: shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Pahlawan 10 November bertujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan pahlawan. Banyak pahlawan yang gugur demi membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Sejatinya mengenang dan menghormati para pahlawan tidak hanya setiap 10 November. Generasi yang melanjutkan jejak perjuangannya dapat meneladani para pahlawan bangsa setiap saat.

Jika selama ini belum meneladani kisah-kisah heroik pahlawan Indonesia, kita bisa memulainya dari sekarang melalui peringatan Hari Pahlawan. Ada banyak cara untuk memperingati Hari Pahlawan, salah satunya upacara.

Pada upacara Hari Pahlawan 10 November biasanya ada pembacaan doa. Doa tersebut ditujukan kepada para pahlawan yang telah berjasa juga kepada generasi yang melanjutkankan jejak perjuangannya.

Bagi Anda yang bertugas menyiapkan perangkat upacara Hari Pahlawan 2022, Anda tak perlu repot-repot membuat teks doa. Dalam artikel ini terdapat contoh teks doa upacara Hari Pahlawan penuh makna dan menyentuh hati yang dapat dibacakan pada 10 November 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Teks Doa Upacara Hari Pahlawan

Mengutip laman setjen.kemdikbud.go.id, berikut ini adalah contoh teks doa upacara Hari Pahlawan yang telah disesuaikan. Teks doa ini dapat dibacakan pada upacara Hari Pahlawan 10 November 2022. 

Audzubillah himinasyaitonirrajim, Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin, Hamdan yuwafi ni’amahu wa yukafi u mazidah ya rabbana lakal hamdu walakasy syukru kama yanbaghi lijalali wajhikal karimi wa’adzimi sulthanik. Allahumma Sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa'ala Alihi Washohbihi Ajma'in.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa

Segala puji dan syukur kami persembahkan hanya untuk-Mu, atas izin dan perkenan-Mu pada hari ini kami dapat menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tanggal 10 November 2022. Semoga acara ini senantiasa mendapat curahan rahmat dan ridha-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang

Kami mohon kepada-Mu ya Allah, terimalah persembahan dharma bhakti para pahlawan kesatria kusuma bangsa yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa kami. Ampunilah mereka, lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan mereka, dan tempatkanlah mereka di surga-Mu bersama para syuhada dan para nabi dan rasul-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa

Jadikanlah hati kami sebagai generasi penerus, bahwa kemerdekaan yang kami nikmati hari ini adalah hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetesan air mata serta tumpahan darah para pahlawan. Oleh karena itu ya Allah, tunjukkan kami jalan yan benar, jalan yang telah ditempuh oleh para pahlawan kami dan berilah kami kekuatan dan petunjuk-Mu dalam melanjutkan perjuangan mereka untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, sejahterakanlah lahir dan batin di bawah maghfirah dan rahmat-Mu.

Ya Allah, jadikanlah peringatan Hari Pahlawan ini sebagai momentum membangkitkan semangat pahlawan di dada kami untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa kami.

Ya Allah, Yang Maha Pengampun

Ampunilah segala kesalahan dosa kami, dosa orangtua kami, guru-guru kami, para pemimpin kami, serta para pahlawan kami. Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Rabbanaghfirlana wali-ikhwaninalladzina sabaquna bil imani wala taj'al fi qulubina ghillan lilladzina amanu rabbana innaka ra-ufun rahim. Rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhiroti hasanah waqina adzabannar. Subhana rabbika rabbil 'izzati 'amma yasifuna wa salamun 'alal mursalina wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya