Tradisi Para Nabi yang Jika dilakukan Bikin Hati Tenang dan Bahagia

Orang-orang yang dermawan dan senang ber-sedekah membelanjakan hartanya di jalan Allah akan diberi keberkahan yang luar biasa sesuai janji Alquran

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Apr 2023, 22:30 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2023, 22:30 WIB
Memperbanyak Sedekah
Ilustrasi Memberi Sedekah Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang yang dermawan dan senang ber-sedekah membelanjakan hartanya di jalan Allah akan diberi keberkahan yang luar biasa sesuai janji Al-Qur'an.

Dalam Surat Al-Baqarah ayat 261, Allah Swt menjanjikan untuk melipatgandakan pahalanya sampai 700 kali lipat.

 “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

“Jadi Allah melipatgandakan harta yang disedekahkan, yang didermakan, dibelanjakan di jalan Allah akan berlipat sampai 700 kali. Maksud 700 itu ialah akan dilipatkan secara besar,” terang Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad dalam Program Nasihat Ayahanda TvMu bertajuk “Berkahnya Berbagi”, dikutip dari muhammadiyah.or.id, Jumat (7/4/2023).

“700 kali yang kedua, kesalahan-kesalahan dan dosa kita diampuni Allah. Oleh karena itu tradisi orang-orang saleh, kebiasaan para nabi itu ialah selalu memberikan sedekah,” imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Tradisi Nabi dan Orang Saleh

Dadang Kahmad lalu menjelaskan bahwa di dalam Al-Qur'an ada ayat lain yang menyebut keutamaan sikap dermawan dan gemar bersedekah. Dalam Surat Al-Hadid ayat 11, Allah Swt mengistilahkan sedekah dengan qardan hasanan (pinjaman yang baik).

“Barangsiapa meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah akan mengembalikannya berlipat ganda untuknya, dan baginya pahala yang mulia.”

Kedermawanan ini kata Dadang ditampilkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan ketika menerima hadiah dari orang lain, beliau Saw membagikannya lagi kepada orang lain. Apakah itu emas, perak, atau makanan. Kedermawanan Rasulullah ini bahkan meningkat ketika bulan suci Ramadan.

“Barangsiapa hatinya sudah terlatih sedekah maka dia akan bahagia hidupnya. Jadi kunci bahagia itu ialah sedekah. Di samping dilipatgandakan pahalanya, hati kita juga akan sangat lapang, pikiran kita tenang, itulah yang disebut dengan keberkahan,” pesan Dadang.

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya