Gempa M 6,4 Bantul Terasa hingga Banyumas dan Cilacap, Ini Doa Mohon Perlindungan dan untuk Korban Lindu

Relawan di berbagai grup kebencanaan di berbagai daerah melaporkan gempa terasa hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di antaranya Kebumen, Banyumas dan Cilacap

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Jun 2023, 20:48 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 20:30 WIB
Dampak gempa Bantul, M 6,4. (Foto: Liputan6.com/Hendro/Istimewa)
Dampak gempa Bantul, M 6,4. (Foto: Liputan6.com/Hendro/Istimewa)

Liputan6.com, Bantul - Gempa bumi M 6,4 mengguncang Bantul, Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya, Jumat (30/6/2023), pukul 19.57 WIB.

BMKG menginformasikan, pusat gempa berada di kedalaman 25 kilometer.

"Info Gempa Mag:6.4, 30-Jun-23 19:57:43 WIB, Lok:8.63 LS,110.08 BT (86 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:25 Km ::BMKG," tulis BMKG, Jumat.

Laporan sementara dari berbagai grup kebencanaan, di Bantul dan Gunungkidul, gempa berdampak cukup besar. Ada rumah warga yang atapnya ambruk. Laporan lainnya, ada pula yang plafon dan gentengnya berjatuhan akibat gempa Bantul ini.

Relawan di berbagai grup kebencanaan di berbagai daerah melaporkan gempa terasa hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di antaranya Kebumen, Banyumas dan Cilacap.

"Kebumen kota gempa gede banget," tulis Joko, di Grup Kebencanaan Pusdalops Kebumen.

Gempa juga terasa di Banyumas dan Cilacap. Warga panik hingga keluar rumah, sembari melihat jaringan listrik PLN yang terus bergoyang.

"Gempa, kirain sebentar. Ternyata lama," ucap Ara, bocah kelas 6 SD yang kaget ada gempa ketika menonton televisi.

Sebagai umat Islam, seperti dicontohkan Rasulullah dan para sahabat serta tabi'in. Saat ada gempa, alangkah lebih baik berdoa.

Berikut ini adalah doa memohon perlindungan dari gempa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Doa Saat Ada Gempa

Dampak gempa Bantul, M 6,4. (Foto: Liputan6.com/Hendro/Istimewa)
Dampak gempa Bantul, M 6,4. (Foto: Liputan6.com/Hendro/Istimewa)

Bacaan Doa Ketika Gempa Bumi Beserta Artinya

 ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

“Allaahumma inni asaluka khairaha wa khaira maa fihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a'udzubika min syarrihaa, wa syarri maa fihaa wa syarri maa arsalta bihi.”

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepadaMu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."(HR An Nasa'i)

Atau bisa juga bisa membaca doa memohon pertolongan dan perlindungan agar diselamatkan dari gempa bumi. Doa ini dibaca oleh Nabi Nuh AS saat meminta pertolongan kepada Allah SWT dari banjir besar.

قَالَ رَبِّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَسْأَلَكَ مَا لَيْسَ لِي بِهِ عِلْمٌ ۖ وَإِلَّا تَغْفِرْ لِي وَتَرْحَمْنِي أَكُنْ مِنَ الْخَاسِرِينَ

"Rabbi innii 'a'uu dubika ann as alaka maa laisa lii bihi 'ilmun wa illaa tag firlii wa tar ham nii akum minal khaa siriin."

Artinya: "Ya Tuhanku, sungguh aku berlindung kepadaMu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi."(QS Hud: 47)

 


Doa untuk Korban Gempa

Dampak gempa Bantul, M 6,4. (Foto: Liputan6.com/Hendro/Istimewa)
Dampak gempa Bantul, M 6,4. (Foto: Liputan6.com/Hendro/Istimewa)

Selain itu, kita tentunya juga turut mendoakan para korban yang terkena musibah gempa bumi atau bencana apapun. Hal ini dicontohkan Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْه

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha."

Artinya: "Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik."

Tim Rembulan

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya