Bolehkah Berdzikir Sambil Main HP? Begini Hukumnya dalam Islam

Dzikir dianjurkan dalam berbagai kondisi dan keadaan. Lantas, bagaimana hukumnya berdzikir sambil main hp?

oleh Putry Damayanty diperbarui 07 Jun 2024, 16:30 WIB
Diterbitkan 07 Jun 2024, 16:30 WIB
Ilustrasi main HP
Ilustrasi main HP. (Image by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Dzikir menjadi pengingat bagi seorang Muslim terhadap Tuhan yang telah menciptakannya yakni Allah SWT. Dzikir dilakukan dengan menyebut dan mengingat nama-nama Allah, sifat-sifat-Nya, dan pujian penuh cinta pada Rabb. 

Berdzikir memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Dzikir akan membantu kita untuk senantiasa mengingat akan kehadiran Allah SWT dalam setiap aspek kehidupan.

Dengan berdzikir, seorang Muslim dapat melepaskan diri dari kesibukan dan penatnya aktivitas dunia yang sering kali melalaikan hati dari mengingat Allah. 

Lantas muncul persoalan lain, yakni tentang kebolehan dzikir sembari melakukan aktivitas lain seperti bermain handphone. Pasalnya, di era digital saat ini handphone menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern.

Seringkali di beberapa kesempatan, handphone selalu dibuka, misalnya ketika nongkrong, seminar, menonton, bahkan terkadang saat tengah berdzikir, sambil bermain handphone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Hukum Dzikir Sambil Main Handphone

Ilustrasi muslim berzikir,berdoa
Ilustrasi muslim berzikir,berdoa. (Photo Copyright by Freepik)

Mengutip dari laman NU Online, terkait pertanyaan di atas setidaknya ada dua pengertian dan pemahaman. Pertama, handphone digunakan untuk mendukung amalan dzikir. Dalam era digital ini, ada beberapa aplikasi dan fitur di smartphone yang dapat membantu seorang Muslim untuk lebih rajin berdzikir. 

Contohnya, di aplikasi tertentu terdapat bacaan amalan dan doa yang bisa diakses dengan mudah. Selain itu, ada fitur pengingat waktu untuk dzikir dan alarm shalat yang membantu meningkatkan keinginan untuk berdzikir secara rutin. 

Dengan dalam konteks ini menggunakan handphone untuk mengakses sumber-sumber yang mendukung amalan dzikir, seorang Muslim dapat lebih mudah menjaga kebiasaan berdzikir dalam kehidupan sehari-hari, tentu hukumnya diperbolehkan dalam Islam. 

Kedua, pengertiannya adalah seorang muslim berdzikir, tetapi dibarengi dengan bermain handphone yang tidak ada kaitan dengan dzikirnya. Artinya, antara handphone dan dzikir dua aktivitas yang berbeda, dan tidak saling mendukung. Contoh sederhana, seorang berdzikir membaca Hizib Nashar atau membaca doa malam, sembari bermain  media sosial.


Anjuran Berdzikir dalam Kondisi dan Keadaan Apapun

Memperbanyak Takbir dan Dzikir
Ilustrasi Berdzikir Credit: shutterstock.com

Dalam kasus ini, bagaimana hukumnya? Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menjelaskan jawaban dari pertanyaan tersebut, bahwa berdzikir sangat dianjurkan bagi orang beriman dalam kondisi dan keadaan apapun. Hal ini juga memberikan pengertian bahwa berdzikir dibarengi dengan bermain handphone hukumnya diperbolehkan. 

Sementara itu, dalam kitab Hawāsyī Madaniyah Syarah Muqaddimah Hadramiyah, karya Syekh Muhammad bin Sulaiman Al Kurdi bahwa ada kondisi di mana seseorang dianjurkan untuk dzikir, tetapi cukup di dalam hati, misalnya ketika sedang buang air besar atau sedang dalam hubungan intim dengan istri. Tetapi jika, dalam konteks bermain handphone yang tidak ada kaitannya dengan dzikir, jika memungkinkan dihindari, agar ibadah dzikir tersebut khusuk dan fokus. 

Dengan demikian, sejatinya dzikir dengan tetap bermain handphone diperbolehkan secara hukum. Akan tetapi jika memungkinkan, untuk membuat khusyuk alangkah lebih baik ditunda dulu bermain handphonenya terlebih jika aplikasi yang dibuka dalam ponsel tidak ada kaitannya dengan aktivitas dzikir. Dan ditakutkan akan mengganggu proses dzikir kepada Allah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya