Heboh Peramal India Prediksi Kiamat 29 Juni 2024, Ini Kata Buya Yahya soal Waktu Terjadinya Hari Akhir

Dalam Islam, hari kiamat atau hari akhir adalah suatu keniscayaan yang pasti terjadi sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj ayat 7. Namun, waktu pasti terjadinya kiamat dirahasiakan Allah dan tidak ada yang tahu selain-Nya.

oleh Muhamad Husni Tamami diperbarui 25 Jun 2024, 01:30 WIB
Diterbitkan 25 Jun 2024, 01:30 WIB
Ilustrasi mimpi, kiamat
Ilustrasi kiamat. (Photo by NOAA on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Jagat maya dihebohkan dengan pemberitaan peramal India yang memprediksi Perang Dunia III dan kiamat akan terjadi tidak lama lagi. Tukang ramal itu adalah Kushal Kumar yang dijuluki sebagai New Nostradamus.

“Sekarang, Selasa, 18 Juni 2024 mempunyai stimulus planet terkuat yang memicu WW3," kata Kushal Kumar kepada The Daily Star.

Kumar memprediksi tanggal 29 Juni 2024 kemungkinan terjadi kiamat. Sebelumnya, Nostradamus asli mem-prediksi kiamat terjadi pada 10 Juni, namun tidak terbukti.

Sejumlah media di Indonesia juga memberitakan tentang prediksi tersebut. Pantauan Liputan6.com pada Senin (24/6/2024) di salah satu akun medsos media, warganet tidak percaya dengan ramalan terjadinya kiamat itu.

“Jangan percaya ramalan. Apalagi tentang kiamat. Nabi saja tidak tau tepatnya tanggal berapa. Hanya tahapan tahapan saja yang digambarkan. Bukan tanggal pastinya,” tulis akun @stafkerja

“Nabi Muhammad SAW aja gak tau kapan kiamatnya yang deket sama Allah. Apalagi ini orang India. Kalau dipercaya ya bodoh orangnya,” komentar akun @aziz_pandawa5.

Prediksi tentang waktu kiamat bukan kali ini saja. Sebelumnya juga banyak yang meramal kiamat terjadi di hari, tanggal, dan bulan sekian. Yang paling fenomenal adalah ramalan kiamat 21-12-2012, namun tidak terbukti.

Dalam Islam, hari kiamat atau hari akhir adalah suatu keniscayaan yang pasti terjadi sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Hajj ayat 7. Namun, waktu pasti terjadinya kiamat dirahasiakan Allah dan tidak ada yang tahu selain-Nya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Ini:


Penjelasan Buya Yahya tentang Waktu Terjadinya Hari Kiamat

buya yahya 222
Buya Yahya (TikTok)

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya juga menegaskan bahwa yang mengetahui waktu datangnya kiamat hanyalah Allah SWT. Tidak ada satu makhluk Allah pun yang tahu datangnya kiamat, termasuk Nabi Muhammad SAW.

“Tidak boleh ada yang sok tahu (soal waktu kiamat). Memang itu pernah dinukil dari Imam Suyuthi rahimahullahu ta'ala, akan tetapi ditolak oleh yang lainnya,” kata Buya Yahya saat membahas soal prediksi kiamat sebelum 1500 H, dikutip dari tayangan YouTube Al Bahjah TV.

Buya Yahya menuturkan, hari kiamat masih menjadi rahasia Allah SWT. Nabi Muhammad SAW sebagai kekasih Allah tidak pernah dikasih tahu perihal waktu persisnya kiamat.

Suatu ketika, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya tentang waktu kiamat oleh seorang laki-laki yang berbaju putih dan berambut bersih. Pertanyaan ini muncul setelah pertanyaan lainnya tentang apa itu Islam, Iman, dan Ihsan.

“Waktu nabi ditanya kapan kiamat tiba, nabi menjawab, ‘Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang ditanya’. Nabi tidak tahu dan yang bertanya tidak tahu,” terang Buya Yahya.

Penanya tersebut meminta Rasulullah SAW menyebutkan tanda-tanda kiamat. Lalu disebutkanlah tanda-tanda hari akhir itu seperti munculnya Dajjal, matahari terbit dari sebelah barat, dan lainnya.


Persiapkan Bekal Akhirat

Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami. (Photo Copyright by Freepik)

Ketimbang menggali waktu kiamat yang tak ada urgensinya, Dewan Pembina Konsultasisyariah.com Ustadz Ammi Nur Baits mengajak umat Islam mempersiapkan bekal untuk akhirat kelak. Hal ini sebagaimana keterangan dalam hadis.

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu menceritakan bahwa ada orang Arab badui yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kapan kiamat. Di situ, Nabi SAW justru balik bertanya,

وَيْلَكَ، وَمَا أَعْدَدْتَ لَهَا

Artinya: "Celaka kamu, apa yang kamu persiapkan untuk kiamat?" (HR. Bukhari, Muslim, At-Turmudzi, dan yang lainnya).

Demikian penjelasan terkait waktu terjadinya kiamat. Wallahu a'lam

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya