Top 3 Islami: 3 Perilaku Manusia Jelang Kiamat yang Sudah Terjadi, Kisah Lucu Maling Kapok karena Doa Mbah Kholil Bangkalan

Artikel mengenai tiga perilaku manusia yang merupakan tanda kiamat berdasar hadis menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (27/8/2024)

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 28 Agu 2024, 06:30 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 06:30 WIB
Video Dugem Pesta Kelulusan
Video dugem di aula pendopo Pemkab Tanjung Jabung Barat, Jambi, viral di media sosial. (Liputan6.com/ Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Kiamat makin dekat. Cepat atau lambat, hari kehancuran itu akan tiba dan manusia akan dimintai pertanggungjawabannya satu per satu.

Tanda kiamat sudah dekat banyak yang sudah terjadi. Salah satunya adalah perilaku manusia yang melenceng, sebagaimana diriwayatkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

Artikel mengenai tiga perilaku manusia yang merupakan tanda kiamat berdasar hadis menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Selasa (27/8/2024).

Artikel kedua yang juga populer adalah kisah lucu maling timun terkena 'tulah' berdiri terus tanpa bisa duduk usai para petani didoakan Mbah Kholil Bangkalan.

Artikel ketiga yang juga menyita perhatian adalah perkara-perkara yang bisa membuat manusia selamat di hari kiamat.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. 3 Perilaku Umat Manusia Jelang Kiamat Menurut Rasulullah, Kini telah Terjadi

Viral! Sekumpulan Remaja Dugem di Depan Masjid
Viral! Sekumpulan Remaja Dugem di Depan Masjid

Kepastian waktu kiamat hanya Allah saja yang Maha Tahu. Adapun manusia hanya mengetahui perihal telah dekatnya hari kiamat itu melalui tanda-tandanya saja.

Banyak tanda kiamat yang diinformasikan Rasulullah SAW dalam beberapa hadis-hadisnya, di antaranya ialah perihal perilaku manusia.

Namun yang cukup mengagetkan ialah perihal perilaku umat manusia akhir zaman ternyata saat ini juga telah bermunculan.

Berikut ini 3 perilaku manusia yang menjadi tanda-tanda kiamat menurut Rasulullah SAW.

Selengkapnya baca di sini


2. Kisah Lucu Maling Timun Kapok Berdiri Terus usai Petani Mengeluh ke Mbah Kholil Bangkalan

KH Muhammad Kholil bin Abdul Lathif atau Syaikhona Kholil Bangkalan. (Foto: Liputan6.com/Istimewa via an-nur.ac.id)
KH Muhammad Kholil bin Abdul Lathif atau Syaikhona Kholil Bangkalan. (Foto: Liputan6.com/Istimewa via an-nur.ac.id)

Sebuah kisah karomah dari Mbah Kholil Bangkalan kembali menjadi perbincangan setelah diangkat dalam sebuah video di kanal YouTube @karomahislam.

Kisah ini menceritakan pengalaman unik para petani di Bangkalan yang kesal karena timun mereka selalu dicuri oleh pencuri, hingga akhirnya mereka meminta bantuan kepada Mbah Kholil.

Dalam video tersebut diceritakan bahwa para petani timun di Bangkalan sering mengalami pencurian timun saat mendekati masa panen.

"Para petani merasa kesal lantaran timun yang sudah hampir panen selalu saja dicuri oleh tangan-tangan jahil," ungkap narator dalam video tersebut.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk sowan (berkunjung) ke Mbah Kholil untuk meminta pertolongan.

Mbah Kholil, yang pada saat itu sedang mengajarkan kitab Nahwu Jurumiah kepada para santrinya, terkejut melihat kedatangan para petani yang begitu banyak.

Selengkapnya baca di sini


3. Ingin Selamat di Hari Kiamat? Jaga Baik-Baik Perkara ini Selama Hidup di Dunia

Kiamat kecil di Bumi purba (5)
Ilustrasi hantaman benda planetoid pada Bumi sehingga terciptalah Bulan dari materi yang terlempar ke orbit. (Sumber Wikimedia Commons)

Salah satu tanda keimanan seorang muslim adalah meyakini akan adanya hari kiamat. Sebagaimana dalil mengenai keimanan pada hari akhir tersebut termaktub dalam QS. Al-Hajj ayat 7:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur" 

Kelak di akhirat, manusia akan dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Mahsyar untuk mempertanggungjawabkan setiap amal pebuatannya selama hidup di dunia.

Setidaknya ada 2 perkara yang harus dijaga selama hidup di dunia agar kita selamat di hari akhir nanti. Apa saja itu? Berikut uraiannya mengutip dari laman NU Online Lampung.

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya