4 Fakta Menarik Kue Nastar Khas Lebaran, Ternyata Berasal dari Belanda

Dibalik kepopulerannya yang sering kali muncul sebagai jajanan khas Lebaran bagi masyarakat Indonesia, ternyata kue nastar ini berasal dari Belanda lho!

oleh Sabrina Julie diperbarui 19 Apr 2022, 03:06 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2022, 03:06 WIB
kue nastar
Tips membuat kue nastar./Copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Semarang Nastar tentu sudah tidak terdengar asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terlebih lagi kue ini menjadi kudapan khas saat momen lebaran. Kue kering ini juga banyak digemari karena memiliki cita rasa yang manis, gurih dan aroma khas dari buah nanas.

Dibalik kepopulerannya yang sering kali muncul sebagai jajanan khas Lebaran bagi masyarakat Indonesia, ternyata kue nastar ini berasal dari Belanda lho! Yuk simak deretan fakta menariknya sebagai berikut.


Asal Nama Nastar

4 Fakta Menarik Kue Nastar Khas Lebaran, Ternyata Berasal dari Belanda
4 Fakta Menarik Kue Nastar Khas Lebaran, Ternyata Berasal dari Belanda. (Istimewa)

Ternyata asal nama nastar berasal dari bahasa Belanda yakni  'ananas' atau nanas dan 'taartjes' atau tart. Jadi nastar sendiri adalah tart dengan isian selai nanas. Ada sejak zaman penjajahan Belanda, dalam bahasa Inggris nastar sering disebut sebagai pineapple tart atau pineapple nastar roll.


Mirip Kue Pie

Ilustrasi nastar
Ilustrasi nastar. (Gambar oleh shirleysavitri dari Pixabay)

Resep adonan dari nastar memang sangat mirip dengan adonan yang diperuntukkan untuk membuat pie loyang yang biasanya berisi apel, blueberry, ataupun strawberry. Namun kabarnya karena buah-buahan tersebut dulunya sangat susah ditemukan di Indonesia masyarakat pun menggantinya dengan nanas yang mudah tumbuh di negara tropis.


Nastar Ternyata Masuk dalam Kategori Cake

Ilustrasi nastar
Ilustrasi nastar(Foto: resepkuekeringku.com)

Meskipun banyak yang mengenal nastar sebagai sebuah kue kering, ternyata nastar masuk kedalam kategori cake lho!. Hal tersebut dikarenakan memiliki tekstur yang lembut dan lembab. Sebaliknya kue kering memiliki tekstur yang garing dan renyah. 


Tak Hanya Menjadi Jamuan Lebaran

Ilustrasi nastar
Nastar. (Foto: t4resepku.blogspot.co.id)

Nastar tak hanya menjadi jamuan tamu saat lebaran, beberapa acara lain seperti natal dan imlek juga sering menyuguhkan kue nastar. Saat ini nastar juga memiliki banyak varian rasa seperti durian, pandan, strawberry dan sebagainya. 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya