Doa Nifsu Syaban, Malam Pengampunan dan Istimewa

Malam Nisfu Syaban yang merupakan malam pengampunan dosa dan malam istimewa itu akan tiba antara tanggal 17 atau 18 Maret 2022 mendatang.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Mar 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2022, 15:00 WIB
Niat dan Sholat Malam
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jatim - Malam Nisfu Syaban yang merupakan malam pengampunan dosa dan malam istimewa itu akan tiba antara tanggal 17 atau 18 Maret 2022 mendatang.

Sebelum menjalankan amalan baik yang dianjurkan untuk mengikuti malam Nisfu Syaban, berikut doa yang harus dilafazkan ketika mengikuti salat pada malam istimewa itu.

Berikut doa beserta terjemahannya yang dapat kamu lafazkan ketika malam Nisfu Syaban tiba yang dikutip dari https://nu.or.id/.

"Allahumma ya dzal manni wa laa yumannu ‘alaik, ya dzal jalâli wal ikram, ya dzat thawli wal in‘am, la ilaha illa anta zhahral lajiin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifin. Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fii ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fii ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa‘iidan marzuqan muwaffaqan lil khairat. Fa innaka qulta waa qawlukal haqqu fii kitabikal munzal ‘ala lisani nabiyyikal mursal, “yamhullahu maa yasya’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitab” wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammad wa alaa alihi wa shahbihii wa sallama, walhamdu lillahii rabbil ‘alamin." 

"Dimana terjemahannya yaitu Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau sendiri tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala kenikmatan.

Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan Mu, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlahkecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku.

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan. karena Engkau telah berkata sementara perkataan Mu itu adalah benar ada di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’

Semoga Allah memberikan syafaat dan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT."

Doa ini tertera dalam Kitab Maslakul Akhyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya, (Lihat Sayid Utsman, Maslakul Akhyar, [Jakarta, Al-Aidrus: tanpa catatan tahun], halaman 78-80).

Sebagai informasi, doa di atas dibaca untuk diri sendiri. Bila dibaca untuk bersama-sama, dhamir mufrad (untuk diri sendiri) pada doa ini dapat diganti menjadi dhamir jamak (untuk bersama-sama) bila dibaca berjamaah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya