Guci Berisi Ribuan Keping Uang Logam Kuno Ditemukan di Jepara

Guci kuno berukiran huruf China berisi ribuan keping uang kuno ditemukan di Jepara

oleh Edhie Prayitno Ige diperbarui 19 Nov 2014, 11:35 WIB
Diterbitkan 19 Nov 2014, 11:35 WIB
Guci Berisi Ribuan Keping Uang Logam Kuno Ditemukan di Jepara
Suwanto dan seorang warga menunjukkan guci temuannya dan menata kepingan uang logam kuno di teras rumahnya.

Liputan6.com, Jepara Sebuah guci kuno berukiran huruf China berisi ribuan keping uang kuno, ditemukan seorang warga desa Ngabul, Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Hingga kini belum diketahui secara pasti usia guci tersebut.

Penemuan guci ini berawal saat dua anak kecil, Miftahul dan Riska Nabila bermain-main di halaman belakang rumah, Kamis (13/11/2014). Saat itu mereka diawasi sang ayah Suwanto. Dua anak ini bermain perosotan di sebuah parit.

"Waktu itu, ketika hendak naik dari parit, Miftah menginjak sesuatu. Dia lalu lapor ke saya, dan saya kira itu sebuah kendi," kata Suwanto, Selasa (18/11/2014) sore.

Mendapat laporan, Suwanto kemudian melihat, namun tak langsung menggalinya. Suwanto tidak yakin bahwa benda yang ditemukan itu benda kuno. Baru pada hari Sabtu (15/11/2014) Suwanto mengajak isterinya melapor ke perangkat desa dan menggalinya.

"Ternyata sebuah guci dengan tinggi 45 cm, diameter mulutnya 40 cm, dan yang mengejutkan, isinya uang logam kuno dengan tulisan huruf China," kata warga RT 3 RW 5 Desa Ngabul itu.

Usai digali dengan disaksikan perangkat desa dan Kapolsek Tahunan, Guci kuno itu diangkat. Setelah dibuka berisi 3.193 keping uang logam kuno dengan ukiran huruf China.

"Karena khawatir kalau guci itu termasuk benda kuno yang dilindungi, maka langsung saya serahkan ke Polsek Tahunan," kata Suwanto. (Edhie Prayitno Ige/Ars)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya