5 Tips Praktis Memilih Hammock yang Tepat

Hammock atau tempat tidur gantung menjadi salah satu hal yang wajib dibawa oleh traveler. Berikut tips praktis memilih hammock yang tepat.

oleh Dzulfikar Alala diperbarui 20 Sep 2016, 12:00 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2016, 12:00 WIB
[Reservasi] Hammock
Hammocking menjadi tren baru di kalangan pendaki gunung (shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Hammock yang dulunya digunakan sebagai tempat tidur menggantung untuk menggantikan tenda saat traveling, kini sudah bergeser penggunaannya. Hammock juga digunakan sebagai salah satu properti selfie, para pendaki gunung maupun para hikers. Bahkan di beberapa daerah terdapat beberapa komunitas penggemar hammock yang kerap hiking demi ber-hammocking ria.

Hammock memiliki berbagai tipe, mulai dari hammock berbentuk parasut hingga hammock tenda yang harganya bisa dua kali lipat, dari harga tenda biasa. Berikut tips praktis memilih hammock berkualitas seperti dihimpun oleh Liputan6.com, Senin (19/9/2016).

1. Pilih yang sesuai dengan anggaran

Beragam hammock ditawarkan dengan pilihan warna hingga kualitas yang berbeda. Rentang harga hammock memang sangat bervariasi. Tentukan dengan anggsran yang sesuai dengan kantong Anda. Untuk hammock menengah ke bawah berkisar kurang dari 200 ribu rupiah, sedangkan hammock yang berkualitas, berkisar di atas harga 400 ribu rupiah.

2. Pilih bahan parasut silk

Bahan parasut silk memiliki kelebihan kuat namun ringan. Sehingga Anda tidak terlalu berat membawa beban hammock saat mendaki gunung atau sekadar hiking. Bahan ini pun memiliki kelebihan lain dalam sirkulasi udara sehingga penggunanya tetap bisa bernafas dengan nyaman, meskipun berselimut dengan hammock.

3. Pilih jahitan dengan tekstur rapi

Seperti halnya memilih pakaian, pilihlah hammock yang memiliki jahitan rapi hingga beberapa lapisan. Faktor kualitas hammock selain menggunakan bahan terbaik juga bisa terlihat dari jahitan yang ada.

4. Pilih tali pengait berbahan nilon

Tali pengait menjadi hal yang krusial juga dalam memilih hammock. Pasalnya tali yang kurang kuat, tidak akan mampu menahan beban berat dalam waktu lama dengan intensitas yang tidak sedikit. Tali pengait berbahan nilon direkomendasikan karena tidak mudah rusak, saat bergesekan dengan pohon atau benda kasar lainnya.

5. Pilih yang memberikan garansi terpercaya

Ibarat membeli sebuah smartphone yang dilengkapi informasi spesifikasi, buku manual dan buku garansi. Pilihlah hammock yang sudah memiliki informasi lengkap, yang dilengkapi dengan buku informasi tersendiri. Informasi ini sangat penting terutama bagi hammockers pemula yang sekadar ikut tren. Akan lebih baik memilih hammock yang mampu menahan beban untuk dua orang sekaligus agar bisa ber-hammock ria bersama pasangan Anda saat traveling.

Apapun pilihan hammock Anda, dapatkan promo tiket pesawat terbaiknya hanya di Reservasi.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya