Seharusnya Berapa Lama Pacaran Sebelum Menikah?

Bingung berapa lama Anda dan pasangan harus pacaran sebelum menikah? Simak di sini penjelasannya.

oleh Annissa Wulan diperbarui 09 Jul 2018, 06:00 WIB
Diterbitkan 09 Jul 2018, 06:00 WIB
Pasangan dan hubungan cinta (iStock)
Ilustrasi pasangan dan hubungan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang menjalin hubungan pacaran dengan pasangan, pernahkah bertanya-tanya kapan seharusnya menikah? Terutama jika Anda membicarakan komitmen sebelum memiliki uang dan tidak siap memiliki anak?

Sebenarnya tidak ada persyaratan waktu tentang berapa lama pasangan seharusnya pacaran sebelum menikah, seperti dilansir dari brit.co, Senin (9/7/2018). Semua tergantung pada Anda dan pasangan.

Daripada mementingkan waktu, kualitas dari bagaimana Anda dan pasangan menghabiskan waktu itu sendiri justru lebih penting. Para ahli merekomendasikan minimal menghabiskan 12 hingga 18 bulan pacaran sebelum memutuskan menikah.


Berapa lama harus pacaran sebelum menikah?

Pasangan dan hubungan cinta (iStock)
Ilustrasi pasangan dan hubungan (iStockphoto)

Pasangan harus saling mengenal pada tingkat yang dalam dan mendiskusikan hal-hal seperti anak, tempat tinggal, dan keterlibatan keluarga. Anda harus melihat bagaimana pasangan mengatasi stres, tantangan, dan perubahan.

Anda dan pasangan juga harus belajar melewati argumentasi secara efektif. Bukan tanpa konflik, namun pasangan bahagia cenderung dapat menangani argumen masing-masing dengan baik.


Berapa lama harus pacaran sebelum menikah?

Pasangan - hubungan cinta (iStock)
Ilustrasi pasangan bahagia - hubungan cinta (iStockphoto)

Lantas, bagaimana dengan faktor usia? Semakin Anda mengenal diri sendiri dan dapat mengkomunikasikan harapan, serta kebutuhan diri sendiri secara efektif, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui apakah pasangan tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Intinya, ketika berbicara tentang pernikahan, tidak ada rumus tentang berapa lama Anda harus pacaran. Yang penting adalah memahami kebutuhan Anda dalam sebuah hubungan, seberapa baik pasangan dalam memenuhinya, dan seberapa jauh kecocokan diri sendiri dengannya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya