6 Tips Praktis Belanja Tanaman Hias Secara Online

Hobi tanaman hias jadi tren baru di masa pandemi hingga tingkat pembelian secara online pun turut meningkat.

oleh Putu Elmira diperbarui 02 Des 2020, 18:02 WIB
Diterbitkan 02 Des 2020, 18:02 WIB
Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Ilustrasi belanja tanaman hias online. (dok. Unsplash.com/Brook Lark)

Liputan6.com, Jakarta - Sejak beberapa bulan lalu, memelihara tanaman hias seketika menjadi tren di masyarakat. Hal ini turut didorong karena masa pandemi corona Covid-19 yang memaksa orang untuk menghabiskan waktu lebih banyak di rumah hingga belanja online tanaman hias pun kian meningkat.

Belanja tanaman hias secara online tentu harus dibarengi dengan beberapa hal yang wajib jadi perhatian. Anda perlu cermat sebelum akhirnya membeli tanaman hias yang diinginkan.

Apa saja tips praktis belanja online untuk membeli tanaman hias interior juga eksterior? Yuk, simak selengkapnya seperti dirangkum Arsitag berikut ini.

1. Baca Review dari Pembeli Sebelumnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Perhatikan ulasan produk dari pembeli sebelumnya. (dok. Unsplash.com/John Schnobrich)

Belanja tanaman secara online tentu berbeda dengan membeli barang lainnya, seperti pakaian atau alat elektronik. Ditambah, jika toko tempat Anda membeli jaraknya cukup jauh.

Anda harus memastikan toko menyediakan layanan pengiriman jarak jauh yang baik. Caranya adalah dengan membaca kolom review.

Di e-commerce, biasanya Anda bisa membaca ulasan pembeli tanaman hias sebelumnya dengan melihat kolom yang ada di bawah barang yang ingin dibeli. Jika banyak pelanggan yang merasa puas dengan layanan mereka, artinya Anda dapat memercayai toko itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


2. Jangan Lupa Cek Foto Tanaman

Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Cek secara saksama foto tanaman yang ingin Anda beli untuk memastikan kondisinya. (dok. Unsplash.com/Thomas Verbruggen)

Foto yang tertera pada halaman etalase penjual mewakili seperti apa tanaman yang akan Anda beli. Namun perlu diingat, apa yang Anda lihat mungkin tidak akan sama dengan yang akan Anda terima nantinya.

Ada penjual yang memberikan bonus pot atau menjual tanaman sekaligus dengan potnya. Namun, ada pula yang hanya mengirim tanaman dalam keadaan tercabut. Pastikan Anda membaca baik-baik spesifikasi dari penjual agar tidak salah berekspektasi.


3. Cek Apakah Pembeli Menyediakan Layanan Tambahan

Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Tanyakan langsung kepada penjual mengenai layanan tambahan. (dok. Pixabay.com/Congerdesign)

Mengirimkan tanaman dalam keadaan tanpa media tentu sangat riskan. Apalagi, jika pengirimannya jauh dan memakan waktu lama.

Anda perlu metanyakan kepada penjual apakah mereka menyediakan media atau layanan tambahan yang bisa memastikan tanaman sampai dalam keadaan baik. Dengan demikian, Anda tak perlu ragu lagi meski tanaman dikirim dari tempat yang jauh.


4. Pertimbangkan Area Tumbuh

Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Sesuaikan ukuran tanaman dengan kebutuhan ruang. (dok. Unsplash.com/Debby Hudson)

Deretan jenis tanaman hias memiliki kebutuhan yang beragam, baik dari segi asupan nutrisi, hingga ruang tumbuhnya. Saat Anda ingin membeli tanaman untuk diletakkan di luar rumah, memilih jenis yang bisa tumbuh besar tentu tidak masalah karena tempat yang tersedia cukup luas.

Namun, jika Anda berniat meletakkannya di dalam rumah, pilihlah tanaman yang pertumbuhannya tidak terlalu signifikan. Tujuannya agar tidak mengganggu area di dalam rumah. Tumbuhan jenis sukulen adalah opsi terbaik jika ingin diletakkan di dalam ruangan.


5. Mencari Informasi soal Cara Perawatannya

Tanaman Hias
Ilustrasi tanaman hias (unsplash.com/Margarita Terekhova)

Menentukan jenis tanaman yang akan dibeli tidak hanya berdasarkan preferensi pribadi Anda saja. Ada tanaman yang cocok diletakkan di dalam rumah, dan ada juga yang hanya tumbuh subur apabila ditaruh di luar rumah.

Selain mengetahui informasi mendasar ini, Anda juga sebaiknya mencari tahu cara perawatannya. Langkah ini dilakukan guna mencegah adanya salah perawatan yang dapat menyebabkan tanaman hias mati.


6. Jangan Lupa Memeriksa Layanan Retur

Ilustrasi Belanja Tanaman Hias Online
Perhatikan cara retur apabila Anda belum yakin dengan kondisi tanaman. (dok. Unsplash.com/Lum3n)

Penjual yang menyediakan barang bermutu tidak akan ragu menerima refund jika ternyata barang yang mereka jual tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli. Pastikan Anda memeriksa ada atau tidaknya fasilitas retur atau refund.

Terutama, jika jenis tanaman hias yang Anda beli adalah jenis tertentu yang harganya mencapai jutaan rupiah. Pertimbangkan beberapa tips penting di atas sebelum membeli tanaman hias secara online.

Toko tanaman hias online yang terpercaya tentunya mengetahui hal-hal tersebut dan selalu berusaha memberikan layanan terbaiknya. Jadi, Anda tak perlu ragu lagi untuk membeli.


Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya