4 Cara Mudah Melindungi Kulit Wajah dari Efek Kelelahan

Untuk melindungi kulit dari efek Anda yang kelelahan, ada beberapa cara mudah yang dapat ditempuh.

oleh Putu Elmira diperbarui 14 Feb 2021, 07:01 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2021, 07:01 WIB
[Fimela] Awet Muda
Ilustrasi wajah awet muda | unsplash.com/@speckfechta

Liputan6.com, Jakarta - Tak jarang, kelelahan dapat terlihat dari seluruh kulit wajah. Hal tersebut ditandai dengan beragam kondisi, mulai dari kulit wajah yang kusam hingga lingkaran hitam di bawah mata.

Dilansir dari laman Times of India, Kamis, 11 Februari 2021, situasi yang tengah berlangsung, termasuk kelelahan, memiliki berbagai efek secara tak langsung pada kulit. Bahkan jika Anda mungkin tidur nyenyak, stres yang dialami banyak dari mungkin membuat Anda merasa lelah dan membuat kulit juga lelah.

Lantas, apa saja cara mudah untuk melindungi kulit wajah dari efek kelelahan? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti di bawah ini.

1. Melembapkan area mata

Saat Anda lelah, hal tersebut langsung tampak di mata Anda. Ini mengapa penting untuk melembapkan mata agar terlihat lebih segar.

Pastikan Anda menggunakan krim mata dengan pelembap yang baik dengan kafein atau peptida. Hal tersebut dapat memperbaiki tampilan garis halus untuk sementara dengan menghaluskan permukaan kulit Anda.

2. Selalu membersihkan wajah

Meski tidak keluar rumah, Anda harus tetap membersihkan wajah sebelum tidur lantara udara di dalam rumah juga dapat sangat tercemar. Ini sebabnya penting menghilangkan minyak dan kulit mati yang menumpuk sepanjang hari. Mulailah dengan double cleanse dengan pembersih berbasis minyak untuk pembersihan secara menyeluruh guna membantu mengangkat kotoran dan melarutkan riasan.

Lalu, lanjutkan dengan formula yang menargetkan masalah kulit Anda seperti jerawat dan dehidrasi. Setelah selesai, lapisi kulit wajah Anda dengan minyak dan serum.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


3. Mulai rutinitas malam yang baik

Ilustrasi masker wajah
Ilustrasi masker wajah. Sumber foto: unsplash.com/Adrian Motroc.

Saat akan menutup hari, tubuh mempersiapkan diri untuk tidur dengan memproduksi melatonin yang merupakan antioksidan anti-inflamasi yang kuat. Banyak dari Anda yang bekerja dari rumah dan tidak terlalu sering memakai riasan, Anda akan tergoda untuk melewatkan rutinitas perawatan kulit malam hari juga.

Namun saat melakukannya, Anda kehilangan kesempatan untuk mendukung mekanisme perbaikan kulit saat tidur. Anda perlu menetapkan rutinitas perawatan kulit malam hari yang baik yang membantu memperkuat pelindung kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang malam.


4. Basmi kulit wajah kusam

Perawatan wajah
Ilustrasi skincare. (dok. unsplash.com/@curology)

Saat Anda merasa lelah, kurangnya cahaya dan kulit kusamlah yang menarik perhatian semua orang. Menggunakan exfoliator kimiawi yang lembut akan membantu mengangkat lapisan atas sel kulit mati dan menampilkan warna dan corak kulit yang lebih cerah.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan toner asam polihidroksi pada bulan-bulan yang lebih dingin karena akan membantu pengelupasan kulit tanpa mengikis atau mengeringkan kulit secara berlebihan.


Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya