Perusahaan di Jepang Izinkan Pekerja Cuti Berduka karena Idola Menikah

Petinggi perusahaan di Jepang ini percaya bahwa kondisi mental dan emosional pekerja sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

oleh Putu Elmira diperbarui 18 Mar 2021, 02:02 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2021, 02:02 WIB
Ilustrasi Sedih
Ilustrasi sedih. (dok. Pixabay.com/Free-Photos)

Liputan6.com, Jakarta - Jepang tak hanya dikenal dengan beragam inovasi dan penemuan yang mengejutkan. Negeri Sakura juga memiliki sederet kebijakan yang unik sekaligus menarik yang dibuat perusahaan untuk para pekerjanya.

Salah satunya di Hiroro, sebuah perusahaan creative direction yang berbasis di Tokyo. Dilansir dari laman SoraNews24, Rabu (17/3/2021), pendiri dan presiden Hiroro, Shizen Tsurumi sepenuhnya menerima gagasan bahwa kondisi mental dan emosional pekerja sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Tsurumi baru-baru ini mengumumkan kebijakan perusahaan baru yang memungkinkan karyawan untuk mengambil cuti duka jika penyanyi idola pensiun dari industri pertunjukan. Dalam masa itu, karyawan dapat berduka dan mengatur perasaan mereka.

Kebijakan baru ini disebut Oshi Vacation System. Adapun oshi menjadi istilah yang digunakan dalam komunitas penggemar idola untuk menggambarkan artis favorit penggemar.

Sistem baru memungkinkan karyawan mengambil cuti hingga 10 hari jika oshi nomor satu mereka pensiun. Karyawan juga bisa cuti hingga tiga hari untuk oshi sekunder atau peringkat lebih rendah.

Jika oshi nomor satu karyawan akan menikah, mereka juga berhak mendapatkan cuti duka selama 10 hari. Itu semua adalah hari libur berbayar juga, dan karyawan diizinkan untuk membaginya menjadi beberapa bagian jika diinginkan.

Sebut saja, pertama mengambil beberapa hari libur ketika oshi mengumumkan bahwa mereka bertunangan, dan kemudian sisanya ketika upacara pernikahan yang sebenarnya berlangsung. Inspirasi Tsurumi memperkenalkan Oshi Vacation System terkait dua acara.

Salah satunya, ia melihat seorang pekerja, yang adalah penggemar Nana Mizuki, tidak fokus dan tidak kooperatif pada hari musim panas lalu ketika penyanyi dan vokalis pengisi suara anime mengumumkan pernikahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Pengamatan Langsung

Ilustrasi Menikah
Ilustrasi menikah (dok. Pixabay.com/StockSnap)

Jadi baru-baru ini, ketika Tsurumi memperhatikan karyawan lain yang merasa sedih karena idola favorit mereka mengungkapkan bahwa dia akan segera pensiun. Ia mengatakan kepada karyawan tersebut untuk bebas mengambil cuti jika dia perlu, lalu memutuskan untuk membuatnya. Kemudian, akomodasi tersebut merupakan kebijakan resmi seluruh perusahaan.

Sistem ini juga tidak hanya untuk saat-saat sedih, karena juga mencakup kerangka kerja untuk memudahkan karyawan meminta cuti atau meninggalkan kantor lebih awal ketika oshi mereka mengadakan konser atau meet-and-greet event yang ingin mereka hadiri, dengan kemungkinan pelacakan cepat persetujuan untuk "konser kejutan" yang tiba-tiba diumumkan bahwa penggemar tidak mengetahuinya hingga beberapa jam  sampai diadakan.

Bagi mereka yang berada di luar fandom idola, ini semua mungkin tampak berlebihan. Namun untuk Hiroro, sebuah perusahaan yang nilai intinya, seperti yang dinyatakan di situsnya, termasuk keyakinan bahwa "Tidak ada yang memotivasi seseorang untuk bekerja lebih keras daripada perasaan yang mereka miliki untuk orang dan hal-hal yang mereka sukai," Oshi Vacation System tujuannya adalah untuk membuat karyawan tetap produktif dan bahagia.


Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah

Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah
Infografis Bedanya Kartu Nikah dengan Buku Nikah. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya