Perempuan Belgia Dilarang ke Kebun Binatang Setelah Berpacaran dengan Simpanse

Perempuan Belgia itu kerap mengunjungi kebun binatang hanya untuk melihat simpanse berusia 38 tahun.

oleh Komarudin diperbarui 25 Agu 2021, 12:01 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2021, 04:02 WIB
Ilustrasi simpanse
Ilustrasi simpanse (dok.unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Kebun binatang di Belgia melarang seorang perempuan yang mencintai dan mencium seekor simpanse lewat selama kunjungan mingguan. Kisah asmara simpanse dan pengunjung ini disebut "harus dihentikan," kata bos kebun binatang, menambahkan bahwa simpanse perlu berkonsentrasi untuk bersosialisasi dengan primata lain.

Ini adalah kisah cinta yang telah menjadi berita utama di Belgia. Tercatat bahwa seorang wanita tidak lagi diizinkan bertemu Chita, seekor simpanse berusia 38 tahun, melansir dari laman Mirror, Selasa, 24 Agustus 2021.

Adie Timmermans adalah pengunjung tetap kebun binatang dan menjalin kedekatan dengan simpanse yang telah dia kunjungi selama empat tahun. Dia mengklaim bahwa dia dan Chita akan marah jika mereka tidak diizinkan bertemu lagi.

"Saya suka hewan itu dan dia mencintai saya. Saya tidak punya siapa-siapa lagi. Mengapa mereka ingin mengambilnya?" tanya Adie.

Pertemuan mingguan mereka akan melibatkan ciuman dan melambai melalui kaca kandang simpanse, lapor Telegraph. Kebun binatang menilai persahabatan mereka tidak baik, sampai akhirnya mengambil keputusan melarang pertemuan keduanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Harus Bergaul

Ilustrasi simpanse
Ilustrasi simpanse (dok.unsplash)

Simpanse ditegaskan harus bergaul dengan simpanse lain. Pihak kebun binatang mengatakan, binatang yang terlalu fokus pada manusia kurang dihormati rekan-rekannya.

"Kami ingin Chita menjadi simpanse yang sebaik mungkin. Di luar jam berkunjung di kebun binatang, dia harus mengatur 15 jam (sehari untuk bergaul dengan primata lain). Kami ingin memberinya kesempatan untuk sebahagia mungkin," ujar pihak kebun binatang.

Dilaporkan bahwa Chita tumbuh sebagai hewan peliharaan dan disumbangkan ke kebun binatang ketika ia sudah terlalu besar dan sulit diatur. Sejak itu, dia tidak mudah beradaptasi dengan simpanse lain dan sering berkelahi. Salah satunya bahkan membuat punggung primata itu terluka pada 2008.


Larangan Kunjungan

Ilustrasi simpanse (iStock)
Ilustrasi simpanse (iStock)

Kebun binatang mengatakan bahwa Adie tidak akan diterima di kebun binatang jika terus melihat Chita. Namun, Adie tidak menganggap apa yang dia lakukan salah.

"Chita berusia 38 tahun dan telah terbiasa dengan orang-orang sejak usia dini. Rata-rata simpanse hidup sampai sekitar 40 tahun jadi perilakunya tidak akan berubah sekarang," ucapnya.

Menurut laman Ragunan Zoo, simpanse (Pan troglodytes) adalah anggota dari keluarga Hominidae bersama gorila, manusia, dan orangutan. Simpanse terpisah dengan manusia dalam ranting keluarga sekitar empat hingga enam juta tahun lalu.


7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya