Raja Charles III dan Permaisuri Camilla Kerap Pisah Rumah Sejak Menikah

Istri Raja Charles III, Camilla, biasa menempati rumah pribadinya, terpisah dari suami saat mereka berlibur.

oleh Elly Purnama diperbarui 20 Sep 2022, 07:32 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2022, 07:32 WIB
Pangeran Charles dan Putri Diana
Pangeran Charles dan Camilla (AP Photo)

Liputan6.com, Jakarta - Istana yang besar membuat banyak orang akan berpikir ada banyak ruangan untuk Raja Charles III dan Permaisuri Camilla untuk menemukan ruang pribadi. Akan tetapi, itu tidak cukup untuk raja baru dan istrinya, yang kerap pisah rumah sejak mereka menikah pada 2005.

Mengutip dari Page Six pada Sabtu, 17 September 2022, pada Rabu lalu, diumumkan bahwa raja akan mengambil hari refleksi pribadi di tengah berkabung nasional untuk ibunya, Ratu Elizabeth II, yang meninggal 8 September 2022. Tempatnya di rumah pedesaan sembilan kamar tidurnya, Highgrove House di Tetbury, lebih dari 100 mil dari London. Permaisuri Camilla tidak menemaninya

Sebagai gantinya, sang permaisuri pergi ke Ray Mill House, hunian enam kamar tidur yang dia beli pada 1996, setelah berpisah dari suami pertamanya Andrew Parker Bowles. "Mereka adalah pasangan yang sangat dekat jadi ini tidak ada hubungannya dengan ketegangan di antara mereka," ujar orang dalam kerajaan kepada The Post tentang permaisuri raja dan ratu.

"Camilla memang punya kamar sendiri di Highgrove, tetapi dia sangat jarang tinggal di sana. Ketika mereka berada di pedesaan, dia lebih suka berada di Ray Mill House di mana dia tidak hanya dekat dengan keluarganya, tetapi juga memelihara kandang kudanya. Begitulah yang selalu terjadi pada mereka," tambahnya.

Joshua Rom selaku komentator kerajaan mengatakan kepada The Post, "Keduanya telah melakukan jadwal yang sangat melelahkan yang akan berdampak pada siapa saja, apalagi orang-orang yang berusia 70-an. Jadi tidak heran jika mereka memiliki waktu libur 24 jam, mereka berdua akan pergi ke tempat di mana mereka bisa melepas sepatu dan bersantai."


Kediaman Utama

Pangeran Charles dan Camilla
Pangeran Charles dari Inggris (kanan) dan Camilla Parker Bowles (kiri) meninggalkan Hotel Ritz setelah pesta pribadi untuk merayakan keberhasilan Yobel Ratu Inggris Elizabeth II di pusat kota London 14 November 2002. (NICOLAS ASFOURI / AFP)

Sementara kediaman utama pasangan itu telah lama berada di Clarence House, Camilla telah mampu menjalani kehidupan kedua yang lebih tenang di "bolthole (lubang baut)" negaranya, sebuah rumah yang jauh lebih nyaman yang dikatakan bernilai hampir satu juta dolar. Di situlah dia memelihara kuda kesayangannya dan sering menampung putranya, Tom, dan putrinya, Laura, serta lima cucunya.

"Di tengah semua kemegahan dan upacara kehidupan kerajaan, Ray Mill adalah tempat di mana dia hanya Camilla yang muncul ke supermarket dan di mana dia bisa bersantai dengan cucu-cucunya," kata Rom. "Di situlah dia bisa mempertahankan sebagian dari dirinya."

Momen penting di Ray Mill House yang berjarak 20 menit berkendara dari Highgrove bagi Camilla ditandai awal tahun ini. Saat itu Kate, Putri Wales yang baru, mengambil foto permaisuri di sana untuk majalah Country Life.

Camilla mengatakan dalam cerita terlampir bahwa dia menghargai saat-saat di Ray Mill karena itu berarti dia bisa menjalankan sekolah untuk cucu bungsunya, Eliza Lopes, yang ibunya, Laura, menikah di rumah itu. "Seorang cucu berada di sekolah yang sangat dekat dengan rumah saya, jadi ketika saya di Wiltshire dan orang tuanya sedang pergi, saya dapat menjemputnya dan membawanya pulang," kata Camilla.


Kamar Tidur Terpisah

Raja Charles III Resmi Jadi Penguasa Britania Raya
Raja Charles III (kanan) dan Permaisuri Camilla saat upacara proklamasi bersama Dewan Aksesi di Istana St. James, London, Inggris, Sabtu (10/9/2022). Pada acara itu, Raja Charles III menyampaikan pidato di hadapan sejumlah pejabat, termasuk mantan perdana menteri. (Victoria Jones/Pool Photo via AP)

Bahkan ketika Camilla dan Charles tinggal bersama, baik itu di London, di mana mereka pada akhirnya akan pindah dari Clarence House ke Istana Buckingham, atau di Highgrove House, atau juga di Charles' Birkhall Estate di Skotlandia, mereka tetap memiliki kamar tidur terpisah, seperti cara tradisional kerajaan. Di kapal pesiar Ratu Britannia, hanya satu kamar yang memiliki tempat tidur ganda dan itu disediakan untuk berbulan madu.

Pakar kerajaan Richard Fitzwilliams mengatakan fakta bahwa Charles dan Camilla dapat mengambil cuti satu sama lain adalah bukti betapa selarasnya mereka. "Ini adalah pasangan yang ideal untuk satu sama lain. Mereka seumuran dan memiliki selera humor yang sama, sikap yang sama, teman yang sama, minat yang sama, dan mereka berdua tahu bahwa terkadang Anda membutuhkan sedikit ruang," katanya kepada The Post.

Orang dalam kerajaan menambahkan, "Ini adalah waktu yang sangat sulit bagi semua orang dan saya pikir seluruh dunia dapat melihat bagaimana Camilla menjadi kuat untuk Charles, dan membantunya menjadi raja yang dia inginkan. Dia selalu menjadi dukungan baginya, tetapi tidak mengherankan dia juga menginginkan ruangnya sendiri."


Sekilas Awal Pertemuan

Istri Pangeran Charles Telanjang Kaki di Pantai Australia
Pangeran Charles bersama istrinya, Duchess of Cornwall Camilla mengunjungi Broadbeach di Gold Coast, Australia, Kamis (5/4). Istri Pangeran Charles itu terlihat berjalan tanpa alas kaki di atas pasir pantai. (AP Photo)

Raja Charles III bertemu Camilla pada 1970 ketika mereka diperkenalkan oleh seorang teman mereka, Lucia, Santa Cruz. Dalam "The Dutchess: The Untold Story", penulis Penny Junor menulis, Charles langsung jatuh cinta pada Camilla.

"Dia menyukai bahwa dia (Camilla) tersenyum dengan mata dan mulutnya, dan menertawakan hal-hal konyol yang sama seperti dia," tulis Junor. "Dia juga suka bahwa dia (Camilla) yang begitu alami dan ramah. Singkatnya, dia (Charles) sangat tertarik dengannya (Camilla), dan setelah pertemuan pertama itu dia mulai meneleponnya."

Pada 1971, Charles bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan, dan jadwal yang melelahkan serta waktu jauh dari rumah membuat hubungannya dengan Camilla kacau balau. Hal yang memperumit asmara mereka adalah Camilla tidak memenuhi persyaratan kerajaan untuk menikahi pewaris takhta, sebuah laporan mengklaim dia tidak perawan dan dia tidak memiliki garis keturunan aristokrat. Charles dan Camilla pun berpisah.

Sementara Charles berada di Karibia bertugas di Angkatan Laut Kerajaan, Camilla bertunangan dengan Parker Bowles, yang adalah mantan pacar adik perempuan Charles, Putri Anne. Mereka menikah pada 1973, membuat perasaan Charles hancur dan dilaporkan mencoba menghentikan Camilla menikahi Parker Bowles.

Meskipun hatinya hancur, Charles dan Camilla tetap berteman baik selama beberapa tahun setelah perpisahan mereka dan selama pernikahannya dengan Parker Bowles. Menurut Junor, Charles dan Camilla menghidupkan kembali hubungan fisik mereka sekitar 1978 atau 1979 dan suami Camilla dikatakan sepenuhnya menyadari apa yang terjadi.

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya