Prediksi Tren Libur Lebaran 2023, Makin Banyak Dimanfaatkan sebagai Ajang Liburan Keluarga

Traveloka menyebut sebanyak 48 persen pengguna menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.

oleh Dinny Mutiah diperbarui 28 Mar 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2023, 16:30 WIB
Antusias Warga Ikut Program Mudik Gratis
Seorang warga bersama anaknya bersiap menaiki bus tujuan mereka untuk mudik bareng gratis BUMN di kawasan Jakarta, Rabu (27/4/2022). Program mudik gratis merupakan salah satu solusi untuk mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas pada masa Lebaran.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Libur lebaran 2023 hanya tinggal hitungan minggu. Banyak calon pemudik sudah mempersiapkan rencana perjalanan mereka mengingat ini menjadi momen penting untuk kembali berkumpul dengan keluarga besar. Namun, Traveloka mengungkapkan pergeseran tren pemudik di libur lebaran tahun ini.

Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 27 Maret 2023, data internal Traveloka menemukan 34 persen pengguna memiliki preferensi baru terhadap rencana perjalanan mudik Lebaran 2023. Sebanyak 48 persen pengguna menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan momen libur Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional.

"Dengan berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per 31 Desember 2022 lalu oleh pemerintah, kami melihat tren perjalanan, baik domestik maupun internasional, terus meningkat, terlebih di masa libur Lebaran 2023 nanti," kata Shirley Lesmana, Chief of Marketing Officer Traveloka.

Mengutip hasil riset internal Traveloka, ia menilai jumlah konsumen yang merencanakan liburan selama periode libur lebaran 2023 meningkat. Indikasinya adalah dari melonjaknya pencarian penerbangan domestik yang mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Lima destinasi domestik yang paling diminati pengguna untuk merayakan libur lebaran 2023 terdiri dari Bali, Surabaya, Medan, Padang, dan Yogyakarta. Pengguna Traveloka juga berencana memanfaatkan libur lebaran dengan pelesir ke luar negeri. Lima destinasi internasional yang paling diminati adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, dan Jepang.

"Traveloka juga melihat bahwa moda transportasi favorit pengguna untuk menjalani libur lebaran tak hanya melalui pesawat, melainkan ragam moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus dan shuttle, serta mobil pribadi," imbuh Shirley.


Tanggal Cuti Bersama Lebaran 2023 Berubah

H-2 Idul Fitri 1443H, Gerbang Tol Cikampek Masih Padat
Foto udara memeperlihatkan kendaraan pemudik terjebak kemacetan ketika hendak memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). Pada H-2 Lebaran ini, sejumlah rekayasa lalu lintas masih diberlakukan di ruas tol trans jawa baik sistem contraflow hingga one way guna mengatasi kepadatan lalulintas. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, pemerintah mengubah jadwal cuti bersama Lebaran 2023 menjadi 19--25 April 2023. Sebelumnya, aturan cuti bersama Lebaran 2023 ditetapkan pada 21--26 April 2023.

Dikutip dari Bisnis Liputan6.com, penambahan dan dimajukannya cuti bersama Lebaran 2023 disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat rapat terbatas menjelang arus mudik Lebaran 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jumat, 24 Maret 2023. Budi Karya menyebut pihaknya bersama Kapolri mengusulkan libur maju dua hari.

"Jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur. Tapi masuknya 26, jadi tambah satu hari, tapi di depan tambah dua hari," ujar Budi.

Ia menjelaskan, keputusan tersebut diambil untuk mencegah penumpukan mengingat arus mudik masyarakat yang diprediksi tinggi saat Lebaran 2023. "Karena secara tradisional keinginan untuk mudik ini tinggi sekali, dengan volume yang banyak dan kalau dilihat itu tertuju sama hanya tanggal 21, maka terjadi penumpukan yang luar biasa," ungkapnya.

Menhub menjelaskan, akan ada kenaikan pemudik dari 85 juta orang menjadi 123 juta orang. Sedangkan khusus di Jabodetabek juga naik dari 14 juta orang menjadi 18 juta orang. "Artinya terjadi kenaikan 47 persen untuk nasional dan 27 persen untuk Jabodetabek," kata Budi dalam Keterangan Pers penanganan Mudik Lebaran 2023 di Kantor Presiden dikutip dari video Sekretariat Presiden, Jumat, 24 Maret 2023.


123 Juta Orang Diperkirakan Mudik di Libur Lebaran 2023

Antusias Warga Ikut Program Mudik Gratis
Sejumlah pemudik membawa barang bawaannya menuju bus untuk mudik bareng gratis BUMN di kawasan Jakarta, Rabu (27/4/2022). Total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menhub menyebut pemudik itu menyebar ke berbagai moda transportasi, dari laut, darat dan udara. Untuk jalur udara, kereta api, dan laut, ia menilai relatif bisa dikelola karena menggunakan sarana tiket sehingga bisa dikontrol.

Khusus untuk darat perlu pengelolaan yang lebih detail. Alasannya, 22 persen pemudik yang sebesar 123 juta orang tersebut akan menggunakan mobil, sedangkan 20 persen akan menggunakan motor.

Sementara, kanal Bisnis Liputan6.com melaporkan 1.137.854 tiket Kereta Api Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran 2023 (12 April s.d 3 Mei 2023). Angka ini sekitar 39,5 persen dari total keseluruhan tiket kereta yang disediakan.

Dilansir dari keterangan resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero), Senin, 27 Maret 2023, untuk periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Sedangkan, penumpang periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta / Bandung).

Dengan tren perjalanan di periode libur lebaran, Traveloka menggelaar kampanye #RAYAkanYourWay mulai 7 Maret 2023. Program promosi yang tersedia mulai dari diskon hingga Rp 1 juta untuk pemesanan tiket pesawat domestik, diskon hingga Rp 1,75 juta untuk reservasi tiket pesawat internasional, diskon hingga Rp 300.000 untuk reservasi tiket kereta, diskon reservasi bus dan shuttle, serta kejutan Flash Sale Ramadan.


Persiapan Kemenparekraf Jelang Mudik Lebaran 2023

Kemenparekraf luncurkan e-booklet Safari Ramadhan Mudik Jelajah Masjid di Indonesia Aja
Kemenparekraf luncurkan e-booklet Safari Ramadhan Mudik Jelajah Masjid di Indonesia Aja. (Dok: YouTube)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut pihaknya telah mempersiapkan dan mengantisipasi libur Lebaran 2023. Salah satu langkahnya dengan menyiapkan 15 titik posko mudik.

"Termasuk di jalur alternatif, Jalur Lintas Selatan. Kita akan buat tim monitoring karena inilah the mother of all movement of domestic tourist," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno" yang digelar hybrid pada Senin, 13 Februari 2023.

Sandi, begitu ia akrab disapa, melanjutkan bahwa pihaknya harus memastikan setengah dari 1,4 miliar pergerakan wisata Nusantara dapat dicapai dengan momentum libur Lebaran 2023. Guna menunjang hal tersebut, Sandiaga Uno juga menjelaskan terkait protokol-protokol.

"Kami akan mengeluarkan Surat Edaran untuk protokol-protokol yang harus dipatuhi, termasuk protokol kesehatan, keselamatan, dan penyelenggaraan usaha pariwisata serta keberlanjutan lingkungan," lanjutnya.

Ia juga mengungkapkan berbagai pihak sudah bersiap menjelang libur Lebaran 2023. "Karena walaupun masih bulan April, tapi persiapannya harus dari sekarang," terang Sandiaga Uno.

Infografis titik rawan macet mudik Lebaran 2018
Infografis titik rawan macet mudik Lebaran 2018 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya