Sosok Mark Sheehan, Gitaris The Script yang Meninggal di Usia 46 Tahun

Sosok Mark Sheehan kembali jadi perhatian setelah kabar duka sang gitaris The Script itu meninggal dunia, pada Jumat 14 April 2023.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 15 Apr 2023, 16:01 WIB
Diterbitkan 15 Apr 2023, 16:01 WIB
gitaris Mark Sheehan dari The Script tampil saat konser di Jakarta
Gambar yang diambil pada 10 April 2018 ini memperlihatkan gitaris Mark Sheehan dari The Script tampil saat konser di Jakarta. (Dok: Oeday Abdullah/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Mark Sheehan kembali jadi perhatian setelah kabar duka sang gitaris The Script itu dinyatakan meninggal dunia, pada Jumat 14 April 2023. Berita ini diumumkan lewat Instagram terverifikasi milik grup musik The Script.

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Sabtu (15/4/2023), Mark Sheehan mengembuskan napas terakhirnya pada usia 46 tahun, setelah menjalani perawatan singkat di rumah sakit. Akan tetapi, tak ada informasi secara detail sakit yang diderita personel band rock Irlandia tersebut.

"Much loved husband, father, brother, band mate and friend Mark Sheehan passed away today in hospital after a brief illness, (Sosok yang dicintai sebagai suami, ayah, saudara, dan teman. Dia telah tiada setelah mengalami sakit)," isi pengumuman tersebut.

Kabar Mark Sheehan meninggal dunia membuat keluarga dan juga personel The Script sangat berduka. Untuk itu, mereka meminta para penggemarnya untuk menghormati privasi mereka. 

Di luar berita duka, banyak penggemar yang ingin mengulik kehidupannya. Mengutip dari ghgossip, Sabtu (15/4/2023), Mark Sheehan dikenal sebagai seorang gitaris The Script terkenal dan salah satu pendiri band tersebut.

The Script didirikan di Dublin, Irlandia pada tahun 2001 dengan Sheehan pada gitar, teman masa kecilnya Danny O'Donoghue sebagai penyanyi utama, dan Glen Power pada drum. Sheehan dan temannya O'Donoghue, yang sudah saling kenal sejak mereka berdua berusia 13 tahun, awalnya meninggalkan Dublin, Irlandia menuju Los Angeles untuk mengejar karir di bidang musik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Karya Musik Mark Sheehan

Mark Sheehan, gitaris The Script (Foto: Instagram/@thescriptofficial)
Mark Sheehan, gitaris The Script (Foto: Instagram/@thescriptofficial)

Sheehan, bersama rekan band Scriptnya, Danny O'Donoghue sebelumnya adalah anggota boyband Mytown, yang dikelola oleh Eamonn Maguire, dan yang dikontrak oleh Universal Records di New York. Baik Sheehan dan O'Donoghue terlibat dalam produksi dua lagu yang ditampilkan di album Peter André The Long Road Back dengan nama M.A.D Notes sebelum mengejar karir mereka sendiri sebagai musisi.

Selama di AS, Sheehan dan O'Donoghue bekerja dalam penulisan lagu dan produksi, sebelum kembali ke Dublin, Irlandia di mana mereka merekrut Glen Power ke band. Band ini merilis album pertama mereka berjudul "The Script" yang memuncak di nomor satu di Inggris dan Irlandia pada tahun 2008, dengan single debut We Cry menduduki peringkat 15 di Inggris. 

Pada 2010, The Script merilis album studio kedua mereka, "Science And Faith" dan juga mencapai nomor satu di Inggris dan Irlandia dan nomor tiga di AS. Album ketiga mereka, bernama "#3" dirilis pada 2012 dan juga menduduki puncak tangga lagu di Irlandia dan memuncak di nomor dua di Inggris.  


Meninggalkan Seorang Istri dan Tiga Anak

Mark Sheehan, gitaris The Script (Foto: Instagram/@thescriptofficial)
Mark Sheehan, gitaris The Script (Foto: Instagram/@thescriptofficial)

The Script menindaklanjuti dengan tiga album lagi yaitu "No Sound Without Silence", "Freedom Child", dan "Sunsets & Full Moons", semuanya mencapai nomor satu di tangga album di Inggris dan Irlandia. Band ini telah menjual lebih dari 20 juta album di seluruh dunia, dan musik mereka telah ditampilkan di sejumlah acara TV populer.

Adapun Mark Sheehan lahir pada tanggal 29 Oktober 1976 di Dublin di Gunung Brown di area The Liberties. Dia merayakan ulang tahunnya yang ke-46 tahun lalu (2022) sebelum meninggal tahun ini (2023).

Mark Sheehan lahir di Dublin, Mount Brown di area The Liberties dari orang tuanya yaitu Gerard Sheehan (ayah) dan Rachel Sheehan (ibu). Kedua orang tuanya meninggal ketika dia masih muda. Ibunya menderita stroke sebelum kematiannya.

Mark Sheehan meninggal di usia 46 tahun meninggalkan istrinya, Rina Sheehan setelah 17 tahun menikah. Pasangan itu mengadakan pernikahan pribadi pada 2005. Rina bekerja sebagai penyanyi sesi dengan band ketika dia bertemu Sheehan. 

Mark Sheehan meninggalkan tiga anak yaitu Cameron, Avery, dan Lil. Dia berbagi ketiga anak dengan istrinya, Rina Sheehan. Pasangan itu selalu sangat melindungi privasi anak-anak mereka sehingga tidak banyak yang diketahui tentang mereka.  

 


The Script Menjual 20 Juta Album di Seluruh Dunia

The Script dipastikan akan konser di Jakarta
The Script dipastikan akan konser di Jakarta (instagram/thescriptofficial)

Mark Sheehan tidak pernah membagikan informasi apa pun tentang saudara kandungnya sehingga tidak ada keterangan apakah dia anak tunggal dari orang tuanya yaitu Gerard Sheehan (ayah) dan Rachel Sheehan (ibu). Sebelum Mark Sheehan meninggal dunia, dia diperkirakan memiliki kekayaan bersih sekitar 6,1 juta dolar AS. Dia menghasilkan begitu banyak dari karirnya sebagai gitaris dan musisi.

Prestasi musik Script cukup diakui lantaran telah ditampilkan dalam program televisi seperti 90210, Ghost Whisperer, The Hills, Waterloo Road, EastEnders, Made in Chelsea dan The Vampire Diaries. Vokalis Danny O'Donoghue juga menjadi pelatih di The Voice UK untuk musim 1 dan 2, sebelum meninggalkan pertunjukan untuk lebih fokus pada band.

Band ini telah memenangkan tiga Meteor Ireland Music Awards dan dua World Music Awards dan telah menerima dua nominasi Brit Award. The Script juga telah terjual lebih dari 20 juta album di seluruh dunia.

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya